AXIC & RSA Gelar Kampanye Road Safety For All di Social Media Festival

image006

16 Oktober 2012. Avanza-Xenia Indonesia Club (AXIC) berpartisipasi dalam event Social Media Fest pada akhir pekan lalu, 12-14 Oktober 2012, di Gelanggang Renang Senayan, Jakarta. AXIC menggandeng Road Safety Association (RSA) melakukan kegiatan kampanye dengan topik Road Safety for All.

Indra Ariandhi, Ketua Umum AXIC, mengatakan kegiatan kampanye tersebut terdiri dari beberaa kegiatan, seperti kampanye safety driving dengan menggunakan social media seperti Twitter dan Facebok. AXC juga memanfaatkan booth di Socmed Fest 2012 dengan memajang flyers dan banner yang berisi safety driving yang dilakukan AXIC hingga kini, seperti Antibahu Jalan, No Hazard, dan seat belt for all.

Di Socmed Fest 2012, AXIC dan RSA juga mengadakan talkshow mengenai keselamatan berkendara pada Jumat (12/10) malam. Talkshow ini menampilkan pembicara, Rio Octaviano (Ketua Umum RSA Indonesia), dan Enya Anggia (Kepala Bidang Pengembangan Organisasi dan Pemberdayaan Chapter & Cabang AXIC), serta moderator Happy Ayu Pinalang (AXIC).

Enya Anggia, mempresentasikan pentingnya social media sebagai media kampanye sosial komunitas otomotif kepada masyarakat umum. AXIC secara konsisten melakukan kampanye safety driving sejak lama. Kampanye pertama AXIC adalah No Hazard saat berkendaraan kecuali dalam situasi darurat. Kampanye berikutnya adalah Antibahu Jalan, dan Seat belt for all.

“Yang terbaru, kami mengampanyekan Don’t Text While Drive. Intinya, AXIC ingin mengingatkan kepada masyarakat pengguna produk otomotif untuk mengedepankan faktor safety dalam berkendara,” ujar Enya, yang juga admin @infoaxic, akun twitter AXIC.

Setelah tanya-jawab dengan peserta talk show, AXIC bersama RSA Indonesia membuat deklarasi tentang road safety for all dengan melibatkan para peserta talkshow dan hadirin di Socmed Fest 2012.

Ada tiga poin dalam deklarasi Road Safety for All, yakni : Kami, komunitas Indonesia berjanji untuk mematuhi semua peraturan lalu lintas yang berlaku. Kedua, Kami komunitas Indonesia berjanji untuk berperilaku santun dan menghargai pengguna jalan lain, dan ketiga, kami komunitas Indonesia berjanji untuk tidak mengunakan telepon seluler saat berkendara. Road safety for all! kata Enya mengutip isi deklarsi Jumat malam itu.

Rio Octaviano mempresentasikan pentingnya menjaga dan mengutamakan keselamatan berkendara bagi semua orang tanpa kecuali. Berdasarkan data RSA, usia 17-40 tahun mendominasi usia korban kecelakaan selama 2011, yakni sebanyak 52%. Kemudian faktor manusia atau human errors sebagai penyebab kecelakaan terbesar, yakni lengah atau tidak fokus saat berkendara. Selain itu yang mencengangkan adalah meningkatnya secara tajam penggunaan telepon seluler saat berkendara, yakni meningkat lebih dari 1.000% dari sebelumnya.

Tentang AXIC

AXIC berdiri 4 April 2004. Saat ini jumlah anggotanya lebih dari 3.500 anggota yang tersebar di seluruh Indonesia. AXIC terdiri dari beberapa chapter untuk menampung para anggotanya di wilayah Jabodetabek, dan beberapa cabang di luar wilayah Jabodetabek.

Leave a Reply