Diajak Shell Mampir Ke Garasi Ducati Racing Team

image006

23 Oktober 2012. Lagi, MediaSL mendapat kesempatan berkunjung ke garasi Ducati pada hari Sabtu, 22 Oktoer 2012 di lokasi paddock Sepang International Circuit. Acara ini merupakan kesempatan langka, karena tidak semua orang bisa masuk, kecuali tamu undangan khusus. Dalam hal ini MediaSL mendapat undangan dari Shell yang dikenal sebagai Technical Partnership-nya Ducati Racing Team untuk urusan bahan bakar (Shell Power) dan juga pelumas (Shell Advance).

MediaSL bersama 4 orang rekan media dari kawasan ASIA diberi kesempatan masuk kedalam garasi Ducati yang berwarna merah menyala. Melalui sebuah lorong khusus, dan hanya bisa mengintip dari jendela, terlihat ada 4 (empat) unit sepeda motor Ducati, antara lain 2 unit milik Valentino Rossi dan 2 unit milik Nicky Hayden terlihat sedang dibongkar.

Mauro Grassilli, Marketing Department Sponsor Account Manager Ducati memberikan penjelasan soal pekerjaan apa saja yang sedang dilakukan oleh para mekanik dengan motor-motor tersebut. Ya, saat kunjungan MediaSL ke garasi Ducati tersebut, saat itu pembalap Nicky dan Rossi baru saja menyelesaikan sesi warming up, dan bersiap untuk qualifying practise pada siang harinya.

Menurut staff Ducati tersebut, mengapa motor-motor tersebut sedang dibongkar, karena sedang mengalami adjustment, atau bisa disebut mencari settingan yang pas untuk balapan qualifying parctice. Walaupun kondisi mesin sepertinya sedang dibongkar secara total, tetapi itu sebenarnya masih tetap menggunakan mesin yang sama.

Komponen apa saja yang lagi disetting? Dijawab oleh staff Ducati tersebut, antara lain settingan supspensi, rantai, pengereman, ban, dan yang paling penting adalah settingan komponen komputer. Dan memang hanya bagian-bagian itu saja yang diperbolehkan. Lagian, perarturannya untuk setiap pembalap hanya boleh menggunakan 6 mesin baru selama satu musim.

Di dalam garasi Ducati tersebut terlihat jelas sejumlah mekanik sedang sibuk bekerja dengan peralatan mekanik, layaknya peralatan bengkel umum. Mereka bertugas menyempurnakan sepeda motor balap Ducati milik Rossi dan Hayden. Beberapa diantara mekanik lagi sibuk meggunakan perangkat komputer, dimana laptop menjadi pegangan dan dibawa kesana-kemari.

Tak lama didalam garasi, MediaSL bersama rekan media ASIA yang lainnya melangkah ke bagian bahan bakar dan pelumas dengan brand Shell. Disini giliran Leo Kin Mun, Global Motorcycle Oil Technology Manager, Project & Technology Shell memberikan penjelasan soal bahan bakar dan pelumas yang dipakai oleh Ducati.

Semua bahan bakar dan pelumas Shell Advance sebelumnya sudah mendapat approval dari panitia penyelenggara balapan (red=Dorna), dengan jenis dan ukuran yang sama selama satu musim berjalan. Shell menyuplai bahan bakar dan pelumas untuk setiap balapan MotoGP dimana saja, termasuk dengan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Misalnya, bagaimana bahan bakar tidak menguap, maka Shell menyediakan sarana alat pendingin (kulkas).

“Kami memiliki hubungan strategis antara Shell dan Ducati yang sudah cukup lama dengan serangkaian program pengembangan enggineering yang cukup luas, antara lain meliputi dukungan teknis dan konsultasi, ditambah dengan pengembangan produk dan penyediaan pelumas Shell Advance di setiap event balap MotoGP. Tak hanya pelumas, tapi juga Shell menyediakan bahan bakar Shell V-Power untuk motor balap Ducati,” ujar Leon yang berkantor di Shell Hiuse Singapura.

Menurut pengamatan MediaSL, kunjungan ke garasi Ducati MotoGP Racing Team merupakan pengalaman menarik, selain bisa mellihat dari dekat aktifitas dan kesibukan mekanik MotoGP, juga bisa bertemu langsunng dengan tokoh-tokoh orang penting dibalik layar populernya nama tim balap Ducati di kancah MotoGP.

Hanya saja, kunjungan kali ini tidak dilengkapi dengan photo, karena memang tidak diperkenankan mengambil gambar selama di garasi Ducati. Namun demikian suasananya masih sama seperti dengan liputan MediaSL pada tahun 2011 yang lalu. Untuk lebih lengkap silahkan lihat artikel ini atau album photo ini.

Leave a Reply