Jakarta-Semarang, BBM All New Ranger 1 liter per 15.8 km

24 November 2012. MediaSL adalah salah satu peserta dari acara “All New Ranger Fuel Efficiency Challenge Jakarta-Semarang” yang berlangsung hari Kamis, 22 November 2012. Acara test ini sekaligus sebagai perlombaan adu irit mobil double cabin Ford All New Ranger XLT 4×4 2.2L Manual Transmission yang diikuti 24 orang awak media, yang terbagi dalam 6 grup, dan masing-masing grup terdiri dari 4 orang.

MediaSL berada dalam Grup Satu bersama dengan awak media dari Majalah Autobilld Indonesia, Majalah ModifikasiPlus, dan DetikOto.com. Menempuh perjalanan rute Jakarta-Semarang dimulai dari Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok dan finish di Mercu Suar Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan total jarak 486 km.

Rute dan Kondisi Jalan

Perjalanan panjang itu menempuh perjalanan melintasi berbagai wilayah mulai dari Pelabuhan Tanjung Priok, Tol By Pass, Tol Bekasi, Tol Karawang, Tol Cikampek, Pamanukan, Indramayu, Karang-Ampel, Tol Cirebon, Losari, Pejagan, Brebes hingga ke Tegal. Meski ada pengawalan dari PJR (Patroli Jalan Raya), namun setiap peserta bebas mengatur irama kecepatan selama perjalanan.

Perjalanan lalu berlanjut ke Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Kali Wungu hingga akhirnya sampai ke Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Selama perjalanan ini, setiap peserta berhenti untuk istirahat sebanyak tiga kali yang juga disebut sebagai pos pelaporan kepada panitia.

Kondisi perjalanan Jakarta-Semarang terbilang lancar, meskipun terjadi beberapa kemacetan pada beberapa ruas jalan. Kemacetan yang terjadi akibat perbaikan jalan dan diberlakukan jalan satu arah, sehingga yang melewati harus bergantian.

Bahkan ketika masuk Semarang, terjadi kemacetan yang lumayan parah karena kondisi traffic light yang tidak seimbang. Singkat kata kondisi jalan sangat beragam, selain melewati kemacetan, juga melewati jalur tol, maupun pantura yang lurus tetapi banyak hambatan truk, serta jalanan menanjak disekitar Alas Roban.

BTMP BBPT sebagai Penguji

Kali ini pihak yang menjadi petugas pengukur adalah badan independen Balai Termodinamika, Motor dan Propulsi (BTMP) BPPT yang selanjutnya bertugas melakukan pemeriksaan, pengisian BBM, serta perhitungannya. Agar pengetesan berlaku adil maka perangkat AC (pendingin udara) di segel pada angka 2 dan segela ini tidak boleh dibuka selama perjalanan berlangsung.

Setelah masing-masing grup tiba Semarang tepatnya antara pukul 18.30-19.00 wib di pelabuhan Tajung Perak Semarang, maka BBM dari setiap mobil peserta di isi ulang (Top Up) sampai full tank. Setelah itu pihak penguji bersama panitia melakukan perhitungan sesuai jarak tempuh, berat penumpang, dan beberapa parameter yang lainnya.

Hasil Perhitungan

Dari hasil perhitungan, peserta Grup Satu dimana MediaSL ikut sebagai peserta di mobil All New Ranger 2.2L 4×4 XLT Hi-Power Manual Transmission Double Cab seharga Rp. 353,500,000 bermesin diesel dengan tenaga 150 PS dan torsi 370 Nm tersebut, akhirnya dinyatakan sebagai pemenang juara pertama dengan tingkat efisiensi bahan bakar (BBM) mencapai angka rata-rata 1 liter per 15,805 kilometer.

Adapun BBM yang digunakan sejak dari garis start hingga pada pengisian ulang adalah jenis BBM jenis Pertamina DEX (Diesel Environment Extra) atau disingkat dengan Pertadex. Dalam hal ini All New Ranger hanya membutuhkan 30 liter BBM Pertadex untuk melintasi Jakarta-Semarang.

All New Ranger Model: Platform dan Mesin Baru

5 model Ford All New Ranger secara resmi diluncurkan PT Ford Motor Indonesia (FMI) pada 2 Agustus 2012 yang lalu. Sebenarnya nama Ford Ranger sudah dikenal luas sebagai kendaraan tangguh, sering dipakai sebagai mobil proyek dibidang pertambangan. Sedangkan All New Ranger ini adalah jenis/ model yang terbaru, dengan mesin dan platform terbaru dari model sebelumnya.

Memiliki tubuh besar atau bobot berat, bahkan dulunya mobil asal Amerika Serikat ini sering disebut-sebut sebagai mobil peminum BBM, Namun kesan mobil boros BBM ini sudah tidak lagi melekat, pasalnya Ford sudah banyak melakukan banyak perubahan dengan teknologi-teknologi terbarunya.

1 liter/15.8 km cukup effisien

All Ford Ranger dengan pencapaian angka rata-rata 1 liter 15 km untuk Jakarta-Semarang bisa terbilang mobil yang cukup effisien dengan catatan asalkan sang pengemudi memahami betul bagaiimana berkendara yang effisien, salah satunya adalah mengatur RPM (putaran mesin) tidak sering-sering diatas angka 1500.

Bagaimana caranya agar kendaraan anda effisien? Apa saja tips berkendara mobil dengan effisien? Simak artikel berikutnya! Sebagai catatan bahwa berbagai artikel tentang All New Ford Ranger bisa dilihat dalam halaman khusus ini.

ALBUM PHOTO

4 thoughts on “Jakarta-Semarang, BBM All New Ranger 1 liter per 15.8 km

  1. [...] Ibukota Jawa Tengah tersebut. Beruntung seluruh kendaraan Ford All New Ranger dari peserta “All New Ranger Fuel Efficiency Challenge Jakarta-Semarang” diberikan kesempatan masuk kedalam area Lawang Sewu tersebut untuk photo session pada hari [...]

  2. [...] November 2012. Pada bagian akhir acara “All New Ford Ranger Fuel Efficiency Challenge Jakarta-Semarang” rombongan wartawan otomotif termasuk MediaSL disuguhi acara makan siang di KoenoKoeni Cafe [...]

  3. [...] menempuh perjalanan bersama all-new Focus. Sebagai referensi, simak artikel sebelumnya untuk hasil All New Ford Ranger Jakarta-Semarang mencapai 1 liter per 15.8 [...]

  4. […] Sebelum berangkat mobil truk pick-up tersebut lebih dulu diisi penuh (full tank) dengan bahan bakar solar di Jakarta. Dan setelah kami pakai menempuh jarak sejauh 510 KM, ternyata jarum petunjuk BBM-nya di panel instrument hanya turun setengahnya. Kalau dilihat sepintas, kendaraan ini tentunya sangat irit. Hal ini mengingatkan SL.com dalam pengujian BBM New Ranger dengan rute Jakarta-Semarang pada 22 November 2012 yang mampu mencapai 15.8 KM per liter (artikel ini). […]

Leave a Reply