Fitra Eri Juara Mercedes-Benz C-Coupe Touring Championship 2012 Seri-2

image006

24 September 2012. Mercedes-Benz “C-Coupe Touring Championship” (CCTC) musim 2012-2013 memasuki putaran kedua pada hari Minggu, 23 September 2012. Balap one make race (OMR) yang menggunakan sedan Mercedes-Benz C-Class Coupe ini menyuguhkan kompetisi ketat di Sirkuit Internasional Sentul, Jawa Barat dan sebagai juara pertama adalah pebalap Fitra Eri dari Top 1 GT-Radial-Inspire Racing Team.

Seri sebelumnya, CCTC di-ikuti oleh 27 pebalap, dan pada seri kedua ini diisi oleh 26 pebalap karena salah satu peserta terbaiknya, Andre Mamuaya telah meninggal dunia beberapa waktu lalu akibat kecelakaan dengan sepeda motor di Jakarta. Sebagai ungkapan penghormatan untuk Andre Mamuaya, maka sebelum balapan CCTC 2012 Seri Ke-2 ini dilangsungkan doa bersama.

Panasnya atmosfir persaingan pada CCTC Seri ke-2 tak berkurang, pasalnya Fitra Eri sebagai Juara Umum CCTC musim 2010-2011 menghadapi pesaing terdekatnya, seperti Renaldi Hutasoit dan Anton Widianto. Nama-nama lain, seperti Rudi SL, Hari Goemawidjaya, Andrew Haryanto, pebalap wanita Rally Marina, serta dua legendaris Chandra Alim dan Tinton Soeprapto ikut balap memberikan perlawanan ketat untuk sang juara bertahan Fitra Eri.

Fitra Eri dari Top 1 GT-Radial-Inspire Racing Team

Balap CCTC Seri ke-2 terbagi dalam tiga kelas, antara lain kelas unggulan (seeded), kelas pemula (novice), dan kelas bukan unggulan (non-seeded). “Sebuah kebanggaan bagi Mercedes-Benz bisa kembali menggelar seri CCTC di Sentul. Balapan mobil premium ini merupakan bentuk komitmen penuh Mercedes-Benz Indonesia terhadap perkembangan otomotif di Tanah Air, khususnya dalam bidang balap mobil,” ujar President Director Mercedes-Benz Indonesia, Dr. Claus Weidner melalui siaran persnya.

Dr. Weidner menambahkan bahwa Mercedes-Benz dan motorsport merupakan satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan. Kiprah Mercedes-Benz di balap Formula 1 (F1) menjadi bukti keseriusan pabrikan otomotif berbasis di Stuttgart, Jerman ini dalam rancang bangun teknologi dan performa kendaraan.

“Motorsport sudah menjadi bagian dari tradisi Mercedes-Benz sejak lama. Di balapan kami tak hanya mencari prestasi. Lebih jauh dari itu, balapan adalah laboratorium bagi kami untuk mengembangkan produk-produk performa terbaik berdurabilitas tinggi,” lanjut Weidner.

CTTC yang sudah terselenggara selama dua musim ini akan menggunakan sedan premium Mercedes-Benz C180 CGI COUPE terbaru yang secara khusus dipesan dari Jerman untuk kejuaraan balap. Mengacu pada regulasi Group N standar FIA, seluruh Mercedes-Benz C-COUPE yang digunakan untuk melalap Sirkuit Sentul ini tidak mengalami perubahan spesifikasi pada komponen mesin, transmisi, dan gardan.

Dengan kata lain, mesin C180 CGI merupakan versi standar berkapasitas silinder 1.796cc yang mampu menghasilkan tenaga besar 156 hp. Meski demikian, Mercedes-Benz C-COUPE yang diimpor langsung dari Stuttgart, Jerman ini berbeda dengan unit standar yang dijual untuk publik di Tanah Air. Perbeclaan terdapat pads model transmisi yang digunakan, yaitu tipe manual.

“C-Class Touring Championship seri kedua kembali membuktikan bahwa performa tinggi Mercedes-Benz C-Class tidak hanya bisa dirasakan di jalan raya, tapi juga di sirkuit balap yang sangat kompetitif. Daya tahan mesin, keakuratan kemudi, dan kekuatan pengereman C-Class telah diperlihatkan sendiri oleh para pebalap Indonesia,” tutup Weidner.

CCTC musim 2012-2013 sendiri rencananya dibuat dalam enam seri, di mana empat serf pertama dilangsungkan sepanjang tahun 2012, sedangkan dua seri tersisa dilaksanakan pada tahun 2013. Adapun CCTC Seri ke-1 telah berlangsung pada 15 Juli 2012 di Sirkuit Sentul.

Untuk penyelenggaraan CCTC musim 2012-2013 PT Mercedes-Benz Indonesia didukung mitra sponsor, di antaranya produsen ban GT Radial, pelumas TOP 1, velg BBS clan helm INK. Hadiah total uang sebesar Rp 70.000.000 dan piala tetap di setiap seri disediakan bagi para pemenang. Sementara untuk Juara Umum di akhir putaran akan menerima hadiah bergengsi, yaitu satu unit micro-car premium smart passion cabrio, dan runner-up juara umum disediakan satu unit sepeda motor.

ALBUM PHOTO

2 thoughts on “Fitra Eri Juara Mercedes-Benz C-Coupe Touring Championship 2012 Seri-2

  1. [...] di ajang ISOM (Indonesia Series of Motorsport) 2012 Seri Ke-5 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat (artikel ini). Pasalnya pembalap ini memang telah matang dalam dunia balapan dan selalu didukung oleh sponsor [...]

  2. [...] Juara Umum Mercedes-Benz “C-Coupe Touring Championship” (CCTC) musim 2010 – 2011, Fitra Eri bertengger di klasemen sementara dengan perolehan point 68 setelah berhasil finish pertama pada Seri [...]

Leave a Reply