Sekilas Spec Proton Exora Bold dan Exora Prime

8 November 2012. Proton Exora Bold H-Line dan Proton Exora Prime yang baru saja diluncurkan di Showroom PROTON PONDOK INDAH, Jl. Sultan Iskandar Muda No. 89, Arteri Pondok Indah Jakarta Selatan, tadi siang (Kamis, 8/11/12), pernah diuji coba oleh MediaSL bulan Juli 2012 yang lalu di Sirkuit Proton Shah Alama, Malaysia.

Kedua varian tersebut adalah unit Multi Purpose Vehicle (MPV) yang sudah populer di negara asalnya Malaysi, dan juga Indonesia. Bahkan kendaraan ini juga sudah beredar di negara-negara Eropa dan Australia.

Exora Bold dan Prime memiliki mesin Campro Turbo dengan konfigurasi empat silinder DOHC (Double Overhead Camshaft) 16 katup dan dilengkapi dengan Variable Valve Timing pada intake serta intercooled light pressure turbocharger, dapat menghasilkan tenaga hingga 103kW(138hp) pada putaran 5000rpm dengan torsi maksimum sebesar 205Nm pada 2000-4000rpm.

Mesin dilengkapi dengan transmisi CVT yang memiliki kemampuan memilih rasio yang tepat dan sesuai dengan segala kondisi mengemudi dan memungkinkan Exora Bold dan Prime memiliki efisiensi bahan bakar yang baik serta akselerasi tanpa hentakan yang dikenal sebagai akselerasi ‘stepless’.

Exora Prime mempunyai fitur-fitur tambahan. Berupa desain bumper depan dan belakang yang baru dengan tampilan yang lebih dinamis dan sporty; electric folding door mirrors untuk memudahkan pada saat memasuki jalan atau parkir yang sempit; rear disc brakes untuk kemampuan berhenti yang lebih optimal; blacked-out headlamps; smoked rear combi lights; 16” inch gold-finished alloy wheels; a rear garnish finishing dan kini tersedia dalam warna baru yakni Absolute Brown.

Exora Bold juga memilki desain bumper depan dan belakang yang baru dan meningkatkan tampilan sporty dan dinamis tanpa meninggalkan kesan elegan; electric folding door mirrors; rear disc brakes.

Desain interior pada Exora Bold memiliki desain sporty dalam bentuk jok kulit kombinasi dual-tone dengan warna silver pada gear panel, air-conditioning dan handle pintu bagian dalam. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan kamera mundur yang dapat menampilkan keadaan bagian belakang kendaraan pada layar LCD, yang terintegrasi pada kaca spion tengah.

Baik Exora Bold dan Exora Prime dilengkapi dengan fitur keselamatan sebagai standar yaitu rem Anti Lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake Force Distribution (EBD) serta Dual Airbags untuk pengemudi dan penumpang. Ditambah dengan pengendalian khas PROTON berupa Lotus Ride and Handling yang memberikan kemampuan pengendalian, stabilitas dan respon yang baik pada kedua varian Exora tersebut.

VIDEO (Test Drive Proton Exora Bold & Preve di Shah Alam Malaysia)

ALBUM PHOTO

Leave a Reply