Mercedes-Benz Automotive Mechatronic Training Program Luluskan 17 Mekanik Muda

image006

26 September 2012. Mercedes-Benz Indonesia telah melaksanakan wisuda kepada 17 (tujuh belas) pemimpin masa depan berpotensi yang telah berhasil melewati program pelatihan dan pendidikan Automotive Mechatronic selama tiga tahun untuk periode 2009-2012. Acara seremonial upacara dan pemberian sertifikat kelulusan telah dilakukan di kantor PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Jl. Martadinata Km. 7, Ciputat pada hari ini (Rabu, 26/9/12).

Tutu hadir dalam acara upacara dan pemberian sertifikat, antara lain Presiden & CEO Mercedes-Benz Indonesia, Dr. Claus Weidner, After Sales Director Heinrich Schromm dan Deputy Director Central Training Eko Setiyodiwarno yang sekaligus memimpin upacara wisuda, disaksikan oleh masing-masing orang tua dan keluarga siswa, dealers dan perwakilan dari pemilik armada Mercedes-Benz.

Dr. Weidner dalam kata sambutannya mengatakan, “Di Mercedes-Benz, sumber daya manusia merupakan salah satu aset terbesar perusahaan. Tanpa orang-orang yang memiliki kualitas dan pelatihan yang baik, kami tidak akan pernah berada dalam posisi puncak saat ini, terkait teknologi, inovasi, dan kinerja bisnis perusahaan.”

“Kami memiliki komitmen yang tinggi dan memberikan dukungan berkesinambungan terhadap pusat pelatihan kami, untuk memastikan implementasi menyeluruh terhadap pengembangan sumber daya manusia yang berfokus pada kualitas demi peningkatan karir mereka di masa depan. Tentu saja, tujuan utama kami adalah setiap individu dapat memberikan layanan premium kepada pelanggan Mercedes-Benz kami,” tambah Dr Weidner.

Pusat pelatihan Mercedes-Benz di Indonesia telah berdiri sejak 1978, dengan senantiasa melakukan peningkatan kualitas dan penyesuaian yang dilakukan guna mengikuti perkembangan teknologi yang pesat, termasuk dengan kompleksitas di dalamnya, serta untuk memenuhi persyaratan standar yang ditentukan dari Mercedes-Benz Regional.

Kurikulum dan silabus regional atas program pelatihan 3 tahun Automotive Mechatronic yang diterapkan di wilayah Asia Tenggara dan North-East Asia telah diawali dan disusun di Indonesia sejak beberapa tahun lalu. Selain, pusat pelatihan kami memiliki Certified Trainer dengan standar kualifikasi Mercedes-Benz internasional, yang langsung dikeluarkan oleh Global Training Germany.

Selama masa pelatihan, para siswa menjalankan beberapa aktivitas yang tidak hanya berfokus pada teori, tetapi juga terjun langsung dalam program magang dilapangan.

Heinrich menjelaskan, “Program magang dilaksanakan langsung di bengkel resmi Mercedes-Benz dengan rasio 80:20, 80% praktek dan 20% teori yang menitikberatkan pada layanandan diagnose kendaraan Mercedes-Benz dengan menggunakan teknologi terkini pada passenger car dan commercial vehicles. Ini adalah jaminan kami bahwa seluruh siswa saat ini memiliki kapasitas yang sesuai untuk mengatasi setiap problem teknis yang mungkin terjadi pada kendaraan Mercedes-Benz.”

Program pelatihan 3 tahun ini mencakup aspek teknis dan non-teknis, dimana hal ini konsisten dengan standar Mercedes-Benz. Dengan menyelesaikan program pelatihan ini, para lulusan kami siap hadapi tantangan yang lebih besar di arena kompetisi antar mereka untuk meraih kinerja terbaik melalui kerjasama tim. “Mereka mulai hari ini memangku tanggung jawab untuk menyelesaikan tantangan nyata di lapangan yang mungkin terjadi pada kendaraan Mercedes-Benz.”

Dr. Weidner menyimpulkan, “Saya bangga untuk berada disini bersama seluruh lulusan program pelatihan Automotive Mechatronic. Mereka telah bekerja keras untuk bias menjadi Certified Maintenance Technician bagi passenger cars dan commercial vehicles Mercedes-Benz. Setelah melewati serangkaian pelatihan dan penilaian, nantinya mereka akan berperan sebagai tulang punggung layanan Mercedes-Benz yang akan mendedikasikan ketrampilan dan pengetahuannya dalam jaringan resmi Mercedes-Benz Indonesia.”

Mercedes-Benz Indonesia telah melakukan wisuda terhadap 785 siswa sejak berdirinya pusat pelatihan 34 tahun yang lalu. Melalui program pengembangan dan kualifikasi selanjutnya, kesempatan karir yang lebih besar terbuka tanpa batas, tentu saja bagi setiap insan yang bisa memberikan kontribusi berdasarkan tingkat ekspektasi yang ditetapkan demi peningkatan kualitas layanan Mercedes-Benz dan demi kepuasan pelanggan. Dengan kualifikasi yang lebih tinggi, sebagian dari mereka bahkan telah menduduki posisi manajemen di dealer dan di PT Mercedes-Benz Indonesia.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply