DDOCI Lombok Ride: Pemandangan Desa Sembalun Yang Indah

18 November 2012. Duhh.. keren banget pemandangan alam Sembalun. Itulah komentar dari bikers “DDOCI Lombok Ride Bersama Motoritz” yang lagi melintasi Kaki Gunung Rinjani Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat hari Jumat, 16 November 2012. Hamparan bukit mengelilingi Desa Simbalum membuat MediaSL ikut berdecak kagum untuk keindahan panorama Lombok.

Usai acara baksos, DDOCI Berbagi Untuk Warga Desa Bayan, perjalanan rombongan DDOCI Lombok Ride masih berlanjut menuju kawasan perbukitan yang lebih dikenal sebagai kaki gunung Rinjani. Sebuah desa bernama Desa Sembalun menjadi tempat beristirahat sekaligus waktunya untuk sholat Jumat.

Terik matahari namun udaranya cukup sejuk mirip dengan kawasan wisata Puncak Pas Jawa Barat, tapi uniknya lokasi Desa Sembalun ini berada dibawah bukit dan sekelilingnya adalah lereng gunung. Beberapa rekan bikers DDOCI mengambil waktu untuk sholat Jumat, dan yang lainnya terlihat lesehan duduk-duduk di beberapa warung.

Menurut beberapa literatur, Desa Sembalun ini menjadi pos pendakian Gunung Rinjani, artinya bagi pendaki gunung yang ingin menapaki Rinjani harus mengambil start dari lokasi desa Sembalun ini. Tampaknya Desa Simbalum menjadi sasaran bagi penggemar trekking, juga sepeda gunung, karena saat itu MediaSL melihat para turis lokal backpacker dan pengendara sepeda gunung.

Rombongan DDOCI Lombok Ride tak berlama-lama disana, usai sholat Jumat, para riders DDOCI kembali ke motornya untuk melanjutkan perjalanan. Beberapa rekan bertanya, kapan makan siangnya? Soalnya disana tak ada restaurant yang bisa memuat rombongan sebanyak 50-an orang. Yang ada hanya warung-warung kecil menjual minuman.

Melihat kedepan hanya hamparan gunung, melihat kanan-kiri dan belakang juga sama, yaitu lereng bukit yang tinggi. Secara rute, rombongan DDOCI harus membelah salah satu bukit dengan jalan menanjak. Sementara itu, jam pada waktu itu sudah menunjukkan pukul 13,00 dan ini adalah saatnya waktu makan siang.

Bikers galau belum makan siang? Wajar saja.. pasalnya perjalanan rombongan DDOCI ini sejak start pukul 08.00 memang belum mendapatkan makanan, kecuali minuman dingin yang tersedia di mobil service Ducati. Namun demikian, perjalanan tetap dilanjutkan yaitu menempuh jalur mendaki dengan tikungan-tikungan tajam.

Tak lebih dari 15 menit perjalanan setelah meninggalkan Desa Sembalun, akhirnya rombongan DDOCI ini berhenti pada sebuah puncak dengan view ke arah Desa Sembalun tadi. Panorama indah Desa Sembalun dapat dilihat dari pos peristirahatan yang disebut dengan Pusuk Sembalun.

Lokasi Pusuk Sembalun berada diatas ketinggian 1250 meter diatas permukaan laut dan akhirnya para peserta DDOCI Lombok Ride disuguhkan dengan makanan kotak super lengkap. Oops.. ternyata panitia sudah berada disana lebih dulu, mereka datang dari arah lawan (Jalur Timur) dan menyiapkan makanan buat rombongan.

70 nasi kotak dari panitia yang berisikan nasi dan lauk pauknya hanya tersisa beberapa kotak saja. Tak heran jika bikers DDOCI merasa lapar berat karena sudah menempuh perjalanan cukup jauh mulai dari Holiday Resort Lombok di Senggigi, kemudian menikmati panorama pantai dan gunung, dan aksi bakti sosial di Desa Bayan.

Saat makan siang bersama di Pusuk Sembalun, tentunya rombongan DDOCI ini sangat menikmati pemandangan Desa Sembalun dari ketinggian, disana tampak jelas Desa Sembalun yang diapit oleh perbukitan seperti berada di dalam sebuah benteng yang sangat kokoh.

Beberapa hal unik dapat dinikmati dari lokasi Pusuk Sembalun yang memiliki lebar tidak lebih dari 200 meter persegi ini, antara lain cuaca dan kabut yang saat itu mencoba menutupi naungan pemandangan. Selama berada di Pusuk Sembalun terlihat ada beberapa ekor kera atau monyet yang mencoba menghampiri rombongan.

Dari sumber literatur disebutkan untuk mencapai wisata Pusuk Sembalun ini, dapat ditempuh melalui 2 rute, yaitu melalui Jalur Utara atau Jalur Timur. Saat itu rombongan DDOCI berangkat dari Senggigi dengan rute Jalur Utara dan singgah di beberapa spot menarik di pantai utara, serta mengujungi bangunan Masjid Kuno Bayan.

Ayo.. mari kita nikmati keindahan alam Pulau Lombok. Mantap bro!

VIDEO

ALBUM PHOTO

Leave a Reply