IIMS 2012: Robina & Humanoid Toyota Berbagi Nilai Kebaikan Bagi Anak-Anak

image006

23 September 2012. Seiring dengan spirit Toyota untuk menjadi True Friend bagi anak-anak, Toyota menghadirkan special exhibit, robot Robina dan Humanoid sebagai partner robot yang akan menemani pengunjung, khususnya anak-anak selama ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012. Robina dan Humanoid ini, ramah dan bersahabat bagi anak-anak.

Humanoid merupakan assistant robot untuk aktivitas sehari-hari. Humanoid yang menggunakan desain khusus sehingga mampu menggerakkan seluruh tubuhnya dengan sangat luwes sehingga dapat berjalan seperti manusia.

Kedua belah tangan dan pergelangan tangan Humanoid juga didesain untuk dapat bergerak secara fleksibel. Humanoid dapat bermain biola dengan baik seperti manusia. Tangan kirinya dapat mengatur intensitas tekanan yang dibutuhkan pada senar biola sehingga dapat menghasilkan nada yang indah. Nantinya, Humanoid akan membantu manusia dalam melakukan pekerjaan rumah maupun menjaga manusia.

Sementara itu, Robina adalah partner robot yang dapat membantu manusia dalam aktivitas sehari-hari, berkomunikasi dan berinteraksi dengan manusia. Robina mampu melakukan perawatan medis dan pekerjaan rumah.

Selain itu, Robina juga mampu melakukan pekerjaan rumah tangga, mampu berfikir independen tanpa harus diberi perintah, berjalan, membawa dan memindahkan barang, menggunakan alat hingga berbicara dengan manusia. Nantinya, Robina dapat menjadi teman terpercaya untuk membantu dokter dan perawat dalam mengawasi pasien atau menjaga manusia.

General Manager Corporate Planning and Public Relation PT Toyota Astra Motor, Widyawati Soedigdo, mengatakan Toyota menterjemahkan Goodness for Tomorrow sebagai semangat memberikan dan menebarkan kebaikan demi masa depan, salah satunya melalui pengembangan partner robot yang memanfaatkan kemajuan teknologi di industri robot.

Awalnya pengembangan robot yang sudah dilakukan Toyota Motor Corporation (TMC) sejak 1970-an ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas di pabrik-pabrik Toyota. Sejak 1990-an, TMC mulai mengembangkan teknologi robot yang dilandasi oleh semangat kaizen (countinues improvement).

”Dengan berpegang pada tujuan Sakichi Toyoda dan Kiichiro Toyoda, Toyota tidak hanya memikirkan kehidupan saat ini, melainkan juga memikirkan masa depan”, ujar Widyawati, pada acara media gathering Toyota hari Jumat (21/9/12).

Toyota, menurut Widyawati, konsisten mewujudkan industri manufaktur yang mampu merespon kebutuhan pelanggan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu wujudnya adalah melalui Partner Robot yang dilengkapi dengan kepintaran untuk dapat memahami dan melayani manusia.

Selain menampilkan special performance dari Robina dan Humanoid, Toyota melengkapi booth dengan Kids’ Zone, lengkap dengan zona bermain dan zona foto. Dalam zona bermain, anak-anak dapat bermain lego dan melakukan aktivitas mewarnai. Sementara, pada zona foto, anak-anak bebas berekspresi dan berfoto bersama backdrop Robina dan Humanoid.

Kehadiran special exhibit merupakan bagian dari program edukasi Toyota terhadap anak-anak. Program edukasi Toyota lainnya untuk anak-anak antara lain kegiatan roadshow ke sekolah-sekolah dasar di wilayah Jabodetabek dan kegiatan di Posko Mudik Toyota.

School Roadshow yang mengusung tema science is fun dilakukan dengan mengunjungi 15 SD di wilayah Jabodetabek. Anak-anak diajak melakukan fun science experiment dengan membuat roket mini dan paddle boat serta membuat robot-robotan dari barang bekas.

Sementara itu, program Toyota untuk anak-anak lainnya dilakukan pada Posko Mudik Toyota Cikampek KM 57. Di sini, Toyota memberikan bingkisan spesial berisi tas ransel, satu paket alat peraga cara membuat roket mini, dan CD berisi video lagu dan video science.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply