Lupromax Racing Fuel, Bahan Bakar Khusus Balapan

image006

13 November 2012. MediaSL melihat secara dekat di bagian belakang paddock Lupromax Racing Team, dan disana ada beberapa gallon bahan bakar dengan label “Lupromax Racing Fuel”. Usut punya usut ternyata bahan bakar ini dipakai oleh pembalap Yogi Primantoro yang telah mengantarkan ia menjadi Juara Umum Kelas Super Touring Indonesia pada balapan Indonesia Series of Motorsport (ISOM) 2012 (artikel ini).

Dari obrolan singkat dengan Ruby Widjadja, CEO PT Magna Indonesia ketika di temui MediaSL di paddock Sentul kemarin diperoleh keterangan bahwa Lupromax Racing Fuel memiliki tiga jenis bahan bakar khusus untuk balapan, yaitu RON 105 Premium; RON 115 Superior; dan RON 120 Prime.

“Ketiga produk Lupromax Facing Fuel ini bebas timbal (unleaded), ramah lingkungan, dan mengandung oksigen (oksigenated). Adapun tipe Lupromax Racing Fuel yang digunakan oleh pembalap Yogi bersama Lupromax Racing Team adalah tipe RON 105 yang paling rendah. Itu sudah cukup baik mengantarkan Yogi menjadi juara umum,” ujar Ruby Widjaja.

Secara teknis Lupromax Racing Fuel tidak akan mengganggu sensor oksigen pada modern-computer controlled engines, tetapi akan menaikkan burning speed walaupun dalam kondisi 10.000 RPM. Sangat baik digunakan sebagai bahan bakar khusus untuk racing. Adapun keunggulan dari Lupromax Racing Fuel ini adalah sebagai berikut:

Memiliki Nilai RON Tinggi; Bebas Timbal (Unleaded); Tidak mengandung Logam Berat; Mengandung Anti Korosi dan Anti Oksidan; dan Tidak menimbulkan Kerak.

Semua seri produk Lupromax Racing Fuel ini tersedia dalam kemasan 20 liter/ pail. Dan untuk penggunaannya bisa di campurkan ke dalam tangki bahan bakar. Khusus untuk produk tipe Prime RON 120 dapat dicampur dengan menggunakan bahan bakar Pertamax Plus (RON 95) dengan komposisi sesuai dengan nilai oktan yang diinginkan.

Harga jual untuk pulau Jawa, RON 105 Rp. 65 ribu per liter; RON 115 Rp. 115 ribu per liter; dan RON 120 Rp. 120 ribu per liter. Produk tersebut bisa dibeli melalui kantor Lupromax atau Bengkel Undercontrol.

“Kami menggunakan Lupromax Racing Fuel ini pada mobil balap Yogi mulai putaran ke-4, ke-5 dan ke-6 diajang balapan ISOM musim 2012 ini. Akhirnya Lupromax Racing Fuel teruji dan terbukti bisa mengantarkan pembalap menjadi pemenang,” tutup Ruby.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply