Top 1 Dukung HTML Safety Riding Course 2012

image006

1 Oktober 2012. Salut! Itu ungkapan yang sangat pantas ditujukan kepada komunitas Honda Tiger Mailing List atau yang akrab disingkat dengan HTML. Di tengah makin menumpuknya jumlah kendaraan bermotor di jalan raya, tentunya kemungkinan kecelakaan akan semakin tinggi pula.

Hal tersebut sangat disadari oleh komunitas HTML yang pada awalnya terbentuk melalui milis ini. HTML lalu menggelar sebuah rangkaian acara untuk lebih menanamkan kesadaran berkendara yang baik, yang bernama Safety Riding Course atau disebut SRC 2012. Dalam acara SRC 2012 ini, baik para anggota HTML maupun anggota klub sepeda motor lain dibekali pengetahuan dasar mengenai tata cara berkendara yang baik di jalan raya.

Kegiatan SRC yang sudah rutin diadakan setahun sekali ini mengambil tempat di lapangan parkir Polsek Medan Satria, Harapan Indah, Bekasi. Event yang digelar hari Sabtu, 29 September 2012 ini terdapat 83 peserta dari anggota HTML wilayah Jabodetabek, Palembang mengirimkan 8 sepeda motor, Lampung berjumlah 16 sepeda motor, serta beberapa anggota dari komunitas lain dan beberapa umum.

 Acara SRC 2012 dimulai dengan sambutan dari Polsek Medan Satria yang diwakili oleh AKP Sumadji. “Masyarakat umum atau khususnya anggota komunitas sepeda motor, seharusnya dapat menjadi mitra polisi. Sehingga masyarakat dapat membantu tugas kepolisian bermanfaat bagi masyarakat banyak,” ungkapnya.

“Marilah kita menjadi pengguna jalan yang baik, jangan merugikan sesama pengguna jalan dan yang paling penting jangan arogan”, ungkap AKP Sumadji. Terlebih saat ksita sedang konvoi, maka seringkali tindakan arogan akan muncul. Tentunya akan lebih baik jika kita dapat menahan diri terlebih saat berada di jalan raya.

“Ada baiknya kesempatan belajar ini dipergunakan sebaik-baiknya. Karena dengan pengetahuan dasar yang baik, maka insya Allah kita akan selamat di jalan raya”, ujar Sumadji lagi. Acara lalu dilanjutkan dengan sambutan Bro Arief dari HTML Korwil Bekasi. “Apapun motornya, kita sesama pengguna jalan raya. Salam aspal!”, tutupnya secara singkat dan tegas.

Rangkaian acara didukung oleh PT Topindo Atlas Asia sebagai distributor oli Top 1 yang sangat peduli dengan keselematan jalan. Selain itu, Teh Botol Sosro, 7 Gear, dan aki Yuasa ini turut serta memberikan dukungan tentang pentingnya sosialisasi UU Lalu Lintas No. 22 tahun 2009 yang dijelaskan oleh Bro Bayu. Polisi lalu lintas berpangkat Briptu tersebut juga tercatat sebagai biker HTML Bekasi, lalu ia menjelaskan tentang keadaan lalu lintas yang kerap ditemuinya sehari-hari.

Seringkali para pengendara sepeda motor takut apabila berurusan dengan polisi, karena takut ditilang, disidang dan lain sebagainya. Hal tersebut yang berujung pada maraknya penyuapan anggota polisi lalu lintas di tempat. “Tidak ada istilah damai dalam pelanggaran lalu lintas”, tegas Bro Bayu.

Dengan taatnya kita terhadap peraturan lalu lintas, maka resiko terhadap kecelakaan akan semakin kecil pula. Contohnya kita sering menganggap bahwa memakai helm itu repot apalagi jika jaraknya yang dekat, namun saat kita lengah dan kita tak melindungi diri sendiri maka fatal yang akan didapat.

