Seribu Tikungan Berbahaya Menanti Rifat di Spanyol

7 November 2012. Detik-detik menuju pertarungan akhir WRC 2012 semakin dekat, dan Fastron World Rally Team mengusahakan persiapan yang maksimal untuk menghadapi RallyRACC-Rally de Espana yang akan dimulai secara resmi pada hari Kamis (8/11) minggu ini.

Sebagai salah satu persiapannya, Rifat Sungkar, bersama Scott Beckwith sebagai navigator, telah menyelesaikan survey lintasan atau recee kemarin (6/11) di lima lintasan; SS1 Gandesa, SS2/4 Pesells, SS3/5 Terra Alta, SS14/17 Santa Marina, SS15/18 Serra d’Almos.

Gandesa, Pesells, dan Terra Alta merupakan lintasan yang akan dilalui oleh Fastron World Rally Team di hari pertama Rally Spanyol, dibuka dengan SS1 Gandesa, dengan panjang lintasan sejauh 7 km yang sepenuhnya bertipa gravel, dan disambung dengan SS2/4 Pesells dan SS3/5 Terra Alta yang merupakan lintasan campuran antara gravel dan aspal.

“Hari pertama Rally Spanyol akan sangat menantang, bukan hanya karena sekedar tipe lintasan campuran antara gravel dan aspal. SS3/5 Terra Alta merupakan salah satu lintasan gravel terpanjang di musim ini, dengan jarak tempuh sejauh 44,02 km. Selain jaraknya yang panjang, lintasan di stage ini juga bertipe high speed dan licin karena kerikil-kerikil, ditambah dengan lintasan yang tidak terlalu lebar,” terang Rifat Sungkar.

“Selanjutnya, SS1 Gandesa, adalah lintasan gravel sepanjang 7 km, sedangkan SS2/4 Pesells merupakan lintasan gravel-aspal sepanjang 26,59 km. Dua stage ini juga merupakan lintasan berkecepatan tinggi, sangat licin dan banyak sekali crest atau gundukan, sehingga menyebabkan jalanan di depannya tidak terlihat. Kita harus hati-hati agar tidak sampai keluar lintasan karena di pinggir jalan penuh dengan bebatuan,” tambah Scott Beckwith, navigator Fastron World Rally Team.

“Tetapi yang akan sangat perlu diperhatikan adalah stage Santa Marina dan stage Serra d’Almos yang akan kita jalani pada hari ketiga. Stage Serra d’Almos hanya berjarak 4 km, tetapi bisa dibilang tidak ada lintasan lurusnya, melainkan penuh dengan tikungan-tikungan. Demikian juga dengan stage Santa Marina yang berjarak 26,51 km. Seluruhnya lintasan aspal, tetapi dengan tikungan yang sangat banyak dan berbahaya. Mungkin kalau dihitung ada lebih dari 1000 jumlah tikungannya,” kata Rifat sesaat setelah menyelesaikan survey sambil sedikit berseloroh melepaskan penat.

Di hari ketiga, selain SS 14/17 Santa Marina dan SS 15/18 Serra d’Almos, para pereli juga akan bertarung di SS 13/16 Riudecanyes sepanjang 16,35 km.

“Hasil survey hari ini cukup memuaskan. Dari hasil tersebut kami memperkirakan bahwa pertarungan kali ini akan sangat menantang dan berbahaya. Tim mekanik akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyiapkan kendaraan, dan kami yakin, Rifat dan Scott juga sudah menyiapkan strategi khusus untuk dapat menyelesaikan Rally Spanyol ini dengan hasil yang maksimal,” kata M. Indra Prasetyo, tim manager Fastron World Rally Team.

“Rally Spanyol ini adalah seri penutup dari rangkaian WRC tahun 2012. Saya yakin semua pereli akan berusaha melakukan yang terbaik. Demikian juga saya dan Scott bersama Fastron World Rally Team, yang juga didukung oleh Bullocks Tool dan DC. akan berusaha menutup tahun 2012 dengan hasil yang maksimal,” kata Rifat Sungkar.

Hari ini (7/11), Fastron World Rally Team akan melanjutkan survey lintasan atau recee hari kedua di El Priorat, Riba-roja d’Ebre, La Mussara, Riudecanyes, dan Salou. Selain recee hari kedua, Fastron World Rally Team juga akan menjalani proses scrutineering. Setiap bagian dan aspek kendaraan dan peralatan dan perlengkapan peserta akan melalui pemeriksaaan yang ketat untuk dipastikan apakah lolos standard kualifikasi dan aturan yang berlaku yang telah ditetapkan.

Leave a Reply