IIMS 2012: Students Day Padati Pameran

28 September 2012. Kemarin hari Kamis (27/9) pameran the 20th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 dipadati oleh ratusan pelajar dari berbagai sekolah yang hadir memenuhi undangan panitia IIMS dalam program Students Day. Program ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sosial IIMS yang rutin digelar setiap tahun.

Kegiatan sosial peduli pendidikan IIMS dimulai dengan kegiatan pre-event yaitu program “Kunjungan Pabrik” ke Agen Pemegang Merek (APM) yang dilakukan sebelum pembukaan IIMS 2012. Program ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan mengenai dunia otomotif Indonesia kepada para pelajar peserta kunjungan, khususnya dari sudut pandang para pelaku industri otomotif secara langsung.

Kegiatan kunjungan kepabrik APM tersebut diikuti oleh sekitar 200 pelajar SMK dari Jakarta, Bandung dan Solo. APM yang mendapat kesempatan dikunjungi oleh para pelajar antara lain Daihatsu, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso dan Suzuki.

Selanjutnya, pada Kamis kemarin sekitar 450 siswa dari 6 sekolah di Jakarta yaitu SMA Negeri 41, SMP Negeri 75, SMKN 5 Jakarta, SMKN 1 Budi Utomo, Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi dan rombongan panti asuhan Yakiin ikut menyambangi pagelaran IIMS 2012.

Pada kesempatan ini, seluruh pelajar yang hadir bisa melihat dari dekat produk dan teknologi terbaru yang ditawarkan. Kunjungan para siswa ini dimulai dari Hall A lalu ke Hall D dan berlanjut ke area Semi Permanent, Hall C dan Hall B. Kunjungan mereka mendapat sambutan hangat dari para peserta IIMS.

Hampir seluruh peserta pada tiap hall menyiapkan acara khusus menyambut kedatangan para siswa, seperti di booth Toyota, Honda, Nissan, dan Suzuki pada area hall D, pada area hall A Hyundai, Mitsubishi Motors, Ford, serta Daihatsu menyambut para siswa dengan berbagai sajian menarik. Memasuki area Outdoor, para siswa diajak mengunjungi booth Isuzu dan Mitsubishi Fuso.

Menyeberang ke area hall B dan C, peserta mendapat sambutan di booth BMW, Chevrolet, dan juga Tata Motors. Tidak melupakan industri pendukung otomotif lainnya, peserta kunjungan Students Day juga bertandang ke area Semi Permanent Hall, dimana V-kool juga memberikan sambutan di booth mereka.

Tidak hanya mengunjungi pameran, kesempatan ini juga dipergunakan peserta IIMS 2012 untuk memberikan apresiasi bagi para generasi penerus dengan mendonasikan mesin untuk keperluan pembelajaran para siswa. Dua peserta IIMS 2012 memberikan sumbangan mesin menyusul Daihatsu dan juga Krama Yudha Tiga Berlian yang sudah lebih dulu memberikan donasi mesin pada program IIMS 2012 Student Visit To Assembly Plant yang merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) pada pre-event IIMS tahun ini.

Nissan memberikan sumbangan mesin kepada SMK 5 dan SMK Strada untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di kedua sekolah ini. Siswa SMK 5 yang hadir antara lain merupakan siswa-siswa pilihan dengan minat kuat pada industri otomotif.

“Beberapa mobil yang saya lihat merupakan mobil listrik yang merupakan mobil ramah lingkungan,” ujar Fahmi Ahmad dari SMK 5, Jakarta. Ia juga mengagumi material yang digunakan pada mobil masa kini yang sangat memperhitungkan dampak pada lingkungan.

Sementara itu, Kepala Jurusan SMK Strada, Yohanus Wina, mengatakan kegiatan ini sangat membantu siswa mendapatkan wawasan baru mengenai dunia otomotif, terutama dengan melihat begitu banyaknya teknologi baru yang ditampilkan. Ia berharap pada gelaran IIMS mendatang sekolah kejuruan, khususnya yang berkaitan dengan otomotif, bisa mendapatkan satu stand untuk memperlihatkan program pendidikan maupun hasil karya anak didik mereka.

Selain Nissan, Toyota Astra Motor juga mengadakan kegiatan sumbang mesin yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor dan PT Astra International melalui Yayasan Toyota dan Astra (YTA). Bantuan diberikan dalam bentuk satu unit engine assy untuk alat peraga dalam kegiatan belajar mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan 1 Budi Utomo, Jakarta.

“Ini merupakan bagian dari komitmen Yayasan Toyota dan Astra kepada dunia pendidikan Indonesia,” ujar Presiden Direktur Toyota Astra Motor Johnny Darmawan. Selain itu, kegiatan ini merupakan langkah nyata Toyota untuk memberikan yang terbaik demi masa depan yang lebih baik.

Rangkaian acara Students Day ditutup dengan acara “IIMS Book Donation” yang dilakukan di Hall D. Kegiatan sumbang buku ini dimulai sejak 16 Agustus dengan menggandeng 3 pusat perbelajaan di Jakarta, yaitu Tamini Square, Plaza Senayan, dan Central Park serta 5 toko buku Gramedia, yakni Gramedia Matraman, Gramedia Kelapa Gading, Gramedia Grand Indonesia, Gramedia Central Park, dan Gramedia Pondok Indah Mal 1.

Sampai kemarin sudah terkumpul sekitar 3 ribuan buku. Pengumpulan buku masih terus dilakukan selama pameran IIMS dimana panitia menempatkan beberapa drop box di area pameran, salah satunya di depan Press Room Hall D.

“Ada dua institusi yang akan menerima buku dari panitia IIMS yaitu, Mobil Pintar SIKIB (Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu) dan Kick Andy Foundation,” ujar Abiyoso Wietono, Manager Divisi Otomotif Dyandra Promosindo pada saat menyerahkan secara simbolik sumbangan buku ini ke Mobil Pintar SIKIB (Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu), Kamis (27/09).

Ahmad Gozali, yang hadir atas nama SIKIB menyambut baik sumbangan buku ini. “Buku ini pasti akan sangat berguna bagi Mobil Pintar SIKIB yang kami gunakan keliling Indonesia untuk memberikan pengetahuan kepada anak-anak Indonesia.”

Leave a Reply