IIMS 2012: Mahasiswa Universitas Indonesia Kunjungi Pameran

29 September 2012. Setelah sehari sebelumnya mendapat kunjungan dari 6 sekolah kejuruan, hari ini pameran the 20th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 kembali mendapat kunjungan dari para mahasiswa yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai penyelenggaraan pameran IIMS. Kunjungan kali ini dilakukan oleh para mahasiswa dari Vokasi Pariwisata Universitas Indonesia, dari Jurusan atau Konsentrasi Meeting, Incentive, Conference and Exhibition (MICE).

Sesuai dengan jurusan yang mereka ambil, kunjungan 40 mahasiswa beserta dua pendamping ini tidak difokuskan untuk mengetahui mengenai teknologi dan produk terbaru yang ditampilkan tetapi menggali pengetahuan mengenai seluk beluk penyelenggaraan pameran. Sebagai sebuah pameran otomotif terbesar bertaraf internasional, IIMS menjadi tempat yang tepat untuk dijadikan bahan studi para mahasiswa ini.

Para mahasiswa ini disambut oleh Abiyoso Wietono selaku Manager Divisi Otomotif Dyandra Promosindo dan Mirna Gozal, Public Relations Manager Dyandra Promosindo. Acara penyambutan dilakukan di Press Conference Room Hall B, JIExpo. Pada kesempatan ini, para mahasiswa mendapatkan gambaran mengenai pelaksanaan suatu pameran dari kedua nara sumber di atas.

“Kami berharap lewat kunjungan hari ini kami dapat berbagi dengan para mahasiswa informasi, pengalaman dan hal-hal lain yang berhubungan dengan pameran.” ujar Abiyoso. Pada sesi tanya jawab, para mahasiswa yang baru pertama kali melakukan kunjungan ke pameran IIMS terlihat bersemangat mengajukan pertanyaan seputar pelaksanaan kali ini.

“Tujuan diadakannya kunjungan ini adalah untuk mendapatkan informasi dan menambah wawasan mereka mengenai penyelenggaraan suatu pameran. Dengan hadir di sini, para mahasiswa bisa melihat langsung cara kerja penyelenggara. Mereka juga bisa bertanya secara langsung mengenai berbagai hal yang telah mereka pelajari di kampus,” ujar Dra. Aris Miyati Nasution yang mendampingi para mahasiswa ini.

Ia menambahkan bahwa para mahasiswa MICE rutin melakukan kunjungan ke berbagai pameran untuk memperkaya pengetahuan mereka.

Selepas acara sambutan resmi, para mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk berkeliling area pameran IIMS 2012. Salah satu mahasiswa peserta kunjungan kali ini, Husni Mubarak, mengatakan dengan mengunjungi pameran ini, ia bisa melihat bagaimana orang-orang, baik penyelenggara maupun exhibitor, bekerja; memperoleh informasi mengenai proses kerja yang dilakukan serta mendapatkan bukti kemegahan penyelenggaraaan pameran IIMS.

“Ketiga hal ini, yaitu orang-orang yang bekerja di dalamnya, proses kerja dan bukti nyata hasil kerja mereka merupakan faktor penting yang menentukan sukses tidaknya suatu pameran, ujar Dra. Aris.

Leave a Reply