Ratusan Honda Vario Hadiri Jambore PVN Ke-3 di Malang

7 November 2012. Ratusan biker dari klub dan pecinta Honda Vario dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul di Kota Malang menghadiri Jambore Nasional Paguyuban Vario Nusantara (PVN) ke-3. Tak hanya gathering, mereka juga melakukan aksi penghijauan dengan menanam pohon di Kota Apel ini yang sukses dilaksanakan di Lapangan Dispora Batu, Malang pada 3 November 2012.

Acara yang didukung sepenuhnya oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dan PT Mitra Pinastika Mustika (MPM) Main Dealer Honda wilayah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur. Tahun 2012 ini merupakan penyelenggaraan ke-tiga Jambore Nasional PVN. Sebelumnya, Jambore nasional I dilakukan di Kota Metro, Lampung pada tahun 2010 yang kemudian diikuti dengan Jambore Nasional II PVN di Mataram, Lombok.

Ratusan biker pecinta Vario datang ke Malang dari berbagai penjuru Tanah Air. Setidaknya penyelenggara mencatat sebanyak 71 klub 612 bikers telah mendaftarkan diri untuk mengikuti acara akbar ini. Klub tersebut antara lain: HVOC Lombok, H-VRC (Honda Vario Rider Club) Bandung , HVC (Honda Vario Club) All Chapter, Javacomm (Yogyakarta Vario Community), HVOC-T (Honda Vario Owner Club Tasikmalaya), VOCS (Vario Owner Club Sukabumi), CHVC (Ciamis Honda Vario Community), VRB (Vario Rider Bogor) , VOC (Vario Owner Club) Malang, BVC (Balikpapan Vario Community), VMAC’S (Vario Matic Club Solo), dan VCS (Vario Club Surabaya).

ARVC (Automatic Riders Vario Club) Cirebon

Selain itu klub Honda Vario lain yang bergabung Jambore kali ini adalah VOC Klaten, HVS Honda Vario Semarang, D’javoe Jogjakarta, NVM Next Vario Malang, TVC Trenggalek Vario Club, BAVAS Banjar, VTOC Tegal, VACTA Tangerang, VIP Vario Independent Ponorogo, MVP Purwodadi, VANILA Boyolali, VBC Vario Banjarsari Club, VRC Banten, VOC Tangerang, CVC Ciputat, ARVC (Automatic Riders Vario Club Cirebon), dan VIS Vario Independent Serang.

Tak ketinggalan klub Vario dari luar Jawa juga ikut dalam gathering akbar ini antara lain VBC Vario Bali Club, Viber Vario Bali Rider, Vanatic Medan, HVCL Honda Vario Club Lampung, IVC I’m Vario Club Bengkulu, VCB Bima,Virgin Vario Club Jambi, NTT, BVC Bontang, dan Vario Mahakam, serta masih banyak lagi club Vario lainnya.

General Manager Honda Customer Care Center (HC3) AHM Istiyani Susriyati, mengatakan Jambore Nasional Paguyuban Vario Nusantara merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar untuk memberikan sarana saling berinteraksi dan berkomunikasi antar komunitas pecinta Honda Vario maupun konsumen Honda secara umum. Acara ini merupakan salah satu bentuk apresiasi AHM terhadap konsumen Honda, terutama mereka yang menyatukan diri dalam sebuah komunitas atau klub pecinta motor Honda Vario.

Dengan kegiatan semacam ini, komitmen AHM untuk menemani konsumen dapat terus berlangsung sehingga tidak hanya terhenti pada saat konsumen membeli motor, tapi juga saat mereka berkumpul dan menggalang kebersamaan dalam wadah komunitas.

“Kami yakin kegiatan ini dapat menjadi momen yang sangat berarti untuk menciptakan persaudaraan dan kebersamaan bagi para pecinta Honda Vario atau pun club serta pemilik motor lain yang juga menghadiri acara ini,” ujarnya.

