IIMS 2012: Chevrolet SPIN, Mobil Keluarga Idaman

24 September 2012. Dalam gelaran produk otomotif terbesar di Indonesia yaitu ajang Indonesia International Motor Show 2012 (IIMS) banyak produsen otomotif berlomba menarik hati para penggila otomotif di Indonesia. Kali ini GM Indonesia memanfaatkan IIMS 2012 dengan memperkenalkan sang empunya ide desain MPV, yakni Direktur Desain Eksterior GM Brasil, Matthew Noone, yang diterbangkan langsung dari Sao Caetano do Sul, Sao Paulo.

Matthew mengatakan All New Chevrolet Spin merupakan mobil keluarga yang memiliki kapasitas 5 hingga 7 penumpang. Untuk memproduksi mobil massal secara global, dia mengaku sulit. “Prosesnya cukup panjang, karena kita harus melihat segmentasi serta pasar,” jelas, Matthew, saat presentasi All New Chevrolet Spin, di hall C, JIExpo, Jumat, 21 September 2012.

Untuk memberikan hasil terbaik, Matthew mengaku membutuhkan waktu 3 hingga 4 tahun, mulai dari desain hingga merancang dan menjadi All New Spin. Selain itu, Spin juga telah menjalani pengujian ekstensif di empat benua, Amerika, Eropa, Asia, dan Australia.

Matthew juga menambahkan kerap melakukan telewicara dengan cabang General Motor di seluruh dunia termasuk Indonesia. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui kecocokan suatu produk apabila produk tersebut  akan dilepas ke publik. ”Untuk nama Spin itu didapat di tengah-tengah proyek pengembangan. Nama bukan kami (tim desain) yang memberikan, namun tim marketing,” jawab Matthew saat ditanya megenai asal usul pemilihan nama Spin.

Spin memiliki garis-garis yang tegas sehingga menghasilkan penampilan menarik. Di bagian depan, Chevrolet Spin menampilkan ciri khas split grill tradisional Chevrolet dengan lampu depan yang rapat sedikit melancip ke atas bagian luar, sehingga memperkuat penampilan yang unik serta daya tarik secara visual.

Tampilan yang kokoh tersebut lebih diperkuat dengan side lines yang mengesankan dan belt line yang tinggi. Spin juga terlihat aerodinamis karena desain kendaraan yang tegas dirancang secara maksimal. Spin memiliki ruang kabin cukup lega yang memuat banyak barang. Kapasitas kabinnya mampu mencapai 162 liter. Sementara dengan tujuh penumpang kapasitas meningkat menjadi 710 liter. Tidak hanya itu, jika kursi tengah dilipat ke bawah, kapasitasnya menjadi 1.668 liter.

Direktur Desain Eksterior GM Brasil, Matthew Noone sebagai desainer MPV Chevrolet Spin hadir di IIMS 2012 Jakarta

Sebelum mendesain All New Spin, Matthew juga telah mendesain beberapa produk yang telah resmi dipasarkan seperti Hummer X Concept, Chevrolet Malibu, Impala, Trailblazer, dan Colorado. ”Kami ingin memberikan mobil keluarga berukuran compact yang memuat hingga tujuh orang penumpang,” jelas Matthew menambahkan.

GM Indonesia mengklaim Chevy Spin mampu menampung tujuh penumpang dengan ruang bagasi 162 liter atau lima penumpang dengan ruang bagasi 710 liter. Noone mengatakan Spin sengaja menyasar segmen pasar yang belum dijangkau Orlando dengan desain eksterior yang lebih berotot dibanding mobil-mobil MPV Jepang.

“Jika konsumen ingin mobil yang lebih besar, ada Orlando yang mempunyai desain lebih sport dibanding Spin,” kata Noone tanpa menyebut rinci dimensi Chevy Spin.

Spin akan diproduksi di Pabrik GM Indonesia Bekasi sebanyak 40 ribu unit/tahun. Spin, lanjut Noone, punya keunggulan kedap suara dan ada 23 kombinasi posisi kursi. Manajer Public Relation PT GM Indonesia, Adhitya Zainuddin, mengatakan pangsa pasar Spin akan lebih besar dibanding Chevy Orlando LT 1,8 liter yang ditawarkan Rp330 juta.

