310 Siswa SDN Dieng Terima Donasi Dari Pertamina Motor Club

image006

22 Oktober 2012. Bikers Pertamina Motor Club (PMC) kembali mengadakan Turing & Baksos PMC 2012 untuk keempat kalinya. Sebelumnya tujuan Kuningan, Jawa Barat, di bulan Januari silam. Kemudian 2-3 Juni lalu di Desa Patengan, Bandung, dan 29-30 Juni lalu di Tanggamus Kabupaten Pringsewu, Lampung. Baksos PMC kali ini dilaksanakan di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah yang berlangsung Jumat-Sabtu-Minggu (19 s/d 21 Oktober 2012).

Touring & Baksos Pertamina Motor Club berlangsung atas bersama SME & SR Partnership Program Region I PT Pertamina (Persero) dengan tema kali ini adalah  “Pride With Pertamax & Enduro”, yang disponsori oleh Pertamax, Pelumas Pertamina Enduro, Pertamina Geothermal Energy & Patra Niaga.

Sebelum berangkat Sutrisno, Ketua Umum PMC sekaligus Staff Ahli Direktur PT Pertamina (Persero) berkata: “Turing & Baksos PMC kali ini masih tetap fokus membangun sektor pendidikan di daerah Dieng. Disana kita akan memberikan sumbangan berupa perlengkapan sekolah untuk 310 anak SD di daerah tersebut. Lokasinya pun, tidak jauh dari lingkup kerja Pertamina, yakni dekat dengan PGE Pertamina Dieng, Jawa Tengah,” jelas Sutrisno.

Seperti biasanya sebelum melakukan perjalanan turing, setiap peserta turing PMC dari berbagai divisi di Pertamina mengisi absen untuk mendapat atribut keperluan turing, yang mana atribut tersebut wajib dikenakan saat turing ke Dieng yang menempuh jarak hampir 500 kilo meter.

Turing & Baksos PMC kali ini diikuti oleh sekitar 60 motor + 1 Safety Car dan 1 truk berisikan bantuan baksos. Dengan tema baksos Pride With Pertamax & Enduro. Maka Turing kali ini juga di sponsori oleh Pertamax dan Pelumas Pertamina EnduroBerikut ini sedikit cerita perjalanan rombongan PMC ke Dieng, Jawa Tengah.

Sebelum berangkat sekitar pukul 04.00 dini hari para biker PMC mulai berkumpul di Kantor Pusat Pertamina yang berlokasi di Gambir. Setelah itu sebagian diantaranya ada yang sholat berjamaah dan sarapan.

Tepat pukul 05.30 rombongan pun berangkat dengan pengawalan dari kepolisian. Sementara dibagian belakang rombongan ada safety car yang dilengkapi dengan 2 orang mekanik yang selalu membuntuti, dan siap membantu jika terjadi sesuatu selama perjalanan.

PMC memilih jalur pantura sebagai jalur berangkat. Rute tersebut : Pertamina Pusat – Cempaka Putih – Cakung – Bekasi – Karawang – Cikampek – Patok Besi – Pamanukan – Loh Bener – Jati Barang – Palimanan – Cirebon – Losari – Brebes – Tegal – Pemalang – Wira Desa – Kajen – Paninggaran – Kalibening – Wanayasa – Batur – Dieng.

Rombongan melakukan 4 kali perhentian untuk istirahat, sholat, makan (ISOMA), dan mengisi bahan bakar. Yang pertama di SPBU Cikampek, kedua di SPBU Loh Bener, ketiga di SPBU Tegal, dan terakhir di SPBU Pekalongan.

Perjalanan yang cukup jauh sempat menyebabkan beberapa motor peserta ada yang mengalami trouble seperti engine overheat, aki menggembung akibat overcharge, ban bocor, hingga patah as roda depan, Beruntung mereka yang mengalami masalah tidak sampai mengalami jatuh kecelakaan / cedera serius,

Karena trouble tersebut rombongan yang seharusnya tiba jam 17.00, jadi mundur hingga 4 jam dari yang dijadwalkan. Hujan deras sempat mengguyur rombongan PMC ketika mulai memasuki areal perkebunan karet dan teh di Dieng, Belum lagi kondisi jalan menanjak yang terjal dan ‘keriting’ di Dieng serta hawa dingin pegunungan yang menusuk, secara otomatis menghambat perjalanan ini.

Tepat pukul 21.30 hari Jumat malam akhirnya rombongan Turing & Baksos PMC tiba di Kawasan dataran tinggi Dieng, Jateng. Mereka pun menginap di Hotel Gunung Mas, yang lokasinya hanya 50 meter dari Balai Desa Dieng Kulon, tempat penyerahan Baksos di keesokkan harinya.

SUMBER PHOTO

Leave a Reply