Test Drive All New Swift, Jakarta-Rancamaya Ciawi

14 November 2012. MediaSL bersama rombongan wartawan otomotif nasional, melakukan uji coba (test-drive) Suzuki All New Swift hari Selasa kemarin (13/11/12) dengan rute Jakarta-Rancamaya (Ciawi) Bogor. Mobil All New Swift ini diperkenalkan kepada publik pada hari pertama pameran IIMS tanggal 20 September 2012 yang lalu (artikel ini). dalam sehari diisi dengan berbagai kegiatan, seperti Time Trial, Prescon, Photo Session Model, Games dan pembagian hadiah-hadiah menarik. 

Pada pukul 07.30 WIB kemarin, 30 orang wartawan hadir memenuhi undangan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berkumpul di Monolog Cafe, Plaza Senayan Jakarta untuk sarapan pagi, brifieng singkat, dan melakukan start atau keberangkatan All New Swift menuju Rancamaya Golf Estate, Ciawi Bogor. PT SIS menyediakan 15  unit mobil All New Swift Model GX Manual Transmission 1.400cc berwarna putih yang ditempel dengan stiker besar “ALL NEW SWIFT More Swift More Sporty”.

Panitia membagi kelompok Media Test Drive All New Swift, dimana masing-masing mobil All New Swift diisi oleh 3 orang wartawan ditambah  dengan 1 orang Liason Officer (LO), yakni seorang wanita cantik dengan kostum short pant jeans yang bertugas sebagai navigator, sekaligus pengawalan untuk setiap anggota kelompoknya. MediaSL di kelompok tiga bersama wartawan VivaNews dan MetroTV (belakangan kru MetroTV memisahkan diri karena ikut mobil kantor untuk keperluan shooting).

Dalam perjalanan setiap kelompok diberikan kebebasan menjalankan All New Swift tanpa ada aturan harus ikut konvoi, karena yang penting adalah mengikuti rute yang sama. Hal ini sangat menguntungkan bagi setiap kelompok untuk saling bergantian menjajal All New Swift. Untuk rute keberangkatan, MediaSL duduk di kursi belakang, sementara yang mengemudikan mobil adalah wartawan VivaNews. Namun sewaktu pulang, giliran MediaSL yaang duduk sebagai pengemudi.

Saat di Rancamaya Golf Estate, MediaSL bersama seluruh kelompok wartawan ikut acara lomba Time Trial Attack yang sangat seru dan mendebarkan bak sebuah balapan rally. Hal ini  untuk menguji All New Swift sebagai mobil yang dinamis, dan sporty. Setelah itu lokasi acara pindah ke Rancamaya Golf Club House untuk makan siang, press conference dan photo session yang diperlukan untuk perlombaan.

Sebagai penutup acara Media Test Drive Suzuki All New Swift, pada sore harinya seluruh kelompok peserta kembali ke Jakarta via tol Jagorawi dan berkumpul di Brewhouse Senayan City Jakarta. Setelah beristirahat sejenak, acara berlanjut dengan beberapa games ringan, dan makan malam bersama. Sebagai puncak acara sekaligus penutup event ini, adalah pengumuman para pemenang lomba, dan penarikan door prize.

Kesimpulan

Singkat cerita, mobil rakitan Suzuki Thailand yang merupakan penerus best-selling model di jajaran produknya All-New SWIFT kini terasa jauh lebih lebih stylish dan sporty. Ya, model baru All New Swift ini memiliki pengendalian yang lebih sporty selaras dengan konsep pengembangan “More SWIFT!”. Kabarnya ini merupakan generasi kedua dari SWIFT sebagai model strategis global Suzuki.

All-New SWIFT merupakan mobil yang diluncurkan dari strategi global Suzuki. Diproduksi di tujuh pabrik yang tersebar di dunia dan dijual di lebih dari 100 negara dan wilayah. Dengan performa yang dinamis dan gaya yang sporty yang menghasilkan 147 penghargaan di 31 negara, mencapai 1 juta unit lebih cepat dibanding model lainnya dalam sejarah Suzuki.

Dari pengalaman ikut acara test drive Susuki All New Swift ini, dapat dibuktikan jika Suzuki telah mengangkat performa dan gaya Swift ke tingkat yang lebih tinggi. Memiliki karakter bodi sebagai mobil sport dan dinamis, dan sangat cocok bagi mereka yang ingin selalu tampil semangat jiwa muda.  Memiliki kelengkapan dan fitur-fitur masa kini (dijelaskan pada artikel berikutnya), dan kabarnya memiliki performa sebagai mobil ramah lingkungan dan effisien.

VIDEO

Hanya saja MediaSL belum menghitung atau menguji efisiensi BBM, karena perjalanan kemarin lebih fokus pada performa pengendalian, tarikan (akselerasi), pengereman, dan stabilitas mobil dalam setiap manuver di jalan dalam kota, maupun saat manuver di jalan tol. Namun demikian, Suzuki mengklaim All New Swift adalah mobil kompak sport yang cocok untuk kebutuhan sehari-hari yang dapat diandalkan. Kesimpulan umum dari MediaSL adalah, All New Swift untuk tipe GX Manual Transmission sangat enteng tarikannya, gesit dan lincah.

ALBUM PHOTO

4 thoughts on “Test Drive All New Swift, Jakarta-Rancamaya Ciawi

  1. [...] adalah sangat enteng tarikannya, gesit dan lincah. Hal ini terungkap setelah mengikuti acara Media Test Drive All New Swift hari Selasa (13/11/12) dengan rute Jakarta-Rancamaya Bogor-Jakarta. Hal ini sesuai dengan konsep [...]

  2. [...] November 2012. Salah satu acara Media Test Drive All New Swift yang digelar PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada hari Selasa, 13 November 2012 adalah acara Photo [...]

  3. [...] November 2012. Dari pengalaman MediaSL mengikuti acara “Media Test Drive All New Swift” pada 13 November 2012 yang lalu, sebenarnya setiap peserta merasakan sensasi All New Swift [...]

  4. Untuk konsumsi BBM all new swift , berapa KM yang dapat ditempuh untuk per liter.nya ??
    Trima kasih :)

Leave a Reply