Jakarta Motorcycle Show 2012, Surga Bagi Bikers

2 November 2012. Memasuki hari ke-tiga penyelenggaraan JMCS, antusiasme para pecinta otomotif untuk menghadiri pameran Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2012 yang digelar di JCC semakin terlihat. Pengunjung yang ingin melihat produk-produk motor terbaru memadati area pameran. Selain itu, antrian di loket pembelian tiket juga tampak mengular semakin panjang.

Sebagai hiburan pengunjung yang baru memasuki area JCC bisa menikmati deretan motor skuter matik yang telah dimodifikasi yang merupakan bagian dari Skubek Contezt 2012. Lebih dari 20 motor dipajang di area ini. Kontes motor modifikasi ini dibagi menjadi dua kelas yaitu Fashion Standard dan Fashion Advance.

Sebagian besar motor ini sudah tidak memperlihatkan bentuk asli. Warna-warna cerah mendominasi tampilan motor-motor hasil modifikasi ini yang tentu mengundang pengunjung untuk melihat lebih dekat tampilan motor-motor ini yang digelar hingga penutupan JMCS pada Minggu (04/11) nanti.

Di area pameran, pengunjung bisa menikmati lebih banyak lagi motor-motor modifikasi baik dari APM anggota AISI maupun non-anggota. Yamaha memajang motor V-Ixion terbaru yang telah dimodifikasi yang didatangkan langsung dari Jepang.

Yamaha New V-Ixion sendiri baru diperkenalkan pada pembukaan pameran JMCS Rabu (31/10) kemarin. Sementara Honda menghadirkan dua motor modifikasi dari produk terbarunya, Honda CB150R yang juga baru diluncurkan di ajang JMCS 2012. Honda CB150R dimodifikasi dengan dua konsep yaitu Racing dan Street Fighter.

Salah satu motor modifikasi yang cukup menarik dihadirkan oleh pabrikan non-anggota AISI, Victory. Victory mengubah Victory ABS Sunset Red menjadi motor berselera nasional dengan mengubahnya menjadi motor batik. Seluruh bodi motor serta spakbor depan dan belakang berubah menjadi lukisan batik. Sayangnya motor yang sangat menarik ini tidak dijual untuk umum dan hanya menjadi koleksi Victory Indonesia.

Test Ride bagi Pengunjung

Pihak panitia juga mempersiapkan lokasi untuk program Test Ride tepatnya di area parkir timur di depan JCC. Melalui program ini para pengunjung berkesempatan mencoba kenyamanan, akselerasi dan handling motor. Panitia menyiapkan sembilan unit motor bagi pengunjung yang ingin menikmati program Test Ride ini yaitu 3 motor Honda, 2 motor Suzuki dan 4 motor Yamaha.

Motor yang menjadi favorit pengunjung dalam program ini adalah Honda CBR diikuti oleh Honda Beat. Antusiasme pengunjung begitu tinggi untuk menikmati program ini. sampai saat ini terhitung sebanyak 150 pengunjung telah menikmati fasilitas Test Ride ini dan jumlahnya diperkirakan akan meningkat pada Sabtu (03/11) dan Minggu (04/11) mendatang.

Honda Vario Motor Terbaik

Sementara itu, diajang JMCS tahun ini Forum Wartawan Otomotif atau Forwot kembali menggelar Forwot Motorcycle of The Year yang merupakan ajang pemilihan motor terbaik di Indonesia versi wartawan otomotif. Setelah melalui seleksi ketat, pihak juri yang terdiri dari 25 wartawan otomotif nasional menobatkan Honda Vario Techno 125 PGM-FI sebagai Forwot Motorcycle of The Year (artikel ini).

Honda Vario mengalahkan empat motor lainnya yang terpilih menjadi finalis tahun ini yaitu Kawasaki Ninja 250 FI, Suzuki Inazuma 250, Yamaha Soul GT dan KTM Duke 200.

Ini adalah kali ke-empat FORWOT menyelenggarakan pemilihan motor terbaik versi wartawan otomotif Indonesia sejak tahun 2006. Pada tahun 2006 motor terbaik Indonesia pilihan FORWOT jatuh ke tangan Yamaha Jupiter MX. Pada 2008 jatuh kepada Yamaha V-ixion dan pada 2010 tepilih Honda New Mega Pro sebagai motor terbaik FORWOT. Dan tahun ini FORWOT MOTY jatuh kepada Honda Vario Techno 125 PGM-FI.

Kemeriahan JMCS dengan berbagai program acara menarik dari para pesertanya dan tentunya penawaran bazaar helm murah-nya menjadikan pengunjung pameran Indocomtech, JGS serta JMCS terus meningkat. Sampai dengan hari kedua, panitia mencatat sebanyak 79.504 orang datang untuk menikmati pameran dipenghujung tahun 2012 ini.

Leave a Reply