“Kami belum resmi mengumumkan harga dan spesifikasi mesin karena Spin baru hadir di pasar Indonesia pada kuartal pertama 2013,” kata Adhitya. Nantinya, pabrikan GM Indonesia yang menghasilkan All New Spin diharapkan dapat memproduksi 40.000 unit yang akan di ekspor ke Asia Tenggara, setelah itu, Timur Tengah serta ke beberapa kawasan lainnya.

Eksterior Spin

Dengan potongan-potongan garis yang tegas, Spin ditujukan pada segmen yang matang dengan proporsi yang unik. Spin adalah tipe mobil keluarga dengan tampilan penuh petualangan, ideal untuk mereka yang suka berpergian, berkendara bersama keluarga atau berkendara sehari-hari.

Pada bagian depan, Spin memiliki split grid  khas Chevrolet bersama dengan garis modern, headlights yang lebih tajam dan menampilkan lampu spotlights yang mempertegas kepribadian dan tampilan yang unik. Pada sisi samping, tampilan yang tangguh juga dibatasi oleh garis sabuk yang lebih tinggi. Bagian belakang memiliki detil yang menunjukkan proyeksi dan kecanggihan perakitan Spin. Lampu belakang dirancang khusus agar dapat menyalurkan aliran udara.

Sebuah tonjolan mampu membuat turbulensi udara melintasi lampu belakang dan menjadikannya tetap bersih dan berfungsi dengan baik saat hujan. Lapisan aerofoil  yang dipasang pada pintu bagasi juga dirancang untuk meningkatkan nilai keaerodinamisan MPV ini.

 Interior Spin

Interior Spin terbaru adalah hal yang luar biasa. Dibangun di atas wheelbase sepanjang 2,620 meter, kendaraan ini mampu menyediakan ruangan yang cukup untuk tujuh orang. Posisi kursi, misalnya, adalah contoh yang jelas dari interior yang lain dari biasanya. Tiga baris kursi ditempatkan dalam format teater. Itu berarti kursi baris ketiga lebih tinggi dari pusatnya, dimana  sedikit lebih tinggi dari baris pertama, memberi keleluasaan dan sudut pandang yang luas pada  seluruh penumpangnya.

Bagasi Spin memiliki kapasitas muat barang yang besar. MPV ini mampu membawa, misalnya, sepeda tanpa harus dibongkar pada bagian dalamnya. Dengan tujuh penumpang, kapasitas muatnya adalah 162 liter. Dengan lima penumpang meningkat menjadi 710 liter, yang memungkinkan untuk dapat mencapai hingga 1.668 liter dengan kursi baris tengah dilipat ke bawah.

Terdapat juga glove box pada bagian atas panel yang juga terdapat pada pintu penumpang depan dan dapat menampung hingga dua liter botol air.

Selain faktor-faktor pembeda tersebut, interior Spin memiliki sentuhan akhir premium  amat luar biasa pada semua versi yang ditawarkan. Hal ini dapat terlihat pada panel two-tone dan apa yang disebut “efek permata”, silver finishing dan krom yang menonjol yang dihadirkan pada handel pintu, kemudi, tombol radio dan AC, tuas pemindah gigi , tuas rem tangan dan outlet on air.

Untuk melengkapi, interior Spin menawarkan teknologi dan nilai yang modern. Terdapat, misalnya, port USB untuk radio, komputer dan item panel gabungan analogis (tachometer) dan digital (speedometer).  Peranti-peranti pengukur dalam dasboard Spin memiliki font eksklusif dan memiliki pencahayaan Blue Ice, hadir dalam model lain dari Chevrolet.

Kualitas lain dari Chevrolet Spin adalah fakta bahwa mobil ini amatlah kedap suara. Para teknisi di Brasil mencurahkan sebagian besar pekerjaan pada sistem kedap suara untuk MPV tersebut. Upaya difokuskan pada gasketweatherstrips dan karet gasket , serta overlay  internal – seperti di dalam firewall.  Pekerjaan lebih lanjut: proyek Spin memiliki benteng dalam struktur body mobil yang terletak pada ujung pintu dan di kolom B yang mampu mengurangi masuknya suara melalui bagian lain dari kendaraan.

ALBUM PHOTO

One thought on “IIMS 2012: Chevrolet SPIN, Mobil Keluarga Idaman

  1. [...] kepada masyarakat sejak pameran otomotif IIMS 2012 yang lalu tepatnya bulan September 2012 (artikel ini), kemudian secara resmi di luncurkan dalam acara kunjungan wartawan ke pabrik GM Indonesia di [...]

Leave a Reply