Dipusatkan di Lapangan Dispora, Batu, Malang, panitia Jambore Nasional PVN ketiga ini telah menyiapkan beragam fun game dan team work yang dapat diikuti peserta seperti: Crazy Ball, Bos Berkata, Hand Simulation, Penebang dan Rubah, Grouping, Buldozer, Maze, Bebegig, dan Hola Hop Games. Mereka juga dihibur dengan performa musik yang meramaikan panggung utama acara ini.

Memasuki sore hari, secara simbolik peserta Jambore Nasional PVN ini menanam sekitar 100 pohon di Lapangan Dispora, Batu. Setelah itu mereka melakukan rolling city di Batu dan Malang sebelum akhirnya mengikuti puncak acara ceremony yang dilangsungkan pada malam harinya, termasuk menyanyikan lagu Inonesia Raya, pembacaan ikrar bikers Honda dan pemberian penghargaan kepada peserta klub yang hadir pada jambore kali ini.

“Kami berharap kegiatan penanaman pohon ini akan menginspirasi anggota klub untuk terus mencintai lingkungan dan menyebarkan pesan positif ini pada teman-temannya saat kembali ke daerah,” harap Istiyani.

Honda Vario sendiri dikenal sebagai produk skutik pertama AHM yang dilaunching pertama kali pada 2006. Kehadirannya disambut baik oleh konsumen karena desainya yang menarik dan sarat dengan fitur safety yang tidak dimiliki ATPM lain, seperti Tuas Pengunci Rem (parking brake lock ) yang berfungsi sebagai rem tangan serta fitur Standar Samping Otomatis (side stand switch) yang membuat mesin tidak dapat dinyalakan saat standar samping dalam posisi turun.

Pada bulan Maret 2012, AHM merilis varian terbaru yaitu Honda Vario Techno 125 PGM-FI yang dipasarkan dengan harga (on the road Jakarta) Rp15,9 juta untuk varian yang mengunakan sistem pengereman combi brake system dan Rp15,1 juta untuk varian standard. Model ini dibekali mesin 125cc-PGM-FI dan dilengkapi dengan teknologi matik terbaru Honda yang dikembangkan secara global, yaitu eSP (Enhanced Smart Power).

Teknologi ini memberikan performa terbaik (200 meter hanya ditempuh dalam waktu 12,8 detik), konsumsi BBM 30% lebih hemat dibandingkan dengan Vario sebelumnya (52,1 km/liter dengan menggunakan metode pengukuran ECE R40), dan emisi gas buangnya dapat ditekan jauh lebih drastis.

Total penjualan Honda Vario series nya sejak pertama kali diperkenalkan tahun 2006 hingga Oktober 2012 sudah mencapai 3,6 juta unit. Bahkan untuk varian terbarunya tahun ini yaitu Honda Vario Techno 125 PGM-FI CBS meraih dua penghargaan motor terbaik yaitu Bike of The Year 2012 dari Tabloid Motor Plus dan Motorcycle of The Year 2012 dari Forum Wartawan Otomotif Indonesia pada ajang Jakarta Motorcycle Show 2012 yang berlangsung 31 Oktober-4 November.

Sumber Photo (ARVC Automatic Riders Vario Club Cirebon)

7 thoughts on “Ratusan Honda Vario Hadiri Jambore PVN Ke-3 di Malang

  1. semoga makin erat tali persaudaraan antar sesama bikers, khusus nya honda vario. keep brotherhood satu hati

  2. Kompak selalu bro, salam satu hati untuk semua pecinta honda vario

  3. Tetep kompak buat Klub Honda Vario…. Salam Satu HATI.. Salam brotherhood.. :)

  4. Keren Club Honda.. semoga dengan adanya acara PVN ini bisa mempererat tali silaturahmi antar sesama pengguna Vario se Indonesia, walaupun berbeda nama club tetapi tetap bersatu..

Leave a Reply