Gelaran Mercedes-Benz CCTC Seri Ke-3 Makin Panas

21 Oktober 2012. Juara Umum Mercedes-Benz “C-Coupe Touring Championship” (CCTC) musim 2010 – 2011, Fitra Eri bertengger di klasemen sementara dengan perolehan point 68 setelah berhasil finish pertama pada Seri Ke-1 dan Seri Ke-2 Mercedes-Benz “C-Coupe Touring Championship” (CCTC) musim 2012-2013 yang digelar di Sirkuit Internasional Sentul, Jawa Barat. Dengan perolehan point sementara ini akan semakin memanaskan persaingan pada seri ke-3 yang akan berlangsung pada Hari Minggu, 21 Oktober 2012.

Balap one make race (OMR) yang menggunakan sedan Mercedes-Benz C-Class Coupe ini diikuti 26 pebalap yang akan menggerus aspal Sirkuit Sentul. Persaingan yang kompetitif di kelas pemula (novice), dan kelas bukan unggulan (non-seeded) semakin ketat, perolehan point yang tidak berbeda jauh bahkan sama semakin memicu adrenalin para pebalap amatir yang mengikuti kelas ini. Sementara pada kelas unggulan (seeded), Fitra Eri dibayangi oleh Renaldi Hutasoit dan Anto Widianto yang berada pada urutan kedua dan ketiga klasemen sementara.

Memasuki serie ke-3 CCTC, semua pebalap akan mengerahkan kemampuannya untuk mengejar point pemegang klasemen sementara. Walau masih ada 3 seri tersisa, diakui bahwa putaran ketiga ini merupakan seri yang cukup strategis dalam menentukan hasil akhir pada seri-seri berikutnya. President Director Mercedes-Benz Indonesia, Dr. Claus Weidner mengatakan:

“Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi Mercedes-Benz terhadap customer setia kami yang gemar menancapkan gas di sirkuit balap. Ajang CCTC musim 2012-2013 telah memasuki putaran ketiga dan kami bersemangat melihat antusiasme para pebalap handal Tanah Air dalam berkompetisi melesatkan sedan premium Mercedes-Benz C180 CGI COUPE.”

CCTC musim 2012-2013 berlangsung dalam 6 (enam) Seri di Sirkuit Sentul, di mana empat seri pertama dilangsungkan sepanjang tahun 2012, sedangkan dua seri tersisa dilaksanakan pada tahun 2013. Adapun CCTC Seri ke-1 telah berlangsung pada 15 Juli 2012, Seri ke-2 pada 23 September 2012, dan Seri ke-3 pada 21 Oktober 2012.

Seperti seri-seri sebelumnya, pada CTTC Seri ke-3 tetap akan menggunakan sedan premium Mercedes-Benz C180 CGI COUPE terbaru yang secara khusus dipesan dari Jerman untuk kejuaraan balap. Mengacu pada regulasi Group N standar FIA, seluruh Mercedes-Benz C-COUPE yang digunakan untuk berlaga sirkuit Sentul ini tidak mengalami perubahan spesifikasi pada komponen mesin, transmisi, dan gardan.

Mesin C180 CGI merupakan versi standar berkapasitas silinder 1.796cc yang mampu menghasilkan tenaga besar 156 hp. Meski demikian, Mercedes-Benz C-COUPE yang diimpor langsung dari Stuttgart, Jerman ini berbeda dengan unit standar yang dijual untuk publik di Tanah Air. Perbedaan terdapat pada model transmisi yang digunakan, yaitu tipe manual.

Dr. Weidner menyatakan, “Menyaksikan ketangguhan dan kecepatan kendaraan ini dalam 12 lap di Sirkuit Sentul, merupakan bukti kepercayaan pebalap terhadap keunggulan Mercedes-Benz di ajang motor sport kelas premium. Kami berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan, termasuk kepada para mitra yang mendukung terlaksananya kegiatan bergengsi ini.”

Untuk penyelenggaraan CCTC musim 2012-2013 PT Mercedes-Benz Indonesia didukung mitra sponsor, di antaranya produsen Ban GT Radial, Pelumas TOP 1, velg BBS dan helm INK. Hadiah total uang sebesar Rp 70.000.000 dan piala tetap di setiap seri disediakan bagi para pemenang. Sementara untuk Juara Umum di akhir putaran akan menerima hadiah bergengsi satu unit micro-car premium smart passion cabrio, dan runner-up juara umum disediakan satu unit sepeda motor.

Leave a Reply