Rafid Topan Turun di Balapan Moto2 Valencia

image006

6 November 2012. “Moto2: Indonesian rider to replace Anthony West” demikian kutipan judul dari berita Crash.Net. kalimat pertama tertulis, “Indonesian rider Rafid Topan Sucipto is to replace Anthony West at the QMMF (Speed Up) team for this weekend’s Valencia season finale.” Ya, tentu saja ini berita menggembirakan dimana pebalap Yamaha Indonesia terpilih ikut balapan Moto2 pada seri terakhir di Valencia, Spanyol pada hari Minggu, 8/11/12.

Singkat kata, ini adalah kesempatan bagi pembalap muda Rafid Topan Sucipto (18 tahun) untuk menjajal balapan kelas Moto2 mengisi tim QMMF Racing Team, dimana pebalap Anthony West telah terbukti menggunakan doping dan mendapat sanksi larangan turun balapan selama 30 hari.

West dinyatakan terbukti bersalah setelah FIM menerima hasil pemeriksaan urine dan terbukti positif menggunakan zat Methylhexanamine pasca turun di GP Prancis pada Mei lalu dan QMMF (Qatar Motor & Motorcycle Federation) memutuskan untuk menunjuk pebalap Indonesia dan menggantikan Anthony West di GP Valencia.

Rafid Topan sendiri memang belum penah memiliki pengalaman di balapan kelas Moto2, ia turun di balapan Asia Road Racing Championship (ARRC) Kelas Supersport 600cc bersama tim Yamaha Indoprom TJM Yamalube KYT Team dan saat ini menempati posisi ke-16 di kelasemen. Selain itu, ia juga pernah sebagai juara Underbone ARRC 2011 dan masih banyak lagi prestasinya di Tanah Air.

Rafid Topan telah berangkat ke Valencia Spanyol dan siap berlaga di ajang kelas dunia Moto2 yang akan tampil pada akhir pekan. Kesempatan ini merupakan kesempatan emas bagi Rafid Topan untuk menimba pengalaman demi peningkatan prestasi karirnya di kancah olahraga balap motor. Semoga kelak nama Indonesia akan berkibar dalam ajang balapan Moto2 dan MotoGP.

Sumber Photo: Photo #1 dan Photo #2

Leave a Reply