IIMS 2012: All New Honda Civic, Mobil Pintar Ramah Lingkungan

29 September 2012. Dalam gelaran IIMS 2012, PT Honda Prospect Motor (HPM) ikut menampilkan All New Honda Civic untuk pasar Indonesia. Acara launching kendaraan pintar ramah lingkungan ini sudah dilakukan pada bulan Juni 2012 yang lalu (artikel ini). All New Civic dijual dengan harga Rp. 341 juta untuk mesin transmisi manual 1.800 cc. Sedangkan untuk transmisi otomatis 1.800 cc Rp. 354 juta dan 2.000 cc Rp. 406 juta.

“Pada IIMS 2011 yang lalu kami telah menjual 1.600 unit untuk berbagai varian Honda. Sedangkan di ajang IIMS tahun ini (red=2012) kami menghadirkan secara lengkap  mulai dari New Honda Freed, All New Honda Civic, Honda Accord, dan All New CR-V dengan dua model Prestige Edition dan Modulo,” kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM, Jonfis Fandy.

“Honda CR-V paling banyak dipesan konsumen. Mobil jenis sport utility vehicle itu laku hingga 300 unit. Sedangkan city car Honda Brio menuai pesanan 106 unit. Varian lain yang juga dipesan konsumen, yakni CR-Z, Civic, dan City,” tambah Jonfis Fandy yang bangga dengan Honda Brio-nya telah meraih Forwot Car of The Year 2012 (artikel ini).

Hingga saat ini, ujar dia, penjualan mobil Honda tidak terpengaruh oleh aturan batas minimal uang muka yang ditetapkan Bank Indonesia. Sebab, Honda Prospect tidak pernah menjual mobil dengan uang muka rendah sehingga aturan ini tak berdampak besar. “Kami lebih memilih memasang uang muka tinggi dengan cicilan rendah,”

Sekilas Honda All New Civic

Mobil pintar dan ramah lingkungan All New Civic menggunakan dua tipe mesin, yaitu 1.800 cc dan 2.000 cc. Keduanya sudah menggunakan teknologi i-VTEC SOHC. Kekuatan inovasi dan keunggulan teknologi hadir dalam fitur-fitur canggih di dalam All New Civic, serta dapat memberikan pengalaman berkendara yang paling mengasyikkan.

Berbagai fitur terdepan sudah dibenamkan pada kendaraan tipe sedan ini, diantaranya adalah: i-MID (Intelligent Multi Information Display), ECON Mode, Motion Adaptive EPS + VSA, system pengereman yang menggunakan ABS/EBD/BA, Dual SRS Airbags system, Smart Key dan beberapa fitur canggih lainnya.

 Interior

Pengalaman mengemudi yang personal dapat dirasakan saat memasuki kabin All New Civic ini. Multiplex Meter bertingkat langsung menyapa saat duduk di bangku kemudi. Perangkat ini memberikan informasi yang dibutuhkan pengemudi, seperti konsumsi bensin, kecepatan dan sebagainya.

Beralih ke system audio, All New Civic dibekali dengan system audio terbaru dan dapat dikendalikan langsung dari setir kemudi (Steering Wheel Mounted Controls). Terdapat juga fitur SVC (Speed Sensitive Volume Compensation) dimana volume audio dapat menyesuaikan dengan kecepatan kendaraan secara otomatis.

Tombol One Push Ignition System akan memudahkan pengemudi untuk menyalakan dan mematikan mesin kendaraan dengan mudah. Pusat informasi kendaraan i-MID akan menampilkan pengaturan audio, melihat konsumsi BBM dan system keamanan. Semua hal tersebut dapat langsung dikendalikan dari setir kemudi.

Eksterior

Dari tampak luar, sedan empat pintu ini terlihat cukup atraktif. Lampu utama telah menggunakan lampu HID Proyektor, sehingga jalanan terlihat jelas saat berkendara malam hari. Desain grill depan dan bumper depan yang sporty juga menambah percaya diri pengemudi.

Dengan garis yang tegas dan menarik membuat All New Civic sesuai dengan kaum eksekutif muda yang ingin tampil sporty. Urusan lingkar pelek menggunakan pelek ukuran 16 dan 17 inci, dengan menggunakan pelek sebesar itu dipercaya akan mendongkrak tampilan All New Civic lebih garang di jalan raya.

Fitur Honda yang ramah lingkungan juga hadir dalam All New Civic, yaitu fitur ECON Mode. Fitur ini akan mengubah system pengendaraan yang dapat memaksimalkan efisiensi bahan bakar hingga 20%. Econ Mode akan mengubah perpindahan transmisi dan penyesuaian pendingin udara secara otomatis.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply