IIMS 2012: Peluncuran Audi A6 2.0 TFSI (mesin baru)

20 September 2012. Audi tampil dalam ajang Indonesia International Motor Show ke-20 yang berlangsung dari tanggal 20 hingga 30 September 2012 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta menampilkan beberapa teknologi dan disain terbaru dari mobil-mobil yang dipamerkan. Hal tersebut tercermin dari salah satu model Audi A6 2.0 TFSI yang mengusung mesin terbaru yang lebih efisien.

Dengan keikutsertaannya di pameran automotif terbesar di Indonesia dan se-ASEAN, Audi bermaksud untuk menunjukkan komitmennya mendukung industri automotif di Indonesia. Pameran automotif ini menjadi ajang bagi Audi untuk menunjukkan kepada publik model-model terbaru Audi di dunia, inovasi teknologi dan disain Audi yang telah menjadi trendsetter di dunia serta upayanya untuk mempertahankan mobilitas sambil tetap menjaga lingkungan.

PT Garuda Mataram Motor sebagai agen pemegang merek (APM) Audi di Indonesia dalam pameran IIMS selalu ingin menunjukkan secara aktif keterlibatannya dalam transfer teknologi dan pengetahuan kepada masyarakat, penciptaan lapangan pekerjaan serta pengembangan sumber daya manusia yang profesional dan kompeten di Indonesia.

Tujuan utama dalam keikutsertaan Audi di ajang IIMS adalah memperkuat posisi Audi sebagai merek bergengsi dan mewah di segmen mobil premium. Stand Audi secara eksklusif berlokasi di Hall B5 bersama dengan merek premium lainnya.

IIMS ke-20 kali ini merupakan ajang tampilan 4 model terbaru Audi termasuk model Product Improvement-nya (PI) yaitu – Audi A4 2.0 TFSI (PI) dan 1.8 TFSI, New Audi A5 2.0 TFSI (pintu dua), Audi A6 2.0 TFSI (mesin baru), New Audi Q3 2.0 TFSI Quattro serta beberapa model menarik lainnya seperti Audi A8 3.0 TFSI Quattro, Audi Q5 2.0 TFSI Quattro dan Audi Q7 3.0 TFSI Quattro sehingga total model yang akan ditampilkan oleh Audi berjumlah 7 unit.

Model yang paling laris Audi A4 akan hadir dengan mesin terbarunya yang lebih bertenaga berkapasitas 2.000 CC dan telah tersedia dengan versi CKD nya dan model yang dipamerkan adalah Audi A4 2.0 TFSI (PI).

Dalam kesempatan IIMS kali ini, PT Garuda Mataram Motor (GMM) akan meluncurkan model Audi A6 2.0 TFSI. Mobil sedan premium Audi yang paling canggih di kelas eksekutif kini tampil dengan mesin terbarunya berkapasitas lebih kecil dan lebih efisien. Jenis mesin terbaru yang disematkan pada Audi A6 tersebut akan melengkapi jajaran model Audi A6 sebelumnya yang telah sukses hadir di Indonesia semenjak tahun 2007.

Audi A6 2.0 TFSI tampil dengan mesin yang lebih kecil tanpa mengorbankan kemampuan performanya serta kerja mesin lebih halus dan pemakaian bahan bakar yang lebih irit. Mengusung teknologi bensin yang canggih, mesin empat silinder terbaru ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 180 tenaga kuda (horse power/hp) pada rentang 4.000 – 6.000 rpm. Untuk torsinya sendiri sangat berlimpah yaitu 320 NM pada rentang 1.500 – 3.900 rpm.

Kemampuan akselerasi dari 0-100 km/jam dapat dicapai dalam waktu 8.3 detik dan kecepatan maksimum mampu mencapai 226 km/jam. Dengan performa yang sangat memukau tersebut dalam waktu yang bersamaan konsumsi bensin hanya berkisar 6.4 km/l kombinasi pemakaian antara perkotaan dan jalan bebas hambatan.

Mesin tersebut dioperasikan secara elektronik dengan teknologi transmisi delapan percepatan otomatis continuously variable multitronic terbaru untuk mengatur tenaga dan torsinya yang besar serta membuat pengendara mampu mengalihkan tenaga mesin menjadi tenaga sesungguhnya di jalan raya dengan tingkat efisiensi yang maksimum. Mesin dan transmisi dioperasikan dan dihubungkan oleh sistem pengaturan elektronik yang memastikan untuk performa yang optimal dan ekonomis dengan emisi gas buang yang rendah (memenuhi standar emisi EURO II).

