Subaru Hub Tour Singapore

image006

30 Oktober 2012. Pada hari Senin kemarin (29/10/12), MediaSL bersama rombongan 5 orang wartawan otomotif Indonesia dan juga wartawan dari negara ASIA, berkunjung ke kantor Subaru Toa Payoh. Kantor Subaru Toa Payoh memiliki berbagai kegiatan seperti showroom, service center, spare-parts, workshop, test-drive, rentals, kantor, dan Subaru Academy Training Center.

Rombongan lebih dulu masuk kedalam ruangan mini theater untuk mendapatkan informasi singkat tentang kegiatan Subaru Hub Tour, dan juga tentang latar belakang perusahaan Subaru, serta  tentang kiprah Subaru bersama Tan Chong International Limited (slide presentasi lihat di sini).

MediaSL bersama rombongan kemudian diajak ke lantai paling atas menggunakan lift ukuran mobil. Ternyata gedung enam lantai Subaru Toa Payoh yang terletak di 19 Loorong 8 Toa Payoh Singapore ini memiliki keunikan dalam hal perbaduan dan penggabungan aktifitas dalam satu atap.

Salah satu keunikan adalah memiliki lokasi test-drive yangh disebut dengan Subaru Roof Top Test Drive dimana Subaru memiliki halaman sendiri untuk ajang test drive yang terletak di lantai 6, yakni berada di lantai paling atas (roof top). Untuk gambaran selengkapnya, silahkan buka album photo ini.

Walaupun lokasi test drive ini bisa dibilang kecil, tetapi memiliki medan yang cukup berat, dengan kondisi jalan ada semak-semak dan jalan tanah. Pas hanya untuk satu mobil, dipadu dengan medan tikungan dan tanjakan pendek, bahkan adapula gundukan tanah, dan tikungan berputar. Setidaknya manuver All Whell Drive (AWD) yang menjadi ciri khas mobil Subaru bisa diuji-coba dilokasi Subaru Roof Top Test Drive tersebut.

Langkah berikutnya, rombongan kemudian menyusuri ke dalam ruangan gedung, mulai dari lantai 5 terus turun kebawah hingga ke lantai dasar. Antara lain kami melihat bagian PDI (pre delivery inspection) dimana bagian ini bertugas untuk melakukan inspeksi secara detai dari setiap mobil Subaru yang datang dari Jepang, maupun ketika akan dikirim kepada konsumen.

Ada puluhan mobil Subaru dengan berbagai model/jenis terparkir disana. Salah satunya adalah Subaru BRZ, yakni mobil dua pintu model sport yang dilkenal sebagai pendatang baru tampak terlihat lagi dipakir disana-sini dengan kondisi masih dibungkus pelastik. Maksudnya, bodi mobil dilapisi dengan pelastik, demikian pula velg ban juga masih terbungkus dengan pelastik hanya sebagai pelindung.

Rombongan wartawan Indonesia dipandu oleh Vincent Jachja yang mejabat sebagai Senior Excecutive Regional Operations Subaru Motor Image Enterprises Pte Ltd. Ia adalah warga negara Indonesia yang bekerja di Subaru Singapura, sehingga informasi yang diberikan tentang kegiatan di dalam gedung Subaru To Payoh ini sangat jelas.

Setelah itu, rombongan menyusuri ruangan khusus workshop, body repair, painting room, dyno test, engine overhaul, hingga sampai ke lantai Subaru Academy Training Center.

Di ruangan Subaru Academy Training Center ini terlihat beberapa blok mesin, maupun bagian gear dari berbagai model/tipe mobil Subaru tergelak dengan kondisi terbuka. Ya, didalam ruangan khusus ini, terlihat isi jeroan mesin Subaru BRZ, Subaru XV, Subaru Impreza yang lagi dibuka untuk kepentingan training center.

Pada bagian akhir dari acara Subaru Hub Tour di Toa Payoh ini adalah test-drive dimana MediaSL mendapat kesempatan untuk melakukan uji coba, yakni mengendarai Subaru XV 2.0 Premium dan Subaru BRZ 2.0. Uji coba kedua mobil tersebut dilakukan di jalan raya Singapura melintasi Changi Highway.

Nah, untuk review test drive kedua mobil tersebut akan disajikan dalam rekaman video Youtube. So, nantikan artikel berikutnya.

ALBUM PHOTO: Slide Presentasi, Subaru Roof Top Test Drive, Subaru Service Center, Subaru Test Drive

2 thoughts on “Subaru Hub Tour Singapore

  1. [...] Oktober 2012. Dalam acara Subaru Hub Tour bersama sejumlah media asal Jakarta, Surabaya dan Bali, kembali MediaSL mendapatkan kesempatan [...]

  2. [...] November 2012. Melanjutkan artikel sebelumnya tentang “Subaru Hub Tour Singapore“, bahwa pada acara tersebut MediaSL mendapat kesempatan berkunjung ke kantor Subaru di Toa [...]

Leave a Reply