IIMS 2012: Bersiap Menjadi Industri Otomotif Terdepan

22 September 2012. Pameran otomotif terbesar di Indonesia, The 20th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 secara resmi dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Boediono pada hari Jumat (21/9/12). Acara peresmian disaksikan oleh Menteri Perindustrian, Mohammad S. Hidayat, Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, dan para pejabat maupun duta besar negara sahabat.

IIMS 2012 ini diselenggarakan selama 11 hari, satu hari lebih lama dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dilakukan demi memberikan waktu yang lebih banyak kepada pengunjung untuk menikmati pameran dan kesempatan yang lebih banyak bagi Agen Pemegang Merek (APM) untuk menunjukkan kelebihan produk-produk terbaru mereka.

Berbicara di depan para undangan saat membuka IIMS 2012, Wakil Presiden Boediono menyatakan Indonesia memiliki potensi pasar yang luar biasa. Besarnya potensi pasar ini bisa digunakan untuk mendorong bisnis.

“Kita memiliki faktor yang bisa digunakan untuk mengangkat pasar domestik yaitu sumber daya alam dan sumber daya manusia yang besar. Dengan arahan yang tepat kolaborasi dari beberapa faktor keunggulan tersebut akan dapat membawa Indonesia menjadi yang terdepan,” demikian sambutan Boediono.

Boediono juga menyatakan dukungan pemerintah terhadap pengembangan teknologi kendaraan hybrid dan kendaraan listrik yang memiliki potensi pengembangan jangka panjang. Kedua teknologi ini sejalan dengan tema “Eco-Mobility” yang diusung IIMS 2012. Selain hybrid dan listrik, gas juga menjadi salah satu hal yang bisa dikembangkan untuk teknologi otomotif.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Penyelenggara IIMS 2012, Johnny Darmawan menyatakan bahwa saat ini industri otomotif Indonesia menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Dalam lima tahun terakhir industri otomotif mengalami peningkatan yang signifikan dan permintaan pasar dari tahun ke tahun terus menunjukkan kenaikan. Dan pada tahun 2012 industri otomotif kembali menorehkan pencapaiannya, hal tersebut terlihat dari angka produksi hingga bulan Juli yang naik sebanyak 33,5% bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Kami berharap dalam waktu dekat, industri otomotif nasional bisa menjadi yang terdepan di ASEAN. Selain itu, kami juga berharap penyelenggaraan Indonesia International Motor Show ini bisa memotret kemajuan industri otomotif nasional serta kemajuan ekonomi Indonesia pada umumnya,” ujar Johny Darmawan.

Johnny juga menyatakan dalam sambutannya bahwa potensi pasar yang besar di Indonesia mendorong hampir semua APM di Indonesia terus meningkatkan nilai investasinya di industri otomotif nasional dengan menambah kapasitas produksi dan juga menambah pilihan lini produk mereka dipasaran.

Pergerakan agresif APM juga menjadikan industri otomotif sebagai salah satu sektor industri yang memberikan kontribusi terbesar terhadap GDP nasional, saat ini industri otomotif menjadi salah satu sektor penyumbang pajak terbesar dengan angka kontribusi mencapai 80 triliun Rupiah. “Jumlah ini bisa lebih besar lagi apabila seluruh mata rantai otomotif lainnya ikut diperhitungkan,” jelas Johny.

Penyelenggaraan IIMS tahun ini merupakan pameran otomotif terbesar yang pernah diselenggarakan oleh Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) baik dari segi peserta maupun luas area yang digunakan. Pameran IIMS 2012 kali ini diikuti oleh total 310 perusahaan, yang terdiri dari 35 merek kendaraan bermotor (APM) serta 275 perusahan pendukung industri otomotif, termasuk juga unit usaha berskala kecil dan menengah.

Sementara untuk luas area yang digunakan, pameran akbar IIMS tahun ini menggunakan lahan seluas 100 ribu meter persegi dimana 71.331 m2 digunakan untuk luas area pameran, naik 10 % dibanding luas area tahun lalu yang menempati lahan seluas 63.654 m2. Panitia akan menggunakan Hall A, B, C, dan D untuk kendaraan penumpang sementara area outdoor untuk kendaraan niaga.

“Kami harap seluruh inovasi pada penyelenggaraaan IIMS tahun ini akan dapat menarik 350 ribu pengunjung dan meningkatkan jumlah transaksi yang telah kami catatkan di tahun 2011” imbuh Johnny.

Please follow and like us:

Leave a Reply