MotoGP Sepang 2012 Diguyur Hujan, Dani Pedrosa Juara Pertama

22 Oktober 2012. Hujan deras mengguyur Sirkuit Sepang Malaysia membuat balapan Moto2 dan MotoGP jadi tertunda. Yang paling parah ketika balapan MotoGP berlangsung, hujan bukan mereda, bahkan tambah deras. Alhasil banyak pembalap MotoGP yang berjatuhan dan bendera merah (red flag) dikibarkan pada lap ke-14. Hasil balapan MotoGP dihitung pada lap ke-13 dengan posisi pertama Dani Pedrosa, kedua Jorge Lorenzo, dan ketiga Casey Stoner.

MediaSL menyaksikan sendiri balapan Malaysian Motor Cycle Grand Prix 2012 dari awal sampai selesai secara langsung di Sirkuit Sepang Malaysia bersama dengan rombongan Asia Ducati Week (ADW) 2012.

Di pagi hari cuaca cerah, namun setelah pukul 12.00 waktu Malaysia (11.00 WIB), awan tebal gelap mulai menyelumuti kawasan Sepang International Circuit yang dipadati oleh penonton tuan rumah Malaysia yang sangat antusias. Balapan Moto2 sangat beruntung bisa berlangsung dalam kondisi lintasan kering, sehingga balapan berjalan dengan aman dan lancar.

Yang seru adalah, ternyata ada pembalap tuan rumah Zulfahmi Khairuddin (Fahmi) #63 dari AirAsia-SIC-AJO dengan motor KTM yang berada di posisi depan, dan ia bersaing ketat dengan Sandro Cortese #11 dari Red Bull KTM Ajo. Tepuk tangan dan suara riuh penonton mendukung pembalap tuan rumah yang sempat memimpin balapan. Namun berkat kegigihan Sandro Cortese yang terus menempel Fahmi, mengantarkan Cortese menjadi juara pertama, sekaligus meraih gelar The World Champion Moto3 2012.

Selesai balapan Moto3, hujan deras mulai turun. Pada balapan berikutnya, yaitu kelas Moto2 menjadi molor karena menunggu hujan reda. Angin keras membuat penonton kucar kacir, namun demikian penonton masih tetap sabar menunggu. Ketika hujan sudah mulai reda, balapan Moto2 pun digelar. Hasilnya ada banyak pebalap berjatuhan, antara lain pebalap unggulan Marc Marquez dan Thomas Lutfi.

Singkat cerita yang jadi juara pada balapan Moto2 adalah, posisi pertama Alex De Angelis dari NGM Mobile Forward Racing, kedua Anthony West dari QMMF Racing Team, dan ketiga Gino Rea dari Federal Oil Gresini Moto2 Suter. Saat pembagian piala podium Moto2, hujan deras masih berlangsung sehingga balapan utama MotoGP ikut tertunda.

Dengan kondisi lintasan basah, balapan MotoGP akhirnya dimulai. Lorenzo dari Yamaha Factory Racing Team memimpin jalannya balapan, namun ia ditempel ketat oleh Dani Pedrosa dari Repsol Honda Racing Team. Sesudah lap ke-8, terlihat beberapa pembalap MotoGP mulai berjatuhan akibat lintasan yang sangat rawan akibat hujan deras. Hujan terasa semakin deras, dimana MediaSL yang semula bertahan di lantai 3 paddock (lantai terbuka) akhirnya pindah kedalam ruangan, dan menonton jalannya balapan via televisi.

Pada lap ke-10, pebalap Dani Pedrosa memimpin balapan dan jaraknya dengan Lorenzo pun mulai menjauh. Giliran Casey Stoner diposisi ketiga terlihat menempel Jorge Lorenzo. Tak lama kemudian Jorge Lorenzo sempat oleng dan nyaris terjatuh. Dan beberapa detik kemudian bendera merah dikibarkan, menanandakan balapan dihentikan. Ditengah hujan deras, semua pembalap yang tersisa diminta untuk menunggu apakah balapan akan dilanjutkan lagi untuk 6 lap yang tersisa.

Hujan tampaknya tak berhenti, dan akhirnya piala kemenangan MotoGP Sepang 2012 diserahkan diatas podium kepada Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo dan Casey Stoner. Suasana pembagian hadiah MotoGP ini tak terlalu meriah, pasalnya para penonton di tribune utama sudah mulai meninggalkan tempat duduknya dan bergegas pulang.

Kebanyakan para penonton kecewa, karena balapan MotoGP Sepang 2012 tidak sampai tuntas, ditambah lagi dengan guyuran hujan membuat semua penonton, termasuk MediaSL ketika pulang dari Sepang ikut mendapatkan guyuran hujan, dimana baju sampai basah, tas ransel pun ikut basah, plus jalan pulang ke tempat penginbapan sangat macet.

ALBUM PHOTO

9 thoughts on “MotoGP Sepang 2012 Diguyur Hujan, Dani Pedrosa Juara Pertama

  1. selamat buat pedrosa dan stoner dari tim repsol honda atas juara nya di sepang..

  2. Selamat y buat Stoner ternyata bisa lagi naik podium walaupun juara 3

  3. Kurang yah liputan di Sepang kali ini Mas??

  4. Ga seru pertandingan belum selesai sudah dihentikan, tapi tetep dong Honda juaranya…

  5. apapun alasannya lorenzo harus juara dunia

  6. Selamat buat Pedrosa dan Stoner yg berhasil raih podium.. Selamat jg buat tim Repsol Honda tentunya,,, :)

  7. [...] membosankan, dan juga balapan tidak tuntas karena banyak pebalap berjatuhan akibat hujan deras (artikel ini). Bagi mereka yang datang langsung menonton di sirkuit boleh terhibur dengan penampakan gadis-gadis [...]

  8. Congrates lagi buat Pedrosa and Stoner,. Kalo di lap yang basah2 Pedrosa memang juaranya terus berjuang ya Pedrosa,.

Leave a Reply