Dani Pedrosa Tutup MotoGP 2012 Dengan Manis

12 November 2012. Balapan MotoGP 2012 di Valencia Spanyol merupakan balapan terakhir di musim 2012 ini. Titel juara dunia MotoGP 2012 sudah diraih oleh pebalap Jorge Lorenzo dari Yamaha Factory Racing Team (artikel ini), hanya saja Lorenzo di seri penutup malah terjungkal.

Namun demikian, kemenagan podium satu di raih Dani Pedrosa (Repsol Honda RT), podium kedua Katsuyuki Nakasuga (pembalap cadangan Yamaha Factory RT), dan podium ketiga Casey Stoner (Repsol Honda RT). Penampilan Dani Pedrosa di MotoGP 2012 Valencia ini sepertinya tak mau kalah dengan adiknya Marc Marquez di kelas Moto2 yang tampil gemilang start dari dari grid terakhir dan berhasil menjadi juara pertama (artikel ini).

Pedrosa pemilik nomor balap 26 yang juga asal Spanyol ini akhirnya menyempurnakan kemenangan balapan motor kelas dunia di kampung halaman sendiri, maka sontak para penonton Sirkuit Valencia bersorak sorai gembira karena para pembalapnya yang telah meraih kemenangan.

Berlomba di trek yang masih tanggung, antara kering dan basah. Pasalnya balapan sebelumnya di kelas Moto2 adalah wet race, setelah melewati waktu satu setengah jam, lintasan memang belum sepenuhnya kering. Masih ada bebeapa bagian yang masih basah. Hal ini jelas membuat para pembalap sangat sulit mengambil keputusan soal pemilihan ban antara ban slick (untuk lintasan kering) atau bank beralur (untuk lintasan basah).

MediaSL bersama Dani Pedrosa @Paddok MotoGP Sepang 2011

Seluruh pembalap satu persatu keluar dari paddock dan memutari sirkuit satu putaran dan mereka berhenti di masing-masing grid untuk segera memulai balapan. Dari sini terlihat kasak-kusuk antara pembalap dengan para mekaniknya, tentunya soal keputusan soal pemilihan ban.

Diantara para pembalap MotoGP ini ada yang sudah memakai ban kering, tapi ada juga yang masih memakai ban basah. Sementara itu, direktur balapan memberikan pengumuman bahwa balapan berlangsung dalam kondisi basah, dan sebaliknya sebagian pembalap justru merasakan lintasan sudah kering.

Detik-detik warming up membuat galau sebagian para pembalap MotoGP. Dani Pedrosa dari Repsol Honda RT berada di grid paling depan (pole position), diikuti oleh Jorge Lorenzo dari Yamaha Factory RT di posisi kedua, dan Cul Crutchlow dari Monster Yamaha Tech3 RT. Sesi warming up (pemanasan) sebanyak satu putaran pun dimulai, dan setelah itu para pebalap kembali ke posisi grid-nya.

Oops.. ternyata Pedrosa, Crutchlow, dan Hayden dan satu pembalap lainnya malah balik ke paddock-nya dan buru-buru mereka ganti motor, dengan maksud berganti ban slick atau ban untuk lintasan kering! Alhasil Pedrosa bersama dengan ketiga pembalap yang lainnya harus start dari pit lane, bukan dari starting grid. Ini sama saja start dari posisi baling belakang, yaitu menunggu sampai grid starter lewat dulu.

Mulai dari sini, Pedrosa unjuk gigi. Lawan beratnya Jorge Lorenzo yang sudah memilih ban slick langsung memimpin lomba dan posisinya sudah jauh didepan. Ya, pemilihan ban slick yang dilakukan oleh beberapa pembalap, termasuk pebalap cadangan Katsuyuki Nakasuga dari Yamaha Factory RT sangat tepat. Lap demi lap dilalui oleh pabalap MotoGP dengan rasa was-was, malaupun kondisi race line kering, tetapi masih ada sebagian lintasan masih lembah (basah).

Kondisi serba tanggung ini membuat beberapa pebalap terjatuh, bahkan Jorge Lorenzo disaat ia ingin overtake pebalap posisi belakang James Ellsion, malah Lorenzo jadi kehilangan keseimbangan. Motornya oleng dan Lorenzo pun sontak terbang melayang tinggi dan jatuh terjerembab di gravel. Saat tayangan televisi di replay, sepertinya Ellison tak membuka jalur bagi Lorenzo, dan Lorenzo akhirnya tidak dapat mengontrol motornya setelah melewati sirkuit yang masih lembab.

