Yogi Bersama Lupromax Raih Juara Umum Super Touring Indonesia

12 November 2012. Pebalap Yogie Primantoro dari Lupromax Racing Team menjadi Juara Umum Nasional di kelas “Super Touring Indonesia” dalam ajang Indonesia Series of Motorsport (ISOM) 2012 yang berlangsung selama 6 putaran di Sirkuit Sentul Bogor. Seri penutup ISOM 2012 hari Minggu kemarin (11/11/12) menjadi bukti nyata bagi Yogi mendulang kemenangan sebagai juara pertama pada balapan kelas bergengsi tersebut.

Faktanya, Lupromax Racing Team baru pertama kali turun di ajang balap ISOM, dan melalui pembalap Yogi berusia 40 tahun mampu membawa nama harum Lupromax ke puncak podium kemenangan, tak hanya finish di urutan pertama, tepai meraih juara umum kejurnas ISOM 2012.

Tentu saja PT. Magna Indonesia (MI) selaku distributor Lupromax boleh berbangga, karena balapan ini juga sebagai pembuktian atas beberapa produknya yang dikenal mampu menambah tenaga mesin, atau sebagai zat perangsang agar kinerja mobil balap yang menggunakan produk Lupromax semakin baik performanya.

“Pakai zat perangsang Lupromax engine additive ternyata bisa menambah performa mobil. Memang hasilnya untuk akselerasi dan tenaga makin meningkat, karena mesin lebih enteng. Saya unggul di setiap tikungan, masuk cepat dan keluarnya juga cepat, demikian pula di trek lurus lari mobil ini tambah kencang,” bangga Yogi.

Mobil yang digunakan Lupromax Racing Team ini dalam kelas Super Touring Indonesia ini termasuk mobil lawas, yakni Honda Civic Ferio produk tahun 1997. Hanya saja mesin dan kaki-kaki telah diganti. Yang paling penting  disini adalah penggunaan Lupromax EA (Engine Additive) pada mesin 2000cc yang mampu memperbaiki kecepatan dan mampu melesat jauh kedepan dengan catatan waktu 1 jam 47 menit 4 detik untuk 12 laps.

Pada lap terakhir, ada insiden kecil dimana bendera kuning dikibarkan dan safety car turun, karena ada mobil pembalap lain yang mogok di tikungan terakhir. Safety car menuntun para pembalap yang sudah berbaris secara dekat, dan untung saja balapan memasuki lap terakhir.

“Dari total 6 seri balapan ISOM 2012 ini, pada putaran 1, 3, 5 dan 6 kita selalu finish diurutan pertama. Sedangkan pada putaran ke-2 dan 4 kita berada di urutan 3 dan 2. Total perolehan angka 67 poin dari keseluruhan race. Saya senang akhirnya bisa menjadi juara umum bersama Lupromax Racing Team yang memang pada tahun 2012 Lupromax baru pertama kali turun di arena balap,” ujar Yogi usai balapan.

“Tak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim Lupromax Racing Team yang telah bekerja dengan baik dan kompak, serta kepada pimpinan PT Magna Indonesia yang selalu men-support saya dengan produk unggulannya sehingaga saya bisa menjadi juara umum dalam kejuaran nasional ini,” tambahnya.

Balapan berlangsung dalam cuaca panas, dan untung saja belum turun hujan. Yogi start dari pole position, dan mobil lawan berada di urutan kedua, yakni Dean Martin #1 dari Amor Indonesia Performance dengan besutan Mitsubishi Lancer. Dean Martin langsung take over Yogi beberapa detik usai lampu start menyala. Namun Yogi kembali mengambil alih posisi sebelum masuk tikungan ke-tiga. Setelah itu Yogi terus memimpin jalannya lomba yang diisi oleh berbagai merek mobil.

“Kami bangga dengan tim Lupromax Racing Team. Inilah debut kami yang pertama pada ajang balapan ISOM, dimana kami meraih prestasi yang terbaik di tingkat nasional, yang sebelumnya kami juga pernah menjadi juara di ajang drag race 16 detik,” jelas Ruby Widjadja, CEO PT Magna Indonesia ketika di temui MediaSL di paddock Sentul kemarin.

“Rencana kita pada tahun 2013 mendatang, kita akan terus men-support para pebalap untuk berlaga di kejuaraan Honda Jazz One Make Race, kelas Indonesia Super Production, dan juga di ajang drifting,” tambah Ruby.

Pada balapan ISOM 2013 mendatang, Yogie berencana akan kembali turun di Kelas Indonesian Super Touring dengan mobil yang sama namun disuntik dapur tenaga yang lebih segar, yakni mesin K20 milik Honda Type R. Sekarang, ia masih menggunakan mesin P20, tentunya secara spesifikasi masih rendah dibanding K20.

PT Magna Indonesia juga memiliki beberapa varian, antara lain Lupromax Accelerator dan Lupromax Racing Fuel. Menurut Ruby Widajaja, Lupromax Accelerator mampu menaikan oktan minimal lima RON, yang dilengkapi dengan anti korosi dan anti oksidan, tanpa timbal. Selain itu Lupromax Racing Fuel adalah bahan bakar khusus untuk racing, dan produk inni diformulasikan secara khusus hanya untuk kegiatan balap.

ALBUM PHOTO

2 thoughts on “Yogi Bersama Lupromax Raih Juara Umum Super Touring Indonesia

  1. [...] di kelas “Super Touring Indonesia” di ajang Indonesia Series of Motorsport (ISOM) 2012 (artikel ini). Seperti apa gaya UG Lupromax Racing Team ini? Simak album photo yang dijepret MediaSL di Sirkuit [...]

  2. [...] 13 November 2012. MediaSL melihat secara dekat di bagian belakang paddock Lupromax Racing Team, dan disana ada beberapa gallon bahan bakar dengan label “Lupromax Racing Fuel”. Usut punya usut ternyata bahan bakar ini dipakai oleh pembalap Yogi Primantoro yang telah mengantarkan ia menjadi Juara Umum Kelas Super Touring Indonesia pada balapan Indonesia Series of Motorsport (ISOM) 2012 (artikel ini). [...]

Leave a Reply