IIMS 2012 : Honda CRZ Sportscar Hybrid Sudah Bisa Dipesan

22 September 2012. Belum terisinya segmen pasar mobil sport hybrid di Tanah Air ternyata dimanfaatkan oleh Honda Prospect Motor (HPM) dengan menghadirkan New Honda CR-Z di pameran otomotif IIMS 2012 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Honda CR-Z yang pertama kali keluar pada 2010 yang lalu dan kini terbukti hadir dengan desain futuristik, irit bahan bakar, dan harga terjangkau untuk ukuran mobil sport.

Dari pemaparan tentang Honda CR-Z kepada kalangan media, ternyata baru diketahui jika Indonesia pun menjadi negara pertama di dunia yang menampilkan model ini kepada publik. ”CR-Z merupakan sebuah mobil sport dengan basic kembali ke dasar. Pengembangan mobil ini butuh waktu enam tahun,” kata Norio Tomobe LPL (Large Project Leader) Honda R&D di JIExpo Kemayoran, Jumat 21 September 2012.

Menurut Norio, dipilihnya Indonesia sebagai pertama peluncuran New Honda CR-Z, lantaran masyarakat Indonesia sangat antusias menunggu mobil ini. Di Jepang sendiri baru akhir bulan ini akan diluncurkan. “Tantangan membuat mobil ini cukup besar karena harus menggabungkan mobil sport yang irit, ramah lingkungan, dan harga terjangkau,” tambah Norio Tomobe.

Dari segi desain eksterior, New Honda CR-Z memiliki tampilan yang cukup menawan ketimbang generasi sebelumnya. Mulai dari front grill, front bumper, fog lamp, door nirror, headlight, rear combination lamp, 17 inch alloy wheel, dan rear diffuser.

New CR-Z juga menggunakan HID light pada bagian depan dan juga LED Stop Lamp pada bagian belakangnya. Di bagian interior New CR-Z menawarkan unsur ergonomik, nyaman, dan sporty. Presisi yang tinggi dilihat dari bentuk kursi depan sedangkan bagian belakang didesain untuk multi fungsi kargo bagi pengendara.

Kesan futuristik terpancar pada instrumen panel tachometer New CR-Z pada dashboard menampilkan tiga bias cahaya yang dihasilkan pada saat mobil berakselerasi, yaitu biru, merah, dan hijau sesuai tiga moda pengendalian pada New CR-Z (Normal, Sport, dan ECON).

Di balik bonetnya terbenam mesin i-VTEC 1.5 liter yang dikawinkan dengan eknologi baterai Integrated Motor Assist (IMA). Mesin itu bisa menghasilkan daya maksimal 120 PS pada putaran mesin 6.600 untuk tipe transmisi manual 6 percepatan, dan 118 PS pada putaran mesin 6.600 untuk tipe transmisi CVT.

Peranti IMA dilengkapi oleh baterai bertenaga 100 volt yang mampu menghasilkan 20 PS. Saat mobil berakselerasi keduanya bekerja bersamaan, namun pada saat melakukan manuver pengereman, daya yang dihasilkan oleh mobil disimpan pada peranti IMA berupa energi kinetik sehingga membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih irit. Pihak perusahan mengklaim konsumsi bahan bakarnya bisa tembus 20 km/liter.

Harga Jual

Di ajang IIMS 2012 ini, HPM juga mulai membuka pesanan untuk New CR-Z dengan harga yang istimewa untuk konsumennya. New CR-Z transmisi manual ditawarkan dengan harga Rp.475 juta dan New CR-Z transmisi CVT dengan harga Rp489 juta. Pengiriman unit kepada konsumen diharapkan dapat dilakukan pada bulan Februari 2013 mendatang.

“Sekarang sport car yang ada di Indonesia sudah di atas Rp,500 juta. Nah, tentu saja New CR-Z bisa menjadi solusi bagi para konsumen otomotif Indonesia yang ingin memiliki mobil sport dengan harga terjangkau dan irit bahan bakar,” tutup  Norio Tomobe.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply