IIMS 2012 : Fact Sheet Mazda Biante

22 September 2012. Pada hari pertama IIMS 2012, PT Mazda Motor Indonesia (MMI) menggebrak dengan peluncuran All-New Mazda Biante, sebuah kendaraan Multi Purposes Vehicle (MPV) kelas menengah dengan atap tinggi yang dapat memuat hingga 8 orang, dan kendaraan ini tampaknya cocok dengan kebutuhan keluarga di Indonesia. All-New Mazda Biante ditawarkan dengan harga Rp.380 juta On The Road di Jakarta dan pemesanan sudah tersedia di stand Mazda saat IIMS 2012 berlangsung.

Pada hari Jumat kemarin (21/9/12), Mazda mengundang sejumlah media untuk pemaparan secara lengkap tentang All New Mazda Biante dibantu dengan slide presentasi di layar. Beberapa fitur utama All-New Mazda Biante yang dapat dicatat antara lain:

Rancangan dibuat untuk membuat orang tertarik pada pandangan pertama dan menekankan pada kelapangan dan fungsi dengan konsep „space motivator‟. Hal ini dapat dilihat melalui bagian eksterior, antara lain adanya simbol merk besar menghiasi bagian atas grill yang membentang ke samping membentuk sayap dari krom.

Kemudian memiliki lampu unit yang tajam mengalir ke dalam pilar jendela berbentuk segitiga membuat tampilan sisi samping yang berbeda. Ditambah dengan Warna yang tersedia termasuk: Clear Water Blue Metallic, Radian Ebony Mica, Aluminium Metallic, Crystal White Pearl Mica, dan Brilliant Black.

Dari segi interior, memiliko meter cluster yang luas meningkatkan rasa lebih dalam dan diposisikan di atas dashboard. Rancangan ini bertujuan untuk meminimalkan gerakan mata pengemudi jauh dari jalan dan juga memungkinkan penumpang baris ke-dua dan ke-tiga untuk dengan mudah melihat sekeliling, membuat perjalanan lebih menyenangkan bagi semua orang.

Memiliki ruang kabin menarik yang fikus pada kebutuhan ruang, fungsi dan kebersihan kabin, All-New Mazda Biante ditujukan untuk memberikan kenyamanan tiada tara dan pengalaman yang menyenangkan bagi semua penumpang. Biante memiliki interior yang lapang di kelasnya dengan panjang kabin 2.990 mm dan lebar 1.545 mm dan kabin paling tinggi 1.350 mm.

Impresi lapang dan terbuka diperlihatkan pada jendela samping yang luas dengan kusen rendah serta jendela segitiga yang besar. Dengan menggeser baris kedua dan ketiga ke posisi paling belakang, penumpang yang berada pada baris kedua dapat menikmati ruang kaki yang lapang seluas 863 mm. Pengaturan kursi secara “Living Mode” ini memberikan rasa lebih luas dan lega.

Biante menawarkan pintu geser dengan sensor sentuh untuk mencegah penutupan jika ada sesuatu yang menghalangi pintu. Kemudian susunan kursi belakang yang sangat fleksibel dengan berbagai opsi termasuk “Living Mode” untuk ruang kaki yang maksimal, “Walkthrough Mode” untuk memudahkan akses ke kursi barus ketiga dan pilihan “Luggage Mode” sesuai dengan berbagai ukuran dan bentuk barang.

Demi kenyamanan maksimal saat menata ulang kursi, disediakan tuas yang terletak di depan dan di belakang kursi. Kursi baris ketiga yang dapat di lipat untuk menambah ketebalan bantalan duduk sehingga menambah kenyamanan.

Dilengkapi dengan Nanoe yang dapat menetralkan bakteri, bau dan alergen seperti serbuk sari atau debu. Ion akan disemprotkan dari ventilasi AC ruang pengemudi untuk menghilangkan bau udara di kabin. Secara otomatis, AC memiliki fitur Anti-allergenic Filter sementara manfaat katekin dari teh hijaunya dapat membungkus virus dan membuat virus tidak lagi berbahaya bahkan ketika kembali tersebar.

Driving Dynamic

All-New Biante diciptakan untuk memberikan kesenangan dalam berkendara dengan kombinasi kenyamanan, ruang kabin yang sunyi serta keselamatan dan Zoom-Zoom performance, antara lain menggunakan baja high-tensile yang ringan namun kokoh pada bagian tertentu membuat All-New Mazda Biante lebih kokoh walaupun dengan pintunya yang besar dan tentunya berpengaruh pada kualitas berkendara dan handling yang mantap. Pengurangan berat ini turut berkontribusi terhadap hemat konsumsi bahan bakar.

Selain itu memiliki suspensi yang dibangun khusus menggunakan MacPherson struts pada bagian depan dan pengaturan multi-link pada bagian delapan. Suspensi ini memberikan kenyamanan dan berkendara walaupun kabin dalam kondisi penuh.

Menggunakan mesin MZR 2.0 DISI (direct injection spark ignition) dengan kapasitas 1.998cc. All-New Mazda Biante dilengkapi transmisi 5 percepatan otomatis bertenaga 150 PS pada 6.200 RPM dan torsi 190 Nm pada 4.500 RPM.yang memberikan keseimbangan saat torsi tinggi, efek terhadap linkungan juga pada terhadap bahan bakar yang ekonomis.

Keizo Okue, Presiden Direktur PT. Mazda Motor Indonesia mengatakan, “Kami melihat pertumbuhan kendaraan segmen MPV di Indonesia memiliki prospek yang sangat menjanjikan dan telah menjadi pilihan utama keluarga di Indonesia. All-New Mazda Biante memberikan kenyamanan serta fungsi sehingga akan menjadi hadiah terbaik bagi keluarga di Indonesia.”

Okue melanjutkan, “Kami sangat optimis All-New Mazda Biante akan diterima dengan hangat di pasar Indonesia.” Rancangan eksterior Biante yang berbeda di segmen MPV bertujuan untuk memaksimalkan jangkauan pengelihatan serta ruang yang lebih lega bagi penumpangnya. Hal ini terlihat pada peletakan interior seperti jendela samping yang luas dengan kusen yang rendah serta jendela segitiga yang besar.

Meski baru diluncurkan, All New Biante, mobil keluarga menengah milik Mazda ternyata sudah dipesan 100 unit. Para pengunjung booth Mazda pada Indonesia International Motor Show 2012 rupanya melirik mobil pesaing utama Nissan Serena ini. Marketing Manager Mazda Motor Indonesia, Astrid Ariani Wijana mengatakan pertengahan Oktober bisa dikirim kepada konsumen, karena unitnya masih dalam proses pengapalan.

“Kami yakin Biante cepat diterima masyarakat,” kata Astrid usai presentasi produk Biante di Hall A, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat kemarin (21/9/12). Astrid menambahkan, di Indonesia mobil keluarga dengan kabin lapang terus tumbuh dan meningkat tiap tahun. Karenanya, MMI optimistis produknya bisa diterima dipasar otomotif nasional.

 ALBUM PHOTO

Leave a Reply