Jajal Habis Suzuki All New Swift: Lincah dan Gesit

image006

14 November 2012. Adapun kesimpulan umum dari MediaSL tentang All New Swift untuk tipe GX Manual Transmission adalah sangat enteng tarikannya, gesit dan lincah. Hal ini terungkap setelah mengikuti acara Media Test Drive All New Swift hari Selasa (13/11/12) dengan rute Jakarta-Rancamaya Bogor-Jakarta. Hal ini sesuai dengan konsep Suzuki All New Swift dengan performa dan pengendalian lebih dinamis, memiliki desain modern dan sporty, dan tentunya praktis dan kompak.

Dari pengalaman MediaSL selama mengikuti acara yang disuguhkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), baik sebagai penumpang yang duduk dibelakang dan sebagai pengemudi, ternyata mobil kompak All New Swift ini tidak sempit karena memiliki dimensi sedang, Suzuki mampu menggabungkan seluruh performa, pengendalian dan atribut lainnya yang dibutuhkan untuk kepuasan dan kenyamanan.

All-New SWIFT yang dirakit dari pabrik Suzuki Thailand ini, hanya meneruskan model sebelumnya yang kompak nan praktis tanpa kehilangan desain dan performanya. Bisa dikatakan sebagai evousi dari pendahulunya, dan bahkan lebih baik pada beberapa hal penting seperti: lebih nyaman dikendarai, memiliki pengendalian lebih lincah dan gesit. Tentu juga memiliki karakter sporty, sehingga sangat pas bagi mereka yang senantiasa ingin tampil  muda mengikuti gaya hidup yang trendy.

Usai acara makan siang Media Test Drive Suzuki All New Swift, PT Suzuki Indomobil Sales menggelar acara press conference dimana hadir dua orang pejabat  tingginya, yakni Endro Nugroho Marketing & Dealer Development Director PT SIS dan Davy J. Tuilan Sales Director Suzuki 4W PT SIS. Kedua pejabat PT SIS ini saling bergantian memberikan informasi dan spesifikasi Suzuki All New Swift.

Endro Nugroho (kiri) Marketing & Dealer Development Director PT SIS dan Davy J. Tuilan (kanan) Sales Director Suzuki 4W PT SIS saat press conference di Rancamaya Golf Club House Ciawi Bogor @Selasa, 13/11/12

“Desain All New Swift memiliki gaya eksterior yang atletis dan elegan, serta interior yang lebih dinamis dan sporty dipadu dengan fungsi yang mudah digunakan. Sangat terasa jarak pijak yang lebar, dengan dimensi jarak poros roda yang pendek,” tutur Davy J. Tuilan.

“Dari segi eksterior mengusung konsep gaya atau style yang ”dinamis dan enerjik”. All-New Swift ini mewarisi tampilan sebuah bodi yang kompak, lebar, pendek yang siap ’meletuskan’ energinya, tetapi tetap mencerminkan sebuah evolusi ke sebuah bentuk yang membawa daya tarik emosi yang lebih kuat dan perbaikan yang lebih baik. Impresi keseluruhan adalah sebuah kendaraan yang kencang, bodi yang atletis dalam balutan kostum yang elegan,” tambah Davy.

MediaSL merasakan sendiri melalui pengalaman Test Drive Suzuki All New Swift, antara lain ketika duduk didalam kabin, baik sebagai penumpang maupun sebagai pengemudi, dimana mobil ini memiliki keseimbangan yang masih relatif aman hingga kecepatan 150 km/jam ketika melintasi jalan tol Jagorawi dengan penumpang berjumlah 3 orang (termasuk pengemudi).

Demi keamanan dan keselamatan, MediaSL tak berani memacu kendaraan ini lebih dari 150 km/jam, padahal pedal gas masih bisa ditekan lagi. Namun demikian, kelegaan, kenyamanan dan keseimbangan berkendara dengan kecepatan hingga 150 km/jam rasanya sudah cukup bagus, apalagi untuk mobil 1.400cc yang disebut sebagai city car.

Kunci dari kendali All-New Swift yang gesit karena jarak pijak yang lebar atau wide treads dan jarak poros roda atau wheelbase yang pendek. Menurut Suzuki, dimensi yang baru ini dikombinasikan dengan kekokohan suspensi belakang untuk stabilitas. Hal ini juga mempengaruhi pada kemampuan dan stabilitas menikung dengan poros memutar kemudi (rasio setir) yang lebih pendek. Juga memberikan profil pencengkeraman jalan atau road-hugging jadi lebih baik.

