IIMS 2012 : Honda Usung Tema Racing For Blue Skies

21 September 2012. Honda di ajang otomotif terbesar di Indonesia, The 20th Indonesia International Motor Show (IIMS 2012) yang digelar pada 20 – 30 September 2012 di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta. Kali ini, Honda mengusung tema “Racing for Blue Skies”, menampilkan seluruh produk terbarunya yang menggabungkan karakter sporty dengan ramah lingkungan, termasuk model terbaru sport-hybrid New Honda CR-Z yang akan tampil untuk pertama kalinya di dunia (World Premiere).

Tema “Racing for Blue Skies” diangkat untuk menggambarkan dua karakter utama yang mendasari setiap produk Honda, yaitu performa yang sporty namun tetap efisien dan ramah lingkungan. Dua karakter tersebut tumbuh dari kecintaan pendiri Honda, Soichiro Honda terhadap dunia balap sekaligus terhadap lingkungan hidup.

“Sejak awal, semua produk yang dikembangkan Honda selalu menunjukkan karakter khas mesin dengan teknologi terdepan, hemat bahan bakar, emisi yang bersih, namun tetap menghadirkan performa dan tampilan yang sporty. Karakter Hijau dan Racing telah menjadi DNA Honda,” papar Tomoki Uchida, President Director PT Honda Prospect Motor.

“Melalui tema “Racing for Blue Skies”, kami ingin menunjukkan bahwa menciptakan teknologi yang canggih dan menjaga lingkungan dapat dilakukan tanpa harus mengesampingkan kesan sporty-nya,” tambahnya.

Sejak awal, kecintaan Honda terhadap dunia balap telah terlihat melalui produk-produk dan aktivitas balap yang diikutinya. Mobil komersial pertama yang diciptakan Honda adalah sebuah mobil sport bernama S500. Selain itu, Honda juga aktif dalam berbagai kompetisi balap sejak pertama kali terjun di ajang Formula 1 pada tahun 1964, serta terjun dalam berbagai ajang balap bergengsi lainnya seperti Touring Car, Indy Car, dan Le Mans 24-Hour Racing.

Berbagai teknologi baru juga dihasilkan Honda dari ajang balap dan menjadi dasar dalam menciptakan produk komersial yang dinamis dan menyenangkan untuk dikendarai.

Di lain pihak, Honda juga telah menciptakan teknologi ramah lingkungan yang terus mengalami penyempurnaan sesuai dengan kebutuhan jaman. Pada tahun 1973, Honda merupakan pabrikan pertama yang berhasil membuat mesin dengan emisi bersih dan hemat bahan bakar bernama CVCC untuk memenuhi Clean Air Act di Amerika Serikat.

Pada tahun-tahun berikutnya, Honda juga terus membuat inovasi teknologi ramah lingkungan, mulai dari mesin bensin yang bertenaga namun hemat bahan bakar, mesin Hybrid yang selangkah lebih maju dalam efisiensi bahan bakar, hingga mesin alternatif bertenaga listrik dengan emisi yang benar-benar bersih.

Kemajuan yang dicapai Honda dalam hal karakter yang sporty dan performa ramah lingkungan telah diterapkan dalam model-model Honda yang saat ini dipasarkan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Desain mobil yang sporty dengan fitur-fitur seperti Drive by Wire dan Paddle Shift berpadu dengan seperti fitur untuk membantu efisiensi bahan bakar seperti ECON Mode yang terdiri dari ECO AssistTM dan ECON.

Saat ini, semua mobil yang dipasarkan Honda di Indonesia mengusung mesin i-VTEC yang merupakan kombinasi dari mesin VTEC dengan teknologi Variable Timing Control (VTC) untuk keseimbangan sempurna antara tenaga, efisiensi bahan bakar, dan emisi yang bersih.

Sebagai puncak dari evolusi perpaduan antara karakter sporty dan ramah lingkungan, Honda menciptakan Honda CR-Z, sporty hybrid pertama dunia yang memiliki desain dan performa dari sebuah mobil sport, tetapi di saat bersamaan didukung oleh mesin hybrid dan berbagai teknologi ramah lingkungan. Model yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2009 ini telah dipasarkan di 56 negara dan mencatat angka penjualan 66.909 unit di seluruh dunia. Di ajang IIMS 2012, Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi negara pertama di dunia yang menampilkan model terbaru dari Honda CR-Z untuk publik secara umum.

