Nicky Hayden Peragakan Proses Pembuatan “Shell Advance Lubricants”

image006

10 November 2012. Pengalaman MediaSL selama 5 hari (18-22 Oktober 2012) di Kuala Lumpur Malaysia, tidak hanya sekedar mengikuti acara Asia Ducati Week (ADW) 2012 dan nonton balap MotoGP 2012 Sepang, tetapi juga mengikuti pelajaran singkat bersama Shell. Salah satu pelajaran dari Shell adalah melihat simulasi atau demo bagaimana pelumas Shell Advance diciptakan.

Acara berlangsung usai Qualifiying MotoGP hari Sabtu sore, 20 Oktober 2012 di Pan Pacific Hotel KLIA. Hotel ini berada didalam kawasan KLIA (Kuala Lumpur International Airport) dan disinilan seluruh pembalap menginap selama mengikuti balapan di Sikuit Sepang. Panitia memilih lokasi acara demo Shell Advance di hotel yang jauh dari KL ini mengingat bintang tamu, pebalap Nicky Hayden menginap di hotel tersebut.

MediaSL bersama sejumlah rekan-rekan journalis dari kawasan Asia Pacific yang berjumlah sekitar 20 orang hadir di dalam ruangan meeting Pan Pacific Hotel KLIA. Tak lama kemudian sosok pebalap Nicky Hayden masuk kedalam ruangan. Acara dibuka dan dipandu oleh Leo Kin Mun dengan jabatan Shell Global Motorcycle Oil Technology Manager Project & Technology.

Leo menjelaskan bagaimana Shell Advance Lubricants (pelumas) sebenarnya diciptakan melalui beberapa ramuan. Hal ini di ibaratkan ketika kita memesan minuman fruit coctails yang lebih dulu dipilih buah-buahan, kemudian diramu dan dicampur dengan beberapa komposisi bumbu. Setelah itu diaduk, serta menggunakan mesin mixer agar campuran menjadi merata. Setelah itu, fruit cocktail siap disuguhkan untuk di minum.

Proses pembuatan fruit cocktails ini menjadi bahan simulasi atau demo, yang dipegarakan di hadapan para journalist. Dalam suasana santai, Leo menjelaskan satu persatu proses pembuatannya, sedangkan Nicky pemilik nomor balap 69 ini menjadi bintang tamu untuk melakukan setiap tahapan proses pembuatan fruit cocktail tersebut.

Nicky asal Texas ini dibantu oleh dua orang Shell Scientist yang di datangkan langsung dari kantor pusat Shell di London Inggris. Agar proses berjalan dengan aman dan lancar, maka Nicky menggunakan safety goggle (kaca mata pelindung) dan rubber glove (sarung tangan karet). Pada bagian akhir, hasil olahan dari fruit cocktails tersebut akhirnya siap untuk dimimum.

Singkat cerita, proses dari pada pembuatan fruit cocktails tersebut merupakan gambaran umum dari pada pembuatan pelumas Shell Advance. Prosesnya diawali dengan pemilihan bahan baku material pelumas yang baik dan berkualitas, kemudian diramu, dicampur, dan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Shell Advance dalam proses pembuatan pelumas menggunakan beberapa tenaga ahli, bahkan untuk proses pengujian dilakukan berkali-kali, hingga memiliki kerjasama teknis (technical partnership) dengan Ducati MotoGP selama 10 tahun lebih. Adapun pebalap Nicky Hayden dan Valentino Rossi adalah pebalap Ducati musim MotoGP 2012 dimana keduanya menggunakan pelumas Shell Advance.

Leave a Reply