Indonesia Motobike of The Year (IMOTY) 2012

15 November 2012. Indonesia Motobike of The Year (IMOTY) adalah ajang pengujian kendaraan roda dua yang dilakukan oleh majalah MOTORev, dan telah menginjak tahun ke-5. Acara pemberian anugerah IMOTY 2012 ini telah dilaksanakan hari Rabu, 14 November 2012 di Sparks Hotel Jl. Mangga Besar, Jakarta yang dihadiri oleh perusahaan otomotif roda di Tanah Air.

Apa yang dilakukan di IMOTY banyak mendapat perhatian dan pertanyaan dari pembaca pada umumnya. Berawal dari keinginan untuk membantu konsumen sepeda motor dalam memilih tunggangan, lahirlah ide untuk melakukan pengujian guna melihat kualitas serta apa saja yang dimiliki oleh sebuah merek sepeda motor.

IMOTY merupakan pengujian motor terbesar pertama di Indonesia, karena motor yang diuji dari berbagi merek dan kategori, termasuk motor barang/komersial atau motor roda tiga.

Uji coba yang dilakukan memang berbeda dari uji pabrik, karena waktu pengujiannya terhitung singkat. Tapi hasilnya mencerminkan semua yang dimiliki oleh sebuah motor. Salah satu prosesnya adalah menguji lewat pengendaraan seperti saat motor digunakan.

Beberapa pengujian yang bersifat ekstrem pun dilakukan, seperti pengereman mendadak pada kecepatan tinggi serta bermanuver pada kecepatan tinggi. Kondisi ekstrem terkadang terjadi saat motor digunakan.

Tentunya, pengujian peruntukan dari sebuah motor pun ikut diperhatikan. Misalnya motor off-road tentunya harus dijajal di medan off-road. Untuk itu MOTORev mengundang penilai dari berbagai disipilin ilmu dan keahlian agar bisa merasakan, menilai dan mengukur secara akurat.

Selain penilaian oleh juri, MOTORev melakukan pengukuran yang bersifat obyektif, yaitu kemampuan motor berakselerasi, kualitas pengereman, dan konsumsi bahan bakarnya.

Pada dasarnya kami tidak mengetahui dengan pasti siapa pengguna motor-motor itu nantinya. Itu sebabnya juri atau penilai tidak hanya memiliki ilmu berbeda tapi postur tubuh pun berbeda, termasuk juri wanita.

Juri-juri tersebut ditugaskan untuk mengendarai setiap motor dengan jarak tempuh tertentu, melewati berbagai medan, seperti jalan lurus, tanjakan, hingga simulasi stop & go untuk merasakan kondisi saat berada di kemacetan lalu lintas. Selain variasi medan, motor pun dikendarai dalam berbagai kecepatan.

Selanjutnya, setiap motor dikelompokkan dalam kategori-kategori. Di dalam IMOTY ke-5 ini ada 13 kategori. Kategori ini bermanfaat bagi calon pembeli, karena motor mana yang terbaik dalam kategori tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan pilihan.

Dalam penentuan kategori, kami sengaja tidak menyangkutkan harga tapi lebih pada kualitas, teknologi, dan kapasitas mesin. Contoh mudahnya, kategori skutik dengan kapasitas mesin yang sama bisa terbagi dalam beberapa kategori. Demikian pula untuk motor sport, MOTORev membedakan pula atas fungsi dan bodinya.

Kemudian motor yang telah dikelompokkan tersebut diuji oleh satu tim juri. Dalam uji jalan atau uji orientasi, juri langsung menilai di akhir perjalanan. Proses penilaian seperti ini akan menghasilkan pola penilaian yang obyektif karena tidak ada pengaruh dari luar. Lain bila sudah menunggu beberapa waktu, apalagi kalau lebih dari satu hari, penilaian bisa menjadi bias.

Bila satu kategori selesai diuji orientasi, selanjutnya adalah uji konsumsi bensin yang dilakukan oleh tim tersendiri. Tim ini sengaja dilatih dan dipisahkan dengan uji orientasi agar pengukuran berjalan lebih baik.

Saat pengujian konsumsi bensin, motor dikendarai secara halus, tidak dilakukan manuver berat atau berakselerasi secara cepat. Pengujian dengan kecepatan tertentu dengan gaya pengendaraan sama seperti pengguna motor pada umumnya.

Terakhir adalah uji akselerasi dan uji kualitas pengeraman. Hal ini untuk mengetahui performance mesin dan kelengkapan keamanannya. Khusus pengujian ini tidak dilakukan pada motor roda tiga, karena motor pengangkut beban tidak mengutamakan akselerasi.