Agar dapat mengurangi tingkat resiko kecelakaan di jalan raya, hendaknya para bikers memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

1. Gunakan helm yang mempunyai standar keselamatan seperti SNI, DOT dan lain-lain.
2. Memperhatikan kelengkapan berkendara seperti kaca spion, lampu, spidometer dan sebagainya.
3. Kelengkapan surat berkendara seperti SIM dan STNK.
4. Hormati sesama pengguna jalan raya lainnya seperti sepeda motor lain dan pejalan kaki.
5. Hormati pengguna jalan lain seperti mobil, truk, bis dan sebagainya.
6. Patuhi peraturan lalu lintas.
7. Jangan jadikan jalan raya sebagai arena balapan atau kebut-kebutan.

Sesi berikutnya yaitu sesi pertolongan pertama pada kecelakaan atau P3K. pada sesi ini para peserta dibekali pengetahuan tentang macam-macam penanganan kejadian. Sehingga para peserta apabila mengalami kecelakaan dapat mengetahui tindakan apa saja yang bisa dilakukan.

Acara lalu dilanjutkan dengan presentasi tentang produk oli Top 1 asal Amerika oleh Bro Rindra dari PT Atlas Topindo Asia. Dalam suasana yang akrab tersebut dijelaskan mengenai keunggulan-keunggulan dari pelumas Top 1, dimana para peserta dapat mengetahui jenis oli untuk digunakan di masing-masing sepeda motor miliknya.

Sesi tanya jawab pun mengenai oli Top 1 pun berlangsung meriah. Berbagai macam pertanyaan dilontarkan para peserta, sehingga para peserta makin mengerti dan paham. Tak lupa pihak Top 1 pun memberikan hadiah kaus sebagai cinderamata kepada yang mengajukan pertanyaan.

Aki Yuasa pun tak kalah seru bagi-bagi hadiah. Para peserta pun semangat untuk menjawab pertanyaan dari MC mengenai aki Yuasa. Wajar saja, sesi terakhir sebelum makan siang ini mempunyai hadiah utama yaitu sebuah handphone Blackberry.

Praktek SRC 2012

Setelah makan siang, para peserta kembali mengikuti rangkaian acara yang sudah disiapkan panitia. Tentunya yang sudah dinanti para peserta yaitu praktek safety riding. Tim dari HTML Safety Riding Team atau biasa disingkat HSRT lalu menyiapkan peralatan di pelataran parkir Polsek Medan Satria dan jalanan lurus di samping Polsek.

Praktek diawali dengan melalui replika jalan berlubang, para peserta diharuskan dapat mengatur posisi badan agar kendaraan tetap melaju dengan baik. Lalu para peserta diharuskan melalui maneuver berputar seperti angka 8. Dalam sesi ini terlihat banyak peserta yang cukup kewalahan dalam mengontrol sepeda motornya.

Dalam praktek slalom dengan  kecepatan yang tak terlalu rendah, para pesert diharuskan dapat mengatur gas dan mengontrol setang dengan baik, hal ini dimaksudkan agar para peserta dapat lincah dalam lalu lintas perkotaan.

Lanjut ke sesi braking atau pengereman terbagi tiga, yaitu pengereman hanya dengan rem belakang, lalu hanya rem depan dan kombinasi keduaya. Hal tersebut dimaksudkan agar para peserta dapat melakukan rem secara dengan benar (panic braking).

Beralih ke sesi terakhir yaitu aksi safety riding dari HTML Korwil Jabodetabek serta dari Palembang dan Lampung. Acara ditutup dengan sesi pembagian sertifikat kepada para peserta, penghargaan kepada para sponsor lalu diakhiri dengan sesi foto bersama.

ALBUM PHOTO

3 thoughts on “Top 1 Dukung HTML Safety Riding Course 2012

  1. Mantap, semoga dengan adanya sosialisasi seperti ini tambah menambah wawasan bagaimana cara berkendara yg baik dan aman bagi diri dan org lain ..

  2. mantap….dengan adanya safety riding course yg di selenggarakan oleh html ini maka dapat menanamkan kesadaran masyarakat bagaimana berkendara yg baik …salam satu aspal

  3. Semoga saja diikuti oleh komunitas atau klub lainnya agar dapat mengurangi angka kecelakaan dengan keselamatan berkendara

Leave a Reply