Bikers Malaysia Kunjungi Pabrik SINNOB

image006

30 September 2012. Merupakan kehormatan bagi PT Sinnob Gear Manufacturing Indonesia sebagai produsen produk Sinnob Gear telah dikunjungi oleh bikers Malaysia. Rombongan Malaysia yang berjumlah 13 orang ini dijamu oleh Sinnob dalam lawatannya ke Indonesia, mereka berkunjung langsung ke pabrik Sinnob di Jl. Radar Auri, Cimanggis Depok pada hari Jumat (28/9) kemarin,

Setelah dijemput di Bandara Soekarno Hatta dengan sebuah bus, rombongan bikers dari Malaysia langsung menuju ke ruangan meeting di dalam pabrik Sinnob. Sekitar pukul 10.30 acara dimulai yang diawali dengan presentasi tentang latar belakang Sinnob yang disampaikan oleh Fajar Basuki, Marketing & Communication PT Sinnob Gear Manufacturing Indonesia.

Fajar Basuki yang juga dikenal sebagai bikers ini, juga menjelaskan tentang produk-produk Sinnob, dan juga berbagai kegiatan Sinnob dalam kiprahnya di arena balapan (motorsport), dan juga keterlibatan Sinnob di berbagai klub dan komunitas bikers Indonesia.

Terlihat antusias bikers Malaysia ini untuk memahami secara mendalam tentang produk Sinnob. Presentasi disampaikan dalam Bahasa Indonesia, dan bagusnya Bahasa Indonesia masih bisa dipahami oleh para tamu, walaupun ada satu-dua kata yang belum dipahami karena ada perbedaan istilah antara Bahasa Indonesia dan Melayu.

Sementara presentasi sedang berjalan, sosok pendiri Sinnob, yaitu Bapak A. Bardi masuk kedalam ruangan meeting. Beliau ikut menambahkan penjelasan tentang sejarah dan kualitas Sinnob yang mana produk Sinnob mulai beredar pada tahun 2007. “Sinnob adalah singkatan dari Sprocket Innovation of Bardi,” buka Pak Bardi membuat para tamu tersenyum.

“Kami menciptakan Sinnob karena ada kebutuhan dimana sepeda motor yang menggunakan rantai sering mengalami masalah, seperti bunyi gesekan rantai yang berisik, dan rantaipun sering putus. Dengan teknologi bahan kimia polyurethane, hal ini kami terapkan untuk membuat pelapisan gir yang berkualitas, agar rantai tidak berisik dan tahan lama,” jelas Pak Bardi.

“Riset produk Sinnob sudah cukup lama, dan kami tidak main-main dengan kualitas. Sebelum kami pasarkan pada tahun 2007, kami sudah lama melakukan banyak percobaan untuk menjamin kualitas produk Sinnob. Saya tidak berani memasarkan produk yang tidak memiliki kualitas. Nah, produk Sinnob ini saya bisa jamin kualitasnya,” tambah Pak Bardi.

Ya, kita ketahui produk Sinnob yang terdiri dari Sprocket Gear Set, dan produk barunya pelumas rantai Sinnob kini sudah  diterima oleh pasar otomotif Indonesia, hingga negara tetangga Malaysia. Sinnob Gear selain dipakai dalam ajang modifikasi dengan berbagai pilihan warna yang cerah, juga terkenal sebagai produk yang tahan lama untuk touring. Bahkan Sinnob memiliki produk gir dan rantai khusus untuk dipakai dalam ajang balapan.

Tak heran jika tamu dari Malaysia ingin melihat secara langsung pabrik gir Sinnob. Usai presentasi, rombongan langsung menjajal sebuah Honda Tiger yang sudah menggunakan Sinnob. Terlihat 3 orang bikers Malaysia mencoba motor Honda Tiger tersebut dan mereka merasa senang, walaupun test ride hanya dilakukan didalam pabrik Sinnob, dan tidak keluar ke jalan umum.

Usai acara makan siang di Restaurant Bale Rasa di Cibubur, rombongan pun kembali ke pabrik Sinnob. Acara berikutnya adalah masuk kedalam pabrik untuk melihat secara langsung proses produksi pembuatan Sinnob Gear dan juga rantainya. Tidak sembarang orang bisa masuk kedalam pabrik, dan tentunya tamu asal Malaysia ini sangat special mengingat bikers Malaysia sudah banyak yang menggunakan produk Sinnob ini.

Puluhan gir polos dengan berbagai merek (sesuai jenis/merek sepeda motor) ditata dengan rapih untuk diproses. Gir dan rantai tersebut kemudian dilapisi dengan caraian bahan kimia polyurethane. Pelapisan cairan polyurethane terlihat pada gerigi gir, kemudian masuk kedalam oven untuk dipanaskan agar merekat, Tahap kedua adalah pelapisan pemasangan kuping, yang terlihat jelas karena lapisan berada disisi kiri-kanan gir.

“Ini adalah proses pelapisan polyurethane untuk gir Sinnob, pada bagian ini adalah proses pelapisan material logam dengan material bahan kimia polyurethane. Proses pelapisan material dengan polyurethane memiliki keunggulan, sehingga material yang sudah dilapisi akan lebih kuat, tahan terhadap temperatur tinggi dan memiliki daya tahan yang baik,” jelas Pak Bardi yang memimpin rombongan tamu Malaysia kedalam pabrik Sinnob.

Oops.. ternyata teman-teman asal Malaysia ini narsis juga, hampir setiap sudut didalam pabrik mereka malah potret-memotret. Rombongan tamu, termasuk Tim MediaSL telah melihat langsung keseluruhan proses prosuksi Sinnob Gear, antara lain mulai dari proses pelapisan, proses pemanasaan, proses pengecatan, proses labeling, dan terakhir adalah proses packing.

Tak terasa rombongan sudah masuk kedalam ruangan gudang yang tertata dengan rapih. “Disini adalah ruangan gudang produk Sinnob Gear yang siap dipasarkan. Gudang ini terdiri dari beberapa rak yang disusun sesuai dengan tipe dan jenis produk Sinnob Gear yang akan kita kirimkan kepasar,” jelas Fajar Basuki.  “Alhamdulillah permintaan produk Sinnob Gear terus meningkat.” tutupnya.

Pada bagian akhir acara adalah photo bersama dengan latas belakang spanduk dan sepeda motor Kawasaki Ninja 250R yang sudah full modifikasi. Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 15.00 WIB dan rombongan tamu asal Malaysia inipun meninggalkan pabrik Sinnob dan menuju ketempat penginapan Hotel Harris Sentul.

Menurut agenda pada malam harinya (Jumat 28/9) ada acara pertemuan atau gathering dengan para bikers asal Indonesia di kawasan Sentul. Hanya saja Tim MediaSL tidak ikut serta dalam acara tersebut.

VIDEO

ALBUM PHOTO

One thought on “Bikers Malaysia Kunjungi Pabrik SINNOB

  1. terbaek…terima kasih kpd pihak sinnob kerna sudi melayan kami dari mula hingga ke akhir lawatan kami di indonesia…insyaallah,di laen masa kita akan bertemu lagi…;)

Leave a Reply