Dari akumulasi penilaian tadi akan didapat juara kategori dan nilai tertinggi dari semua peserta mendapatkan gelar Best of The Best. Dalam menentukan Best of The Best tidak mengikutsertakan kategori motor roda tiga atau motor komersial. Bila tahun lalu pemegang tampuk tertinggi adalah Minerva GTR, siapa yang berhasil mengalahkan rival-rivalnya di IMOTY 2012?

PEMBAGIAN KATEGORI

1. Kategori Skutik New Comer
2. Kategori Skutik Standard
3. Kategori Skutik Medium
4. Kategori Skutik Premium
5. Kategori Cub/Bebek sampai dengan 150cc
6. Kategori Sport Touring s/d 160cc
7. Kategori Sport Touring 161-220cc
8. Kategori Sport Standard 121-150cc
9. Kategori Sport 121-150cc
10. Kategori Sport 250cc
11. Kategoris Sport 500cc-up
12. Kategori Off-Road
13. Kategori Motor Roda Tiga/Komersial

CARA PENILAIAN

IMOTY dari yang pertama hingga saat ini menggunakan penilaian yang sama, hanya caranya yang terus disempurnakan. Penilaian per kategori mudah dilakukan karena semua setara. Tapi bagaimana menyandingkan sebuah suktik dengan sebuah motor sport yang jelas-jelas bukan padanannya?

Untuk itu dilakukan penilaian berdasarkan patokan (benchmark) dari hasil uji motor sejenis sebelumnya. Misalnya konsumsi bensin skutik. Dari puluhan skutik yang pernah diuji sebelumnya diperoleh angka rata-rata 40km/liter.

Nilai itu yang digunakan sebagai acuan. Penilaian seperti ini lebih mengarah untuk menentukan gelar Best of The Best. Selanjutnya angka-angka yang diperoleh diubah menjadi angka tanpa satuan atau skor. Lalu dijumlahkan dengan angka rata-rata dari penilaian para juri.

Satu hal yang sering dipertanyakan adalah proses penilaian akselerasi. Kita ketahui akselerasi terbaik adalah motor yang mampu berakselerasi cepat dengan waktu tempuh singkat. Bagaimana membuatnya menjadi skor tertinggi yang terbaik?

Bila yang terbaik adalah yang terkecil, untuk membalikkannya sangat sederhana, melalui proses pembagian, di mana pembilangnya adalah satu angka tetap atau konstata dan penyebutnya didapat dari hasil pengujian. Untuk besaran konstanta bisa dipilih sendiri, tapi konsisten digunakan selama penilaian.

PEMENANG IMOTY 2012

1.KATEGORI SKUTIK NEW COMER: – Jialing Lion
2.KATEGORI SKUTIK STANDARD: – Suzuki Nex
3.KATEGORI SKUTIK MEDIUM: – Honda Vario PGM-FI
4.KATEGORI SKUTIK PREMIUM: – Honda PCX FI
5.KATEGORI CUB/BEBEK 121-150CC: – TVS RockZ
6.KATEGORI SPORT TOURING 121-160CC: – TVS APACHE
7.KATEGORI SPORT 121-150CC: – Aprilia RS4
8.KATEGORI SPORT 200-250cc: – Kawasaki New Ninja 250
9.KATEGORI SPORT TOURING 161-220CC: – Bajaj Pulsar DTS 220
10.KATEGORI OFF-ROAD: – Viar TX
11.KATEGORI SPORT 500CC-UP: – Kawasaki ER6
12.KATEGORI SPORT STANDARD 121-150CC: – Minerva R150
13.KATEGORI MOTOR KOMERSIAL: – Viar Karya 200
BEST OF THE BEST: – Honda PCX FI 150
BEST FUEL CONSUMPTION: – Honda Supra X 125; – Yamaha Soul GT;
BEST DESIGN: – Vespa S; – Minerva X-Road

2 thoughts on “Indonesia Motobike of The Year (IMOTY) 2012

  1. […] berhasil mendapatkan penghargaan desain terbaik (Best Design) untuk kelompok non kategori dalam Indonesia Motorbike of the Year Awards 2012 yang digelar oleh majalah Moto Rev untuk kelima kalinya sejak tahun 2008. Penganugerahan […]

  2. […] berhasil mendapatkan penghargaan desain terbaik (Best Design) untuk kelompok non kategori dalam Indonesia Motobike of the Year Awards 2012yang digelar oleh majalah Moto Rev untuk kelima kalinya sejak tahun 2008. Penganugerahan penghargaan […]

Leave a Reply