Jeffrey Polnaja Berhasil Menjelajah Jepang

18 September 2012. Jarak tempuh sekitar 3.000 kilometer berhasil ditaklukkan Jeffrey Polnaja sepanjang penjelajahannya di Jepang selama dua pekan lalu. Pengeliling dunia seorang diri dengan sepeda motor besar asal Indonesia, itu mengaku puas karena bisa mengeksplorasi panorama dan budaya Negeri Sakura tanpa halangan berarti. Jeffrey yang kini telah berada di Busan, Korea Selatan mengatakan sangat terpesona dengan keharmonisan kehidupan di Jepang.

“Bersyukur saya bisa menyelesaikan salah satu etape terpenting dalam penjelajahan Ride for Peace kedua, yaitu Jepang. Banyak bikers dunia yang bermimpi riding di Jepang, terutama di pulau Hokkaido, dan saya sudah meraihnya. Pengalaman ini akan menjadi kenangan manis bagi hidup saya,” ungkap Jeffrey.

Jeffrey menggelindingkan roda BMW R1150GS bernopol B 5010 JP ke Jepang usai menaklukkan kawasan liar Siberia di Rusia. Menggunakan angkutan penyeberangan laut dari Sakhalin, Rusia, Jeffrey mendarat di pelabuhan Wakkanai, Hokkaido, di utara Jepang pada 31 Agustus 2012. Dari situ, selama dua pekan, pengelana kelahiran Bandung, Jawa Barat, ini menjelajah hingga daerah Shimonosheki di selatan Jepang.

“Jelas Jepang telah meninggalkan kesan baik di mata saya. Masyarakat Jepang sungguh ramah. Mereka dengan ringan tangan siap membantu siapapun yang membutuhkan,” kenang Jeffrey.

“Menurut saya masyarakat Indonesia hari ini perlu belajar dari kedisiplinan dan sikap tenggang rasa penduduk Jepang. Dulu masyarakat kita terkenal ramah, namun belakangan ini kesan itu terasa jauh,” lanjutnya.

Jeffrey mencontohkan tentang