Model A5 2.0 TFSI Coupe terbaru yang baru saja diluncurkan kepada media pada tanggal 16 Mei 2012 juga tampil perdana di depan publik saat berlangsungnya pameran. Perpaduan karakter elegan, mewah dan sporti yang unik pada Audi A5 2.0 TFSI Coupe terbaru merupakan lanjutan kesuksesan Audi A5 yang sudah hadir dari tahun 2009. Kini, Audi A5 terbaru dapat dinikmati para penggemar mobil coupé di Indonesia.

Audi A5 2.0 TFSI Coupe dengan konsep tempat duduk 2+2 memadukan konstruksi bodi ringan yang didapat dari penggunaan bahan alumunium, baja dan bahan sintetis lainnya dengan mesin performa tinggi sekaligus efisien berkapasitas 2.0 liter dan berkonfigurasi 4 silinder dengan turbo charged sehingga mampu memberikan kegesitan dan tenaga yang luar biasa.

Untuk jenis mobil SUV yang saat sekarang sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia, Audi menampilkan New Audi Q3 2.0 TFSI Quattro, juga yang telah diperkenalkan dengan sukses kepada publik pada tanggal 28 Juni 2012. SUV terbaru Audi Q3 2.0 TFSI Quattro tersebut memadukan gaya sport, efisien dan serbaguna dengan berbagai teknologi yang menjadi ciri khas mobil-mobil premium Audi, seperti bodi, drivetrain, chassis, serta sistem bantuan dan multimedia.

Mesin canggih Audi Q3 TFSI Quattro ditawarkan dengan kapasitas 2.0 liter bensin dengan konfigurasi segaris 4 silinder dapat menghasilkan tenaga sebesar 211 hp pada 5.000 rpm – 6.200 rpm dengan torsi melimpah hingga mencapai 300 Nm pada 1.800 – 4.900 rpm sehingga mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dari titik 0 hanya dalam waktu 6,9 detik serta mampu dipacu hingga 230 km/jam!

Mesin tersebut dioperasikan secara elektronik dengan teknologi transmisi tujuh percepatan otomatis S- Tronic terbaru yang khusus didisain dan dibuat untuk kerja berat. Kedua mesin dan transmisi dioperasikan dan dihubungkan oleh sistem pengaturan elektronik yang memastikan untuk performa yang optimal dan ekonomis dengan emisi gas buang yang rendah (memenuhi standar emisi EURO II).

Diantara model-model yang telah disebutkan, beberapa model menarik lainnya juga akan ditampilkan di hadapan publik yaitu model flagship Audi A8 3.0 TFSI Quattro, SUV Audi Q5 2.0 TFSI Quattro dan Audi Q7 3.0 TFSI Quattro.

Menempati area seluas 470 meter persegi, Audi akan menampilkan 7 model mobil dimana 3 diantaranya baru saja diperkenalkan di Indonesia. Hal tersebut memperlihatkan Audi sangat memahami kebutuhan konsumen sekaligus sigap dalam memberikan respon dan fleksibel untuk membawa model-model terbaru dalam kurun waktu yang sangat singkat semenjak peluncuran perdananya di dunia.

Dalam rangka tema IIMS kali ini, ECO Mobility, Audi akan menampilkan juga beberapa inovasi teknologi terkini yang mendukung penurunan emisi gas buang dan CO2 yaitu teknologi konstruksi bahan ringan alumunium yang inovatif serta teknologi mesin TFSI. Teknologi ini telah diaplikasikan dalam semua rangkaian model-model yang dipamerkan.

CEO PT Garuda Mataram Motor Andrew Nasuri mengatakan, “Kami sangat gembira dapat berpartisipasi di Indonesia International Motor Show tahun ini. Kami yakin apa yang kami tampilkan kepada publik dan konsumen di ajang ini akan menciptakan persepsi yang positif terhadap Audi, tidak hanya sebagai salah satu pemain utama di segmen mobil premium tapi juga merek yang bertanggung jawab dan dikagumi serta berkomitmen penuh terhadap pelestarian lingkungan hidup.’’

“Kepuasan konsumen adalah tujuan utama kami. Audi Indonesia memiliki komitmen untuk memberikan layanan purna jual terbaik bagi mereka. Seluruh pemilik Audi akan mendapatkan layanan Audi Extended Warranty dan Free Service selama 3 tahun atau 90.000 km (jasa dan suku cadang) di diler-diler Audi. Hal ini bertujuan memberikan rasa tenteram dan nyaman yang personal bagi semua pemilik Audi,” jelas Andrew.

Leave a Reply