HUT Ke-5 Proton Club Indonesia & Jambore Proton Club Asia Tenggara

image006

9 November 2012. Proton Club Indonesia (PCI) merayakan ulang tahun yang ke-5 pada hari Sabtu, 3 November 2012 di Mutiara Carita Resort, Carita, Banten. Bersamaan dengan ulang tahun PCI juga hadir sub-club dari PCI yaitu Exora Owners Club Indonesia (EOCI) yang juga berulang tahun yang ke-2, Gen2 Indonesia Car Community (GICC), The Persona Club Indonesia (TPCI) serta klub terbaru khusus pengguna Savvy yaitu SAVVIERI.

Pengabungan dari ulang tahun PCI serta Sub-club EOCI karena bertepatan jatuh pada tanggal yang berdekatan dan demi rasa kekeluargaan yang besar maka direncanakan diadakan perayaan bersama.

Perayaan ulang tahun ke-5 PCI beserta sub-clubnya dihadiri oleh anggota club PROTON sebanyak 225 orang dewasa, 54anak-anak dan 13 balita dengan jumlah kendaraan PROTON dari berbagai jenis sebanyak 77 kendaraan dengan berjalan konvoi dari Parkir Timur Senayan, Jakarta menuju Mutiara Carita Resort, Carita yang berjarak sekitar 135km sebelah Barat Jakarta melalui Jalan Tol Jakarta – Merak serta melalui jalanan propinsi yang berpemandangan indah di propinsi Banten.

“Ini adalah salah satu konvoi terbesar yang dilakukan PCI keluar kota Jakarta, dan bersama ini dapat kita lihat kekompakan dan kekeluargaan yang besar dari para pengguna PROTON yang tergabung dalam komunitas PROTON,” ungkap Iwan Eka Nugraha, President Proton Club Indonesia.

“Salah satu -kebanggaan kami adalah hadirnya tamu-tamu kehormatan dari klub PROTON di Malaysia dan Singapura.” tambah Iwan.

Acara ulang tahun PCI yang ke-5 mengundang klub mitra dari Malaysia dan Singapura dan turut hadir ada sekitar 38 peserta asal Malaysia dan Singapura yang berasal dari Exora Owners Club Malaysia (EOCM), The Persona Car Club (TPCC), Waja Performance Club Malaysia (WPCM) serta Savvy Owners Club Malaysia (SAVOC).

Keikutsertaan dari klub luar Indonesia adalah dalam rangka kunjungan balasan yang senantiasa dilakukan PCI bila ada undangan dari mereka untuk menghadiri acara ulang tahun yang bersangkutan. Salah satu kunjungan adalah pada saat ulang tahun Exora Owners Club Malaysia (EOCM) yang ke-3 yang dihadiri oleh sedikitnya 20 anggota Exora Owners Club Indonesia (EOCI) dan dilakukan konvoi sebanyak 208 PROTON Exora dari Center of Excellence, Shah Alam ke Gold Coast Morib, Malaysia.

Acara touring terpanjang yang dilaksanakan PCI di Malaysia adalah pada saat mengikuti Proton Ambassador Escpade (PAE2012) dari Kuala Lumpur ke Phuket, Thailand melalui jalur darat yang memakan waktu sekitar 5 hari dan dihadiri 18 anggota PCI. Acara ke Phuket diorganisir oleh Waja Performance Club Malaysia (WPCM) dan didukung oleh Proton Holdings. Keberangkatan delegasi Indonesia pun mendapat sokongan penuh dari PT PROTON Edar Indonesia (PEI).

Dukungan penuh dari prinsipal kepada komunitas merupakan salah satu bentuk keterlibatan dengan pemangku kepentingan dimana komunitas merupakan pemangku kepentingan utama yaitu Customer sehingga perbaikan layanan maupun tingkat kepuasan pelanggan dapat diukur dengan lebih detail bagi prinsipal sepert PROTON

“Kami meyakini bahwa dukungan yang diberikan menunjukkan bentuk komitmen kami untuk senantiasa memberikan yang terbaikkepada pemangku kepentingan kami yang utama yaitu para pelanggan, yang dalam hal ini tergabung dalam Proton Club Indonesia (PCI),” seperti diungkap Gunther Scherz, Presiden Direktur PT PROTON Edar Indonesia.

Dengan adanya dukungan secara langsung dari prinsipal semakin meningkatkan kepercayaan konsumen Indonesia terhadap produk PROTON itu sendiri. Hal ini terlihat dari semakin meningkatnya pendaftaran keanggotaan dari pengguna PROTON ke dalam club terutama Exora Owners Club Indonesia (EOCI) yang hingga saat ini mempunyai 131 anggota, dan ini adalah peningkatan sebesar 300% dari tahun sebelumnya yang terdaftar sedikitnya 40 anggota.

Didalam social media seperti Facebook dan Twitter yang dimiliki EOCI juga mulai terlihat peningkatan lalu lintas komunikasi terutama dari calon pengguna PROTON Exora yang menginginkan informasi yang lebih detail terutama dari segi pengguna perihal kendaraan tersebut.

Acara hari ulang tahun ke-5 PCI didukung sepenuhnya oleh pihak PT PROTON Edar Indonesia selaku prinsipal, PT Gajah Tunggal, Tbk yang kini merupakan Original Equipment Manufacturer (OEM) ban bagi pihak PROTON, serta produsen pelumas asal Malaysia yaitu PETRONAS.

Selain acara ulang tahun PCI maka diadakan juga Bakti Sosial kepada Yayasan Al Ta’aruf Wal Manaqid oleh anggota club PCI yang diharapkan dapat digunakan oleh anak yatim piatu dengan baik. Ini merupakan salah satu bentuk dari Organizational Social Responsibility selain dari kegiatan OSR/CSR yang dilakukan tahun lalu di Sagalaherang, Subang, Jawa Barat berupa pemberian bibit lele dan pohon jati untuk peningkatan kewirausahaan Yayasan Yatim Piatu Jabal Thoriq.

Tentang PROTON Club Indonesia (PCI)

Proton Club Indonesia didirikan pada tanggal 22 September2007 seiring dengan dibukanya dealer pertama PROTON di Indonesia. Jumlah anggota pada saat itu masih sedikit sehingga wadah PCI masih digunakan sebagai payung utama komunitas pengguna PROTON. Pengguna kendaraan utama adalah Savvy, Gen2 dan Waja. Ada sekitar 180 anggota yang terdaftar.

Sejak mulai diperkenalkan MPV pertama PROTON di Indonesia yaitu Exora di Indonesia International Motors Show (IIMS) pada tahun 2009 dan semakin banyak pengguna Exora maka diputuskan untuk membuat sub-club demi kemudahan berkoordinasi antara tipe PROTON sehingga pada 12 Oktober 2010 dibentuk Exora Owners Club Indonesia (EOCI) dan mempunyai 131 anggota aktif dan terdaftar.

Gen2 Indonesia Car Community pada tanggal 4 December 2010 karena cukup banyak yang menggunakan Gen2dan mempunyai kurang lebih 40 anggota terdaftar serta The Persona Club Indonesia pada tanggal 14 Agustus 2011 bagi pengguna PROTON Gen2 Persona. Yang mempunyai 32 anggota aktif terdaftar.

Mulai 19 Agustus 2012 maka dibentuk sub-club terbaru yaitu SAVIERRI atau Savvy Owners Republic Indonesia yang berisi pengguna PROTON Savvy dan sudah mempunyai 35 anggota.

Leave a Reply