IIMS 2012: Isuzu Kenalkan Mesin 4 Silinder & Teknologi Mimamori

28 September 2012. Dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 yang sedang berlangsu di JIExpo Kemayoran, Jakarta ini, tak ketinggalan PT Isuzu-Astra Motor Indonesia (IAMI) ikut memperkenalkan beberapa teknologi baru dalam dunia otomotif khususnya untuk segment komersial. Teknologi yang diperkenalkan memiliki satu tujuan yang sama yaitu memberikan efek EFISIENSI.

Seperti yang kita ketahui bahwa sektor logistik merupakan sektor yang memegang peranan yang penting dalam pembangunan. Semua perusahaan dan pembisnis mengharapkan produknya dapat tersebar sampai ke tujuan dengan cepat, tepat dan biaya yang terjangkau.

Pada saat ini biaya distribusi di Indonesia terbilang tinggi, hal ini disebabkan oleh banyak faktor seperti kemacetan, overload, serta kenakalan oknum, hingga penggunaan kendaraan yang kurang tepat guna. Dalam hal ini pemerintah juga memiliki visi untuk dapat menurunkan biaya distribusi hingga 20%.

Isuzu sebagai produsen kendaraan komersial, selalu mengedepankan efisiensi serta berkomitmen untuk menjadi partner bisnis yang terpercaya dan dapat diunggulkan. Isuzu melihat pada saat ini masih banyak penggunaan kendaraan kelas medium truk (kategori III) di Indonesia yang tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis para pengusaha dan medan yang dilalui, sehingga banyak terjadi pemborosan.

MESIN 4 SILINDER

Isuzu hadir dengan Isuzu GIGA FRR dan FTR, truk medium pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi Heavy Duty Common Rail dengan mesin 4 silinder yang memiliki tenaga yang mumpuni. Kendaraan ini diperuntukkan untuk angkutan jarak dekat dan menengah dengan volume angkut yang besar dan ringan yang akan menjadikan lebih tepat guna dan efisien.

MIMAMORI, FLEET MANAGEMENT SYSTEM

Pada saat ini PT IAMI memperkenalkan system “Fleet Management System” yang dinamakan Mimamori. Sebuah alat yang berbasis GSM yang berguna untuk memberikan informasi yang akurat dan komprehensif mulai dari keadaan kendaraan sampai dengan perilaku pengemudi dalam berkendara.

Dengan penggunaan alat ini dapat dijadikan pengawasan dari para pembisnis untuk mengontrol kendaraan maupun pengendaranya, sesuai dengan prinsip Isuzu, SEE yaitu SAFETY, ECONOMY and ENVIRONMENT, Mimamori adalah salah satu alat untuk mewujudkan SEE.

Mimamori berbeda dengan GPS, Mimamori dapat memberikan data yang lebih mendetail mengenai kendaraan. Tidak hanya memberikan informasi posisi kendaraan pada ‘real time’, namun Mimamori dapat juga memberikan report harian pengemudi.

Antara lain bagaimana pengemudi menggunakan kendaraan ini, apakah pengendara sudah mengendarai kendaraan dengan baik dan benar, tidak membahayakan diri sendiri maupun pengendara lainnya, dengan berkendara dengan baik dan benar maka secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi dari sisi biaya operasional kendaraan tersebut.

Kendaraan diharapkan akan menjadi lebih hemat bahan bakar, tidak mudah rusak, biaya maintenance bisa dikurangi, biaya pembelian spare part juga dapat berkurang. Selain sisi keselamatan yang dijaga dari sisi ekonomis juga didapat. Report harian pengemudi dapat memberikan analisa secara rinci tingkat keselamatan dan cara mengemudi untuk dapat dijadikan analisa untuk dilakukan perbaikan kerja.

Manager operational dapat memeriksa laporan tersebut kapanpun mereka butuhkan. Mimamori akan memberikan peringatan pada saat mengemudi seperti kendaraan terlalu cepat, sering melakukan rem mendadak, akselerasi mendadak. Selain itu secara otomatis Mimamori akan menampilkan jadwal pemeliharaan (service) kendaraan, dengan perawatan yang teratur maka kondisi kendaraan akan selalu prima dan meminimalisasikan kerusakan yang fatal.

Untuk melakukan seluruh kegiatan ini, manager operasional tidak harus selalu duduk di meja kerja sepanjang hari. Mimamori tidak menggunakan program khusus, dengan menggunakan segala jenis ‘gadget’ yang memiliki koneksi internet, maka hanya dengan membuka website Mimamori dan mengisi user name dan password masing-masing, maka manager operasional dapat memeriksa kendaraannya kapan saja dan dimana saja.

ALBUM PHOTO

Tagged with 

One thought on “IIMS 2012: Isuzu Kenalkan Mesin 4 Silinder & Teknologi Mimamori

  1. dengan mesin 4 silinder akan menekan harga jual sehingga lebih murah dari kompetitornya … :)

Leave a Reply