AHM Raih Penghargaan sebagai Pemimpin Pasar Sepeda Motor Selama 40 Tahun

8 November 2012. PT Astra Honda Motor (AHM) dikukuhkan sebagai pemimpin pasar sepeda motor dengan populasi terbanyak selama 40 Tahun di Indonesia dalam ajang penganugrahan apresiasi dan pengakuan prestasi Rekor Bisnis (ReBi) 8. Penyerahan penghargaan dilakukan di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta (07/11).

ReBi yang digelar oleh Harian Seputar Indonesia bersama TERA Foundation memberikan apresiasi
kepada perusahaan yang melalukan terobosan untuk kemajuan di dunia bisnis dan merubah wajah dunia bisnis Indonesia ke arah yang semakin baik, serta memberikan banyak akses kemudahan bagi konsumen dan masyarakat.

Head of Corporate Communication AHM Kristanto mengatakan penghargaan ini merupakan salah satu hasil kerja keras berbagai kalangan yang mendukung Honda selama 40 tahun berkiprah di industri sepeda motor di Indonesia. Dalam kurun waktu yang panjang ini, AHM selalu berkomitmen meningkatkan kualitas produk dan layanan terbaiknya untuk Tanah Air.

“Pencapaian luar biasa ini merupakan bentuk nyata dari dukungan dan loyalitas para pecinta sepeda motor Honda di Indonesia, jajaran manajemen, supplier, karyawan, jaringan Main Dealer, media massa, dan stakeholder lain yang telah mendukung kami.”

Honda memulai produksinya pertama kali di Indonesia pada tahun 1971 dengan meluncurkan tipe Honda S 90 Z bermesin 4 tak berkapasitas 90cc. Jumlah produksi pada tahun pertama selama satu
tahun hanya sekitar 1500 unit, namun melonjak menjadi sekitar 40 ribu unit pada tahun berikutnya dan terus berkembang hingga saat ini. Sepeda motor terus berkembang dan menjadi salah satu moda transportasi andalan di Indonesia.

Berdasarkan data penjualan perusahaan, sejak Honda hadir pada tahun 1971 sampai pada akhir  bulan lalu, sebanyak lebih dari 36 juta unit sepeda motor Honda berhasil menemani konsumen Tanah Air. Keberhasilan ini diikuti dengan pencapaian Honda sebagai Raja Bebek dan Raja Skutik seiring dengan tercatatnya bebek Honda dan skutik Honda sebagai pemimpin pasar di segmennya masing.

Pada periode Januari-Oktober 2012, AHM mencatatkan penjualan sepeda motor Honda sebanyak 3,4 juta unit dengan pangsa pasar 57%. Posisi Raja Bebek tetap dipertahankan dengan pasar lebih dari 50%. Posisi Raja Skutik pun tetap menjadi milik Honda dengan pencapaian pangsa pasar 67%.

Sementara itu, sepanjang bulan lalu, sepeda motor Honda telah terjual 344.335 unit. Pencapaian ini
ditunjang oleh tingginya lonjakan permintaan terhadap Honda BeAT series yang terjual 134.530 unit atau melonjak 29% dari penjualan bulan yang sama tahun lalu sebesar 104.284 unit.

Kontribusi Kepada Bangsa

Sejalan dengan kiprahnya di industri sepeda motor di Indonesia, AHM telah memberikan sumbangan besar terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, baik melalui penciptaan lapangan kerja dan investasi yang ditanamkan maupun dengan kontribusi pembayaran pajak. Saat ini, AHM memiliki 3 pabrik perakitan dengan kapasitas produksi mencapai 4,2 juta unit pert tahun. Di 3 lokasi pabrik ini, AHM  menyerap lebih dari 18.000 karyawan.

Di sisi hilir industri sepeda motor, hingga Oktober 2012, AHM memiliki sekitar 1.785 dealer, 3.666
jaringan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Statiion (AHASS) , 7381 toko suku cadang, termasuk Honda Exclusive Part Shop (HEPS). AHM pun juga memiliki sekitar 10.000 bengkel binaan di seluruh Indonesia.

Di level hulu industri sepeda motor, dengan kandungan lokal komponen sepeda motor Honda yang
mencapai sekitar 98%, AHM berkomitmen menyerap sebanyak mungkin komponen produksi dalam negeri dan secara tidak langsung berpartisipasi dalam upaya penciptaan lapangan kerja dari sekitarc142 perusahaan supplier AHM.

“Secara keseluruhan AHM, dealer, AHASS, toko suku cadang dan perusahaan terkait lainnya memiliki lebih dari seperempat juta pekerja. Jika dihitung dengan anggota keluarga yang ditanggung setiap pekerja, yang terkait langsung maupun tidak langsung, jumlahnya bisa mencapai 1 juta orang,” katanya.

5 thoughts on “AHM Raih Penghargaan sebagai Pemimpin Pasar Sepeda Motor Selama 40 Tahun

  1. congrats buat AHM

  2. selamat buat AHM 40 tahun memimpin penjualan motor di tanah air..

  3. congrats untuk AHM smga bisa terus memimpin pasar..

  4. Congrates ya buat AHM pencapaian yang tidak mudah pastinya ditengah persaingan yag semakin banyak, tapi AHM bisa membuktikan eksistensinya sampai sekarang. salut deh buat AHM..

  5. WOW.. Pemimpin pasar selama 40 tahun euy…. Manteb tenaaan reek….
    Berarti selama 40 tahun belum ada yg nyaingin dong yaa..
    Keliatan juga bahwa kebanyakan konsumen lebih memilih Honda dalam membeli sepeda motor…Hmmm
    Honda memang the best deh.. tak terkalahkan…. ;)
    Tetap dipertahankan yaa HONDA… Salam One HEART.. :)

Leave a Reply