Rifat Sungkar Sementara Memimpin di Rally Class Spanyol

10 November 2012. Fastron World Rally Team telah memulai pertarungannya di Rally Spanyol hari ini. Setelah menyelesaikan 3 Special Stage di hari pertama Jumat (9/11/12), Rifat Sungkar dan Scott Beckwtith, sementara memimpin kelas Rally Class Spanyol.

Rifat memimpin dengan catatan waktu 1 jam 2 menit dan 17,9 detik, diikuti dengan ketat oleh Yuriy Protasov, dengan catatan waktu 1 jam 2 menit 29, 5 detik, dan di tempat ketiga adalah pereli Meksiko, Ricardo Trivino, dengan catatan waktu 1 jam 3 menit 31,3 detik.

Di hari pertama ini, seluruh peserta Rally Spanyol, termasuk Fastron World Rally Team, dijadwalkan untuk bertarung di 6 Special Stage; SS1 Gandesa, SS2/4 Pesells, SS3/5 Terra Alta, dan ditutup dengan SS6 Salou. Pagi ini, Rifat Sungkar, bersama Scott Beckwith sebagai navigator, mengawali perjuangannya di Rally Spanyol di SS1 Gandesa, lintasan pendek sejauh 7 km. Stage ini diawali dengan lintasan aspal lalu disambung dengan lintasan gravel yang menuruni bukit, dengan tikungan-tikungan yang sangat tajam.

Di saat Rifat dan Scott akan start SS1, hujan deras mengguyur lintasan. Hal ini menambah tantangan bagi pereli andalan Indonesia ini, untuk menaklukan lintasan, karena lintasan menjadi semakin licin, dan juga jarak pandang menjadi terbatas.

“Kami memulai SS1 dengan baik. Walaupun lintasan menjadi semakin licin dan berbahaya, kami berhasil tetap fokus dan percaya diri. Alhamdulillah, kami berhasil finish tanpa ada masalah,” ujar Rifat. Fastron World Rally Team menyelesaikan SS1 Gandesa, dengan catatan waktu 5 menit 35,6 detik, unggul atas Trivino dan hanya terpaut 0,4 detik dari Protasov dari Ukraina.

Memasuki SS2 Pessels 1, hujan mengguyur semakin deras. Akibatnya, di special stage sejauh 26,59 km ini, Rifat terpaksa harus sangat berhati-hati dalam mengendarai mobilnya. Akibatnya, catatan waktunya yang 19 menit, 43,4 detik berhasil dilampaui oleh Protasov, yang mencatatkan waktu 19 menit 6,5 detik.

Sementara itu, keberuntungan tidak berpihak kepada beberapa pereli lain yang terpaksa harus terhenti di SS2 ini. Peter Solberg dan Thierry Neuville termasuk diantaranya. Kendaraan mereka menabrak batu, dan rusak. Selain itu ada Jari-Mati Latvala, yang sempat menjadi yang tercepat di SS1, kendaraannya tergelincir dan harus rela kehilangan waktu 7 detik.

“Hujan deras benar-benar mempersulit stage kedua ini, tetapi di special stage berikutnya, kami harus lebih berhati-hati dan berkonsentrasi penuh, karena tantangan terberatnya adalah panjangnya lintasan yang sejauh 44,02 km,” kata Scott Beckwith.

DI SS3 Terra Alta 1, selain tantangan hujan dan panjangnya lintasan, tipe lintasan yang berubah-ubah antara aspal dan gravel juga patut diperhitungkan. Ada pula bagian-bagian lintasan yang lebar dan berubah menjadi sempit, dan juga lintasan berlumpur yang lalu berubah menjadi lintasan kerikil yang licin. Selain semua hal di atas, ada satu hal lagi yang membuat tingkat kesulitan SS3 semakin bertambah.

“Akibat dari hujan deras, muncul kabut tebal yang menghadang kami di SS3. Ini sangat menyulitkan,” kata Rifat. Namun Fastron World Rally Team berhasil menyelesaikan SS3 ini dengan catatan waktu 36 menit 58,9 detik. Dengan catatan waktu yang dibukukan Rifat dan Scott tersebut, untuk sementara mereka menjadi yang tercepat di kelas Rally Class.

Setelah menyelesaikan SS3, Fastron World Rally Team memasuki service park di PortAventura yang menandakan berakhirnya paruh awal hari pertama Rally Spanyol. Setelah dari service park, Fastron World Rally Team akan mengulang lintasan di Pessels dan Terra Alta, lalu menutup hari pertama hari pertama Rally Spanyol di special stage terpendek, SS 6 Salou, sejauh hanya 2 km.

One thought on “Rifat Sungkar Sementara Memimpin di Rally Class Spanyol

  1. Rifat keren bagetz, semoga di sesi selanjutnya rifat bisa keluar sebagai the ‘WINNER’, Tetap semangat dan jgan lupa selalu berdoa dan berikan yg terbaik untuk Indonesia.Sukses ya
    !!

Leave a Reply