Dimensi All New Swift panjang 3,850mm, lebar 1,695mm, tinggi 1,510mm, dan wheelbase 2,430mm. Jarak pijak depan 1,480mm (Ban 16-inch) (1,470mm), dan jarak pijak belakang  1,485mm (Ban 16-inch) (1,480mm)

“Untuk sistem Kemudi atau Steering, All New Swift memiliki low-play joint atau sambungan yang didesain khusus di batang kemudi yang menghasilkan rasa kemudi yang lebih kokoh dan lebih linear. Juga, rasio yang relatif cepat ketika rak mendekati pusat membuat mobil merespon secara cepat saat permulaan belokan, dan rasio yang relatif lambat dekat batas belokan kemudi tidak menyulitkan pengemudi untuk tikungan yang lebih besar,” jelas Davy.

Ya, dari pengalaman MediaSL ketika mengikuti ajang Time Trial Attack dengan beberapa manuver tajam dan cepat, sangat terasa All-New SWIFT memiliki respon yang mantap terhadap setiap perubahan kemudi. Rasio putar kemudi yang pendek, membuat  mobil ini lebih lincah dan gesit untuk setiap kendali, maupun saat bermanuver dengan kondisi ekstrim (tikungan tajam dengan kecepatan tinggi) tetap stabil.

Dari data spesifikasi All New Swift, disebutkan untuk suspensi depan (MacPherson struts with coil springs), dengan tata letak yang disempurnakan untuk stabilizer dan coil spring yang bisa memberikan performa anti limbung atau roll stiffness yang lebih baik tanpa perlu menambah bobot. Juga, kerangka suspensi yang memiliki tingkat kekakuan yang lebih tinggi. Struktur baru untuk torsion beam memiliki berat lebih ringan namun efek anti limbung yang lebih besar.

Sedangkan untuk pengereman mengadopsi rem cakram berventilasi pada roda depan (untuk roda 16-inci) yang dilengkapi dengan rem cakram belakang dengan aluminium-alloy calipers.

Dalam kesempatan Media Test Drive All New Swift, kendaraan yang digunakan adalah transmisi manual 5 percepatan yang mengadopsi mekanisme bantuan yang bisa mengurangi tenaga pengendara. Pengoptimalan batang transmisi dengan operasi yang lebih halus. Transmisi otomatis 4 percepatan yang mengadopsi straight shift pattern atau pola transmisi garis lurus.

Bodi dan jarak posisi gravitasnya cukup rendah, hal ini membuat All New Swift tampil sporty bak seperty sport touring car yang berlaga dilantasan sirkuit balap. Sangat terasa dengan gravitasi yang lebih rendah ini memudahkan pengendalian dan kelembutan suspensi (tidak terlalu keras).

“All New Swift menggunakan mesin K14B 1.4 liter bensin dengan Variable Intake Valve Timing (VVT) ) dan ini sama persis dengan mesin Suzuki Ertiga. Hal ini menunjukkan fokus Suzuki dalam menggabungkan keramah lingkungan dengan kenyamanan berkendara yang baik. Suzuki menawarkan konsumsi bahan bakar dan emisi yang lebih rendah dengan tenaga mesin dan torsi yang lebih tinggi melalui beberapa pengukuran teknis termasuk intake variable valve timing,” papar Davy.

Dari data spesifkasi maximum output mesin K14B: 70kW/6,000rpm, dan torsi maximum mesin K14B adalah 130Nm/4,000rpm.

“Untuk memastikan tingkat keyakinan dan kontrol yang tinggi dari pengendara, All-New SWIFT memiliki jangkauan luar biasa dalam teknologi keamanan. Peralatan keamanan aktif standar termasuk sistem anti penguncian rem/ anti-lock braking system tersedia pada mobil ini,” tambah Davy.

VIDEO

Nah, bagi mereka yang berminat dengan All New Swift, ada beberapa pilihan warna yang ditawarkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales, antara lain Pearl Snow White, Ablaze Red Pearl, Metallic Star Silver, Metallic Mineral Grey, Boost Blue Pearl Metalic, dan Pearl Super Black. Sedangkan harga jualnya OTR Jabodetabek untuk tipe GL M/T Rp 163,1 juta, tipe GL A/T Rp 174,1 juta, tipe GX M/T Rp 169,6 juta, dan GX A/T Rp 180,6 juta.

ALBUM PHOTO

One thought on “Jajal Habis Suzuki All New Swift: Lincah dan Gesit

  1. [...] Attack. Saat itu PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan kesempatan kepada setiap media untuk menjajal habis-habisan All New Swift melalui kecepatan dan tikungan. Spontan adrenalin jiwa muda pun turun bak seorang perally yang [...]

Leave a Reply