Grand Cherokee SRT-8, Import Utuh dari Detroit USA

image006

4 Oktober 2012. Bagi mereka yang tidak sempat datang ke IIMS 2012 kemarin, atau belum tau persis tentang mobil-mobil asal Amerika yang berdatangan secara utuh ke Tanah Air rasanya perlu menyimak artikel ini. PT Garasindo Inter Global sebagai Agen Pemegang Merek (APM) dari Chrysler, Jeep dan Dodge meluncurkan berbagai model mobil Amerika di hari pertama IIMS 2012, salah satunya adalah Grand Cherokee SRT-8.

Dimulai pada tahun 2002 sebagai divisi baru kelompok Chrysler, SRT (Street Racing and Technology) terlahir untuk menciptakan mobil performa tinggi, nyaman dan aman untuk pengunaan harian. Mobil pertama yang menjadi prototype adalah Dodge Viper yang dibekali dengan ragam part dan aksesori dari Mopar, dimana mobil sport 2-pintu ini sempat menggebrak pasar otomotif dunia.

Tiga tahun berselang, divisi SRT menghasilkan banyak mobil, sebut saja Dodge Neon, Dodge Caliber, Dodge Magnum, Dodge Callenger dan Dodge Charger, Chrysler Crossfire, Chrysler 300C serta Jeep Grand Cherokee.

“Brand SRT adalah symbol performa, kemewahan dan kenyaman dari produk Chrysler. Tahun 2012 ini, bersamaan dengan pameran otomotif IIMS 2012, kita memperkenalkan brand ini di Indonesia,” jelas Rieva Muchsin, Chief Marketing Officer, PT Garansindo Inter Global, APM Chrysler, Jeep, Dodge dan SRT.

“Kami menjamin, bahwa setiap SRT yang kami rills, merupakan factory tunning. Imported from Detrorit, sehingga konsumen tidak perlu ragu soal kualitas dan tingkat presisi dari parts dan akesories yang terpasang,” tambahnya.

Grand Cherokee SRT-8

Dikembangkan dari Grand Cherokee, dan khusus untuk Grand Cherokee SRT-8 mengalami perubahan pada sektor mesin, kap mesin, bumper depan-belakang, lip fender, velg dan suspensi, serta interior. Ubahan ini menjadikan Grand Cherokee SRT-8, SUV 4×4 merupakan mobil premium terkuat dan tercepat yang pernah dibuat oleh Jeep dalam kurun waktu 71 tahun keberadaanya.

Sesuai dengan fitrahnya sebagai SUV tercepat, Grand Cherokee SRT dilengkapi detak mekanis V8, 6.4L, bertenaga 470 HP di 6.000 rpm dan torsi 630 Nm di 4.300 rpm. Material mesin menggunakan Alumunium Deep Skirt yang sanggup mereduksi bobot, sekalipun mesin berukuran besar.

Mengusung teknologi Fuel Saver, yang akan mampu menonaktifkan silinder mesin pada saat tidak dibutuhkan. Dalam kondisi idle atau pada saat pengendaraan dikecepatan rendah, mesin hanya aktif 4-silinder. Ketika pengemudi berakselerasi atau pada kecepatan tinggi, maka mesin 8 silinder akan bekerja secara penuh.

Tenaga mesin lantas disalurkan melalui transmisi 5-speed atau melalui paddle shift yang terletak dibelakang setir. Komposisi dari tenaga yang besar serta transmisi handal, mengantarkan Grand Cherokee meraih 0-100 km/h dalam 4.8 detik.

Untuk memperkuat akurasi pengendaraan serta pengendalian, Grand Cherokee SRT sudah dilengkapi dengan beragam fitur seperti, Electronic Limited Differential yang akan menjaga keempat roda berputar secara sinkron. Kemudian fitur Adaptive Dumping Suspension, yaitu sebuah fitur yang akan mengatur setelan suspensi, menyesuaikan dengan permukaan jalan. Fitur Electronic Roll Mitigation yang akan mencegah mobil terguling di kecepatan tinggi, serta fitur Track Control-fitur yang akan memastikan bahwa daya mesin tersalur sempurna ke roda.

Grand Cherokee SRT memasang velg 20-inch Allumunium light Alloy, dimana velg ini lebih ringan dan lebih kuat dari velg racing regular. Dipadukan dengan ban High Performance RIFT (Run Flat Tire), yaitu ban yang tetap bisa mengelinding sekalipun kempis, dengan ukuran 295/45/R20. Untuk peranti pengeremanya, dipercayakan kepada Brembo 6-piston (depan) serta 4-piston (belakang).

Fitur Select Train, tersedia dalam lima setelan:
AUTO: Sensor otomatis mendeteksi permukaan jalan dan gaya pengemudian
SPORT: Sistem menyetel suspensi agar mobil lebih stabil
SNOW: Fitur ini digunakan untuk lintasan basah
TOW: Fitur akan menyesuaikan kinerja mobil saat menarik beban
TRACK: Mengkombinasikan tenaga mesin, akurasi transmisi dan kestabilan suspensi pada performa maksimal

Pada bagian interiornya, Grand Cherokee SRT terbungkus dengan kulit asli, setir berikut pemanas dengan bentuk rata dibawah agar tidak menggangu pengendalian. Jok bucket seat berlapis kulit suede, aksen serat karbon pada dashboard dan konsol tengah serta doortrim. Menggunakan sun roof dual pane, sporty pedal set, serta paddle shift, yang kian menguatkan aura sporty.

Susunan huruf dan angka pada Clustermeter terinspirasi dengan font pada grid lintasan balap. Ambient light bernuansa sporty dengan tampilan EVIC (Electronic Vehicle Information Center) berlatar belakang bendera start (checker flag).

Rangkaian tata suara disokong dengan 19-speaker, satu buah 10 inchi Subwoofer, 825 watt power amp, dengan fitur DSP (Digital Sound Processing) untuk kejernihan suara. Pengaturan equaliser dan fader secara layar sentuh (touch screen). Hebatnya lagi, semua audio telah dilengkapi dengan teknologi Green Edge-sehingga irit penggunaan kelistrikan mobil.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply