Rifat Sungkar Berhasil Menyelesaikan Rally Class di Spanyol

12 November 2012. Pada akhirnya, Rifat Sungkar, bersama Scott Beckwith sebagai navigator, berhasil finish dan menyelesaikan RallyRACC – Rally de Espana, ronde ketiga belas dan terakhir dari kejuaraan dunia World Rally Championship 2012 untuk Rally Class. 

Kemarin (11/11), Setelah menyelesaikan paruh awal hari terakhir Rally Spanyol, Fastron World Rally Team melanjutkan pertarungannya dengan mengulang lintasan di SS16 Riudecanyes 2, SS17 Santa Marina – Power Stage, dan terakhir ditutup oleh, SS18 La Serra d´Almos 2.

Didera dengan hujan deras dan lintasan berlumpur, hari pertama perjuangan Fastron World Rally Team diwarnai dengan persaingan yang sengit dan susul-menyusul di kelas Rally Class. Sempat memimpin klasmen Rally Class di pertengahan hari pertama, Rifat dan Scott harus rela disalip oleh Yuriy Protasov, pesaing Rally Class asal Ukraina, karena as roda belakangnya patah. Meskipun dihadang kendala teknis, Fastron World Rally Team tidak menyerah dan berhasil finish dengan mencatat waktu yang cukup baik.

Naas menyergap Fastron World Rally Team di hari kedua ketika Rifat dan Scott mengawali hari dengan tekad mengejar posisi teratas Rally Class. Di SS7, stage pertama hari kedua, Rifat menabrak pembatas jalan akibat rem yang tidak berfungsi. Meskipun mobil mengalami kerusakan yang cukup berat, Fastron World Rally Team tidak menyerah dan melanjutkan perjuangan dan finish sampai memasuki service park pada pertengahan hari. Karena kondisi mobil yang tidak memungkinkan dan karena peraturan, Fastron World Rally Team tidak dapat meneruskan pertandingan.

Tidak menyerah dan berkat kepiawaian tim mekanik Fastron World Rally Team, Rifat dan Scott melanjutkan perjuangan di hari ketiga dengan tekad baru untuk dapat finish dan menyelesaikan Rally Spanyol. Sampai pertengahan hari kemarin, Fastron World Rally Team sempat menjadi yang tercepat di kelas Rally Class di SS13, namun di dua SS berikutnya Yuriy Protasov kembali mendominasi.

Selepas dari service park di pertengahan hari, Fastron World Rally Team kemarin melanjutkan pertarungan di SS16, mengulang lintasan di Riudecanyes, lintasan aspal sejauh 16,35 km. Di stage ini, Rifat dan Scott berhasil finish dengan mencatat waktu 12 menit 32,9 detik. Melanjutkan pertarungan di SS17 Santa Marina – Power Stage, lintasan aspal yang bervariasi dan tricky dengan jarak tempuh sejauh 26,51 km, Fastron World Rally Team berhasil finish dengan mencatat waktu 19 menit 32,4 detik.

Setelah finish SS17, Fastron World Rally Team melanjutkan pertarungan ke stage terakhir Rally Spanyol, SS18 La Serra d´Almos 2, lintasan aspal dengan jarak tempuh hanya 4,11 km, lintasan yang sangat cepat. Di stage terakhir ini, Rifat dan Scott berhasil finish dengan mencatat waktu 3 menit 6,4 detik, unggul 1,8 detik dari Ricardo Trivino dan tertinggal 7,1 detik dari Yuriy Protasov. Dengan finish di SS18, Fastron World Rally Team telah berhasil menyelesaikan dan finish di Rally Spanyol, dengan melewati berbagai rintangan selama tiga hari rally.

“Terhenti di hari kedua memang sangat mengecewakan. Namun, kami tidak mau menyerah dan bertekad untuk finish Rally Spanyol. Ini adalah tahun pertama saya bertanding di ajang reli bergengsi WRC dalam beberapa seri, dan banyak pelajaran dan pengalaman yang sangat berharga yang saya peroleh. Semoga tahun depan saya dapat kembali bertanding di WRC dan mendapatkan hasil yang lebih baik bagi bangsa Indonesia. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih banyak atas semua pihak yang telah mendukung saya, terutama Pertamina Fastron yang telah memungkinkan ini semua terjadi,” tutup Rifat Sungkar di akhir Rally Spanyol.

Di kelas Rally Class, Fastron World Rally Team menampati peringkat ketiga. Yuriy Protasov tidak tergoyahkan di posisi pertama, diikuti oleh Ricardo Trivino di posisi kedua. Di kelas Manufaktur, meskipun stage terakhir dimenangkan oleh Dani Sordo, perally asal Spanyol, Sebastien Loeb kembali menjuarai Rally Spanyol, diikuti oleh Jari-Matti Latvala sebagai juara kedua, dan Mikko Hirvonen di tempat ketiga.

Leave a Reply