Rifat Kejar Finish Di Hari Ketiga Rally Class Spanyol

11 November 2012. Hari ini, Fastron World Rally Team kembali melanjutkan pertarungannya di Rally Spanyol, setelah kemarin sempat terhenti akibat menabarak pembatas jalan karena kerusakan rem di SS7. Di hari teakhir ini, Rifat Sungkar bersama Scott Beckwith akan bertarung di 6 special stage, yang keseluruhan lintasannya bertipe aspal juga; SS13/16 Riudecanyes (16,35 km), SS14/17 Santa Marina (26,51), dan SS15/18 La Serra d´Almos (4,11 km).

Start di urutan ke-50, Fastron World Rally Team mengawali hari ketiga Rally Spanyol di SS13 Riudecanyes 1. Rifat dan Scott menjalani special stage yang sempat menjadi Power Stage pada tahun lalu, dikenal dengan lintasannya yang berliku dengan beberapa tikungan tajam di area yang menuruni bukit.

Di stage ini peserta juga melewati sebuah bendungan dengan pemandangan yang indah. Di SS13 ini, Rifat dan Scott finish dengan menjadi yang tercepat di kelas Rally Class, mencatat waktu 12 menit 6,6 detik, meninggalkan Yuriy Protasov dengan selisih 5,4 detik dan Ricardo Trivino dengan selisih 18,3 detik.

“Saya sangat berterima kasih kepada tim mekanik Fastron World Rally Team. Mereka berhasil memulihkan dan memaksimalkan kondisi kendaraan setelah rusak berat akibat kecelakaan kemarin. Kami berhasil unggul di SS ini. Semoga kami dapat mempertahankannya sampai finish Rally Spanyol,” ujar Rifat Sungkar, pereli andalan Fastron World Rally Team, yang juga didukung oleh DC dan Bullocks Tools.

Setelah SS13, Fastron World Rally Team melanjutkan perjuangannya di SS14 Santa Marina 1, yang memiliki jarak tempuh sejauh 26,51 km. Stage ini merupakan lintasan yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya, dengan lintasan aspal yang bervariasi.

Ada bagian lintasan yang cukup lebar dengan grip yang baik, tetapi ada juga bagian yang sempit, berliku, dan tidak rata khususnya di pertengahan stage. Rifat dan Scott finish dengan mencatat waktu 19 menit 12,1 detik di SS ini. Tidak menjadi yang tercepat di Rally Class, Rifat terpaut hanya 3,5 detik dari Ricardo Trivino, dan terpaut 33,4 detik dari Yuriy Protasov.

“Kami berusaha maksimal di hari terakhir Rally Spanyol ini, tetapi kami tidak mau sampai kebabalasan. Stage ini merupakan stage yang cukup berat untuk ban, dan kami masih akan mengulanginya. Kami memacu mobil agak hati-hati di stage ini untuk menjaga kondisi ban,” terang Rifat.

SS15 La Serra d´Almos 1 yang hanya memiliki jarak tempuh sejauh 4,11 km memiliki tipe lintasan yang sangat cepat, terutama di tiga kilometer pertama yang terdiri dari lintasan menurun dan datar, lalu memasuki kilometer terakhir dengan lintasan menanjak. Di stage yang cepat ini, Fastron World Rally Team berhasil finish dengan mencatat waktu 3 menit 13,8 detik.

“Di hari terakhir Rally Spanyol ini kami bertekad untuk finish di semua SS dan menyelesaikan Rally Spanyol dengan baik,” ujar Scott saat memasuki service park yang menandakan berakhirnya paruh awal hari terakhir Rally Spanyol.

Sampai dengan pertengahan hari terakhir Rally Spanyol, di kelas Rally Class, Yuriy Protasov tidak tergoyahkan di posisi teratas klasemen sementara, diikuti oleh Ricardo Trivino di tempat kedua, dan Rifat Sungkar di tempat ketiga.

Di kelas Manufaktur, Dani Sordo, pereli kawakan asal Spanyol, berhasil menjadi yang tercepat di 3 SS paruh awal hari terakhir Rally Spanyol. Namun, Sebastien Loeb berhasil memperkokoh kepempimpinannya di peringkat pertama klasmen sementara, diikuti oleh Jari-Matti Latvala di tempat kedua, dan Mikko Hirvonen di tempat ketiga.

Setelah dari service park, Fastron World Rally Team akan mengulang lintasan di Riudecanyes, Santa Marina dan La Serra d´Almos. Namun sedikit berbeda dari paruh awal, SS17 Santa Marina 2 yang memiliki jarak tempuh sejauh 26,51 km akan menjadi Power Stage.

Leave a Reply