Display dan Booth Honda

Tema Racing for Blue Skies yang diusung Honda diwujudkan melalui mobil-mobil yang ditampilkan dan desain booth serta aktivitas di dalamnya. Secara total, Honda menampilkan sebanyak 28 mobil, yang ditampilkan di atas tiga zona display.

Zona utama menampilkan tiga buah Honda CR-Z, yaitu World Premiere dari New CR-Z, serta dua buah versi modifikasi dari Honda CR-Z. Versi modifikasi yang pertama adalah CR-Z Mugen RR Concept, merupakan versi modifikasi CR-Z dengan body kit Mugen dan mesin i-VTEC 1.5 liter IMA + Supercharger yang menghasilkan tenaga hingga 200 PS. Model ini pertama kali diperkenalkan di ajang Goodwood Festival of Speed 2011 di Inggris dan sebelumnya juga tampil di Tokyo Auto Salon 2012 di Jepang.

Versi modifikasi yang kedua adalah CR-Z dengan aksesoris Modulo yang juga menggunakan komponen modifikasi untuk performa yang lebih sporty dan aerodinamis. Model ini sebelumnya menjadi salah satu display di ajang Tokyo Auto Salon 2011 di Jepang dan Bangkok Auto Salon 2011.

Di Zona Family & Luxury, terdapat berbagai jajaran model mobil keluarga dari Honda dan aneka mobil Premium terbaru dari Honda diantaranya All New Honda CR-V yang untuk pertama kalinya akan tampil untuk publik umum sejak diluncurkan pada tanggal 13 September 2012 lalu. Selain versi standar dari All New CR-V juga akan ditampilkan All New CR-V Prestige Edition dan All New CR-V dengan aksesoris Modulo. Di zona Family & Luxury, Honda juga menampilkan produk-produk favorit lainnya seperti New Honda Freed, All New Honda Civic, serta Honda Accord.

Selain itu terdapat juga zona Eco-Youth, dimana Honda menampilkan mobil-mobil yang dipersembahkan untuk kaum muda dan memiliki mesin efisien dan karakter yang dinamis. Di zona ini akan tampil produk terbaru Honda yaitu Honda Brio, yang juga akan tampil dengan aksesoris Modulo dan sticker stripes yang sporty. Selain Brio, produk-produk unggulan Honda lainnya yaitu Honda Jazz dan New Honda City juga akan tampil di zona ini.

Seluruh display mobil Honda menempati salah satu stand terluas yang berlokasi di Hall D4, Jakarta International Expo Kemayoran dengan luas area 2.010 m2, lebih luas dibanding tahun sebelumnya yang seluas 1.836 m2. Booth Honda dirancang dengan desain yang premium, eksklusif dan nyaman.

Untuk kenyamanan konsumen, sebuah customer lounge yang nyaman dilengkapi dengan fasilitas banking tersedia untuk memberikan pelayanan bagi calon pelanggan. Selain untuk konsumen, sebuah media lounge yang nyaman dilengkapi dengan komputer dan jaringan internet juga disediakan khusus untuk memudahkan tugas peliputan oleh media massa. Tak ketinggalan juga merchandize corner yang menampilkan pernak-pernik eksklusif Honda Racing dan ASIMO yang hanya bisa didapatkan di booth Honda.

Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT HPM mengatakan, “Di booth Honda, pengunjung tidak hanya dapat melihat produk-produk terbaru Honda, baik yang sudah diluncurkan maupun yang baru diperkenalkan. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati berbagai aktivitas yang menyenangkan, serta melihat semua produk Honda yang canggih, ramah lingkungan dan Sporty. Kami yakin booth Honda akan menjadi salah satu tujuan yang menarik pada IIMS 2012.”

Program Penjualan dan Aktivitas Booth Honda

Di ajang IIMS 2012, Honda mengadakan berbagai program penjualan “Saatnya Punya Honda” khusus untuk konsumen yang melakukan pembelian mobil Honda. Program tersebut meliputi promo sebagai berikut:

Cicilan rendah 1,8 juta per bulan untuk semua tipe Honda Brio dengan tenor 3-5 tahun
Cicilan 2 juta per bulan untuk Honda Freed tipe S dengan tenor 3-5 tahun.
Hadiah langsung Rear Parking Camera untuk pembelian Honda Freed tipe E.
Cicilan 2 juta per bulan serta bonus hadiah menarik untuk setiap pembelian Jazz tipe S berupa pilihan kaca film V-Kool untuk kaca depan atau Tail Gate Spoiler atau GPS Garmin.
Lucky Dip dengan nilai hingga 25 juta untuk pembelian model Jazz, New Freed, New City, All New Civic, Accord dan Odyssey.