Dani Pedrosa tampil prima setelah ia benganti ban kering, iapun secara perlahan tapi pasti mulai berada di barisan depan. Pasalnya setelah beberapa putaran, ada banyak pebalap yang masuk ke pit untuk ganti ban, termasuk pebalap Casey Stoner dari Repsol Honda RT.

Situasi ini mirip dengan balapan Formula Satu saat adu cepat ganti ban. Selain kondisi yang menguntungkan karena beberapa pebalap masuk ke pit, dan adapula pembalap berjatuhan, jelas hal ini sangat membantu posisi Dani Pedrosa naik posisi secara bertahap.

Sangat disayangkan Lorenzo terjatuh dan ini jelas memberi keuntungan bagi Pedrosa yang akhirnya bisa memimpin lomba walaupun ia start dari pit lane (posisi paling belakang). Yang lebih beruntung adalah pembalap cadangan pengganti Ben Spies Yamaha Factory RT, yaitu Katsuyuki Nakasuga. Ia tepat memilih ban kering sejak awal dan ia tidak perlu masuk pit untuk ganti motor. Dengan konsisten, akhirnya ia finish di posisi kedua mewakili Yamaha Factory RT.

Podium ketiga MotoGP 2012 Valencia ini diisi oleh Casey Stoner yang sekaligus sebagai balapan terakhirnya diajang MotoGP karena Stoner sudah memutuskan pensiun muda. Perjuangan Stoner tidak sia-sia setelah ia masuk pit berganti ban. Stoner mampu mengejar Alvaro Bautista dan melakukan overtaking dengan sempurna untuk merebut posisi ketiga.

Hasil Lomba MotoGP 2012 Valencia Spanyol (seri penutup musim 2012)

Pos. Num. Rider Nation Team Bike Time/Gap
1 26 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team Honda 48’23.819
2 21 Katsuyuki NAKASUGA JPN Yamaha Factory Racing Yamaha 37.661
3 1 Casey STONER AUS Repsol Honda Team Honda +1’00.633
4 19 Alvaro BAUTISTA SPA San Carlo Honda Gresini Honda +1’02.811
5 51 Michele PIRRO ITA San Carlo Honda Gresini FTR +1’26.608
6 4 Andrea DOVIZIOSO ITA Monster Yamaha Tech 3 Yamaha +1’30.423
7 17 Karel ABRAHAM CZE Cardion AB Motoracing Ducati +1’31.789
8 9 Danilo PETRUCCI ITA Came IodaRacing Project Ioda-Suter 1 Lap
9 77 James ELLISON GBR Paul Bird Motorsport ART 1 Lap
10 46 Valentino ROSSI ITA Ducati Team Ducati 1 Lap
11 41 Aleix ESPARGARO SPA Power Electronics Aspar ART 1 Lap
12 14 Randy DE PUNIET FRA Power Electronics Aspar ART 2 Laps
13 73 Hiroshi AOYAMA JPN Avintia Blusens BQR 2 Laps
14 5 Colin EDWARDS USA NGM Mobile Forward Racing Suter 3 Laps
Not Classified
35 Cal CRUTCHLOW GBR Monster Yamaha Tech 3 Yamaha 8 Laps
71 Claudio CORTI ITA Avintia Blusens Inmotec 13 Laps
8 Hector BARBERA SPA Pramac Racing Team Ducati 14 Laps
99 Jorge LORENZO SPA Yamaha Factory Racing Yamaha 17 Laps
6 Stefan BRADL GER LCR Honda MotoGP Honda 21 Laps
84 Roberto ROLFO ITA Speed Master ART 24 Laps
22 Ivan SILVA SPA Avintia Blusens BQR 28 Laps
69 Nicky HAYDEN USA Ducati Team

Sumber Photo

3 thoughts on “Dani Pedrosa Tutup MotoGP 2012 Dengan Manis

  1. congrats buat tim repsol honda dan pedrosa

  2. Tim Honda bermain dengan manis pada balapan terakhir musim 2012

  3. team honda memang hebat, saya dukukg team honda selalu.smoga di musim depan honda bs memimpin..

Leave a Reply