Honda juga akan mulai membuka booking untuk New Honda CR-Z dengan harga istimewa yang berlaku khusus hanya di pameran IIMS 2012 saja. New CR-Z transmisi manual ditawarkan dengan harga 475 juta dan New CR-Z transmisi CVT dengan harga 489 juta. Honda CR-Z akan mulai dikirimkan kepada konsumen pada bulan Februari 2013.

Mengenai target penjualan, Jonfis mengatakan bahwa Honda menargetkan penjualan sebesar 2.000 unit pada IIMS kali ini. “Dengan produk-produk baru serta berbagai program Sales seperti penjualan untuk konsumen dengan berbagai pilihan cicilan menarik, Lucky Dip, serta berbagai hadiah menarik lainnya untuk konsumen dan pengunjung booth Honda sepanjang pameran ini, kami berharap produk-produk Honda akan menjadi primadona di ajang IIMS 2012.”

Selain program penjualan, Booth Honda akan menampilkan serangkaian acara menarik selama penyelenggaraan IIMS 2012 ini. Setiap hari, pengunjung dapat mengikuti games Racing Simulator dimana para pengunjung dapat menjajal keahlian balap mereka secara virtual untuk memperebutkan hadiah utama 5 juta rupiah untuk kelas pro dan 3 juta rupiah untuk kelas Free For All.

Untuk Runner Up 1 dan 2 masing-masing akan mendapatkan hadiah 4 juta rupiah untuk kelas Pro dan 2 juta rupiah untuk kelas Free For All, sementara Runner Up 2 akan mendapatkan hadiah 3 juta rupiah untuk kelas Pro dan 1 juta rupiah untuk kelas Free For All. Di samping hadiah utama, setiap hari juga akan ada hadiah menarik untuk pemenang harian. Informasi, hasil lomba dan klasemen dari games Virtual Racing Simulator ini dapat dilihat secara live melalui akun twitter @hondaisme dan fanpage www.facebook.com/NewHondaJazz.

Setiap hari juga akan ada kuis dengan hadiah-hadiah menarik dan pada akhir pekan akan diisi penampilan dari band Nidji, Cherrybelle, dan masih banyak lagi. Semua informasi mengenai aktivitas, kuis, maupun acara menarik yang ditawarkan oleh Honda di ajang IIMS 2012 bisa diperoleh melalui twitter @hondaisme, fanpage hondaisme di facebook, serta melalui aplikasi Blackberry Honda i-Mobili yang bisa diunduh di alamat http://imobili.hondaisme.com/.

Peningkatan Kapasitas Produksi Honda

Pada kesempatan yang sama, PT HPM juga mengumumkan rencana peningkatan kapasitas produksi di pabrik mereka dari 60.000 menjadi 80.000 unit per tahun pada tahun 2013 mendatang. Sebagai langkah awal, pada tahun ini PT HPM meningkatkan kapasitas produksinya hingga mencapai 70.000 unit per tahun.

“Diluncurkannya produk-produk baru Honda di tahun ini, serta kembali tersedianya berbagai model yang pasokannya sempat terganggu akibat banjir di Thailand tahun lalu, telah meningkatkan penjualan Honda secara cukup signifikan pada tahun 2012 ini. Karena itu, kami berkomitmen untuk memenuhi peningkatan permintaan dari konsumen dengan meningkatkan kapasitas produksi, sehingga dapat mengirim pesanan konsumen dengan waktu yang lebih singkat,” papar Tomoki Uchida.

PT HPM juga tengah membangun pabrik kedua yang juga berlokasi di Kawasan Industri Mitra Karawang, Jawa Barat, yang rencananya akan mulai beroperasi pada tahun 2014 mendatang. Dengan beroperasinya pabrik baru yang memiliki nilai investasi sebesar 3,1 Triliun rupiah tersebut, total kapasitas produksi PT HPM akan meningkat menjadi antara 180.000 hingga 200.000 unit per tahun.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply