Nih.. Toyota Yaris “Out of The Box” dari Signal Custom Built Bandung

image006

7 September 2012. Kontes modifikasi Toyota Yaris, yaitu Yaris Show Off 2012, menjadi ajang special bagi Signal Custom Built sebagai rumah modifikasi ternama asal Kota Kembang, Bandung. Kali ini Custom Built akan menampilkan karya ‘Out of The Box’ yang dituangkan dalam suatu modifikasi mobil Toyota Yaris yang fantasti yang saat ini sedang di pajang di Atrium Pondok Indal Mal 2 Jakarta, dari hari Jumat-Minggu (7-9 September 2012).

Tema Yaris Show Off 2012 “Fungressive: Sporty+Trendsetter Attitude” diterjemahkan kedalam modifikasi di semua sektor. Didukung penuh oleh sponsor utama Pioneer dan Autovision, serta sponsor pendukung Lipi, Meguairs, Checkpoint, Automobile Bandung, SpeedZ, dan JJS Automobile, modifikasi Yaris hasil kreasi Signal Kustom Built ini menjadi pencapaian sempurna yang dibuat dengan kualitas tertinggi, detailing presisi hingga sistem audio terbaik.

Signal Kustom mampu menerjemahkan secara total pada kendaraan Yaris modifikasi dengan menitikberatkan kesempurnaan di semua bidang poin penilaian dengan tujuan mendapatkan tema yang diinginkan. Selain itu, seluruh spesifikasi yang digarap diberi sentuhan khas dan menyeluruh guna mencapai poin tertinggi pada setiap aspeknya.

Dari acara jumpa media dengan Signal Custom Built, bersama para sponsor Pioneer dan AutoVision yang berlangsung di Cafe Victoria, PIM 2 Jakarta hari Jumat sore (7/9/12), diperoleh beberapa informasi mengenai Toyota Yaris hasil modifikasi yang bakal ditampilkan di Yaris Show Off 2012, sebagai event resmi dari PT Toyota-Astra Motor.

Exterior Graphic & Pengecatan

Konsep fun eksterior digarap dengan mengkombinasikan hampir 20 warna pada garisan airbrush bodyart karya Yudi Andhika, seniman karakter asal Bandung, bertema The Yellow Dino. Pemilihan karakter tersebut asli hasil penciptaan anak bangsa dan sangat original atau bukan bukan jiplakan karya dari Negara lain, baik anime Jepang atapun cartoon America. Hal ini sejalan dengan semangat trendsetter yang diusung Yaris tersebut.

Konsep graphic yang kental dengan aura sporty terlihat dari splash terarah dari ujung bonnet hingga ke bagian buritan, yang menandakan mobil bergerak dinamis dan sporty, meskipun dalam keadaan diam. Selain itu penambahkan gaya dan pemilihan typhography sporty pada decals sponsor menegaskan tema yang diusungnya.

Seluruh aplikasi graphic ini dibuat handmade dengan airbrush dan beberapa diantara detailnya menggunakan pinstripe layer demi layer untuk hasil yang sempurna pada setiap detailnya. Waktu pengerjaan untuk keseluruhan graphic selama 2 minggu dari tahap design hingga coating varnish final.

Exterior Bodywork (Bodykit & Aksesori)

Dasar dari pembuatan konsep bodywork serta seluruh faktor pendukungnya meliputi kualitas pengerjaan, estetika, dan kondisi produk. Sektor bodywork adalah salah satu point sentral yang difokuskan pada project kali ini dengan konsep sporty dibuat dalam aura carbon yang kental pada setiap details yang ada.

Selain hal itu untuk mendapatkan kualitas pengerjaan yang sempurna, setiap bagian menggunakan aplikasi system 2-panel (2-pieces) sehingga tingkat kecermatan pada pengecatan maupun aplikasi carbon dapat dibuat sangat sempurna. Hal ini karena dapat menjangkau seluruh permukaan bagian yang akan dicover, bahkan pada bagian yang terdalam sekalipun.

Pembuatan bodykit bergaya sporty dibuat dengan spirit trendsetter yang diusung, yaitu bodywork yang dibuat keluar dari pakem. Unsur wide body bolt on yang terdapat pada keempat titik fendernya dibuat dengan setengah bagian bertujuan untuk mengekspose sensualitas dari Advan AD-08. Bodykit custom yang dirancang ini membutuhkan kecermatan dikarenakan perlu penyesuaian design dengan keseluruhan bodykit yang ditampilkan.

Konsep airflow dan aerodynamic digunakan pada pembuatan aerokit, design front air dam yang besar di bagian depan bertujuan memberi asupan udara sebanyak-banyaknya untuk kinerja mesin, wing spoiler yang besar pada bagian atap bertujuan membelah udara dengan kedua siripnya, serta rear diffuser bersirip memberikan dorongan udaran kearah underbody.

Detail pengerjaan aksesori luar digarap dengan sangat detail, seperti bagian lampu yang dimodifikasi piece per piece dengan carbon dan Autovision projector headlights, serta aplikasi DRL dengan titik LED pada grill merupakan sesuatu yang baru ditengah DRL bergaya Mercedes berbentuk L maupun DRL berbentuk strip. Aksesori luar lainnya adalah 6-bilah sirip carbon untuk membelah asupan angin ke bagian samping, Craft square carbon mirror yang telah dibenamkan Pioneer camera monitor, Addon carbon sideskirt, carbon rear diffuser.

Aksesori luar lainnnya adalah titanium tailpipe yang digabungkan dengan teknologi wifi pada salah satu tabungnya, sehingga suara yang keluar dari tail pipe tersebut dapat diatur sesuai dengan keinginan kita via Ipad.

Interior

Interior merupakan bagian yang menititikberatkan pada tema trendsetter, fungsionalitas, estetika dengan personalisasi customization. Sentuhan personalisasi disuguhkan dengan aplikasi 2 jok carbon yang dibuat custom dengan design yang dibuat secara personal mengikuti bentuk dan lekuk pemilik, padding dan leather yang dibuat dengan sentuhan laser engraving pattern the yellow dino menegaskan tema fun dan kesusuaian dengan thematic yang diusung oleh bagian luar mobil tersebut.

Sentuhan personalisasi lainnya adalah kebutuhan owner akan babyseat, sehingga dibuat satu tema personal customize carbon baby seat dengan seluruh entertainment pendukung baby player monitor dengan movies kesukaannya, ipad games, serta iphone yang sudah dibungkus dalam apptivity case bermodel steer.

Pada bagian interior bagian depan menghadirkan berbagai macam feature seperti touch screen glass monitor pada kaca bagian kiri, baby monitor, face recognition system, teknologi obd yang terkoneksi dengan app command Pioneer, Multimedia glass monitor, Iphone Siri Start engine, Blackbox car, Smart Car Management, Rear Mocion system, GPS System, Digital rear mirror dan lain sebagainya yang akan dijelaskan lebih detail pada Chapter VI(Multimedia,Gadget and Audio).

Aplikasi teknologi diberikan juga bagi baby yang ada di belakang dengan Ipad dengan berbagai games, layar dengan pilihan movie favorit baby, serta games pada iphone Aplikasi multimedia juga telah dipersiapkan untuk menjadikan mobil ini menjadi mobil show off, seperti Xbox kinec yang dibenamkan sehingga penggunanya dapat bermain di bagian belakang dengan menggunakan 4monitor yang telah tersedia pada bagasi mobil.

Panel carbon signature black plain dan yellow Kevlar yang dipadupadankan dengan tepat serta pengecatan airbrush graphic pada beberapa bagian lainnya mengedepankan unsur estetika seni dan konsep sporty yang diusung oleh mobil ini. Panel indicator speedometer bawaan mobil digantikan dengan Haltech racepak untuk kecermatan bacaan indicator mesin, serta pemasangan aplikasi defi pada center dashboard digarap dengan kecermatan pada setiap penempatan housingnya , sekali lagi untuk alas an safety;design;fungsionalitas;trend an estetika.

Faktor safety ditegaskan kembali melalui 6-point harness pada kedua jok carbon di bagian depan dan pada baby seats, selain itu juga ban cadangan yang telah dilabur dengan titanium coating menandakan mobil ini siap dan layak jalan.

Kaki-Kaki/Undercarriage (Roda, Velg, Suspensi, Rem, Ban)

Kaki-kaki digarap pada lini demi lini dengan menitik beratkan pada spesifikasi puncak pada lineup product yang digunakan dengan tujuan mendapatkan fungsionalitas terbaik, faktor safety dengan tingkat harmonisasi dekoratif dengan keseluruhan konsep yang diusung.

Velg menggunakan special order SSR type C dengan lebar 9,5 inch pada keempat bagiannya dipilih dengan mempertimbangkan bobotnya yang ringan serta pemilihan modelnya yang sangat sporty. Saat ini tidak ada produsen lain di dunia yang menggunakan SSF (Semi Solid Forging) atau HTM (Heat Treatment Manufacturing). Selain dari SSR yang telah mematenkannya di seluruh dunia, hal tersebut yang mebuat SSR menjadi velg yang ringan dan kuat. SSR juga memilki keunggulan proses pembuatan barrel per barrel shingga membuat barrel tersebut menjadi sangat ringan dan kuat, bahkan dari volk te37 sekalipun.

Ban menggunakan Yokohama ADVAN Neova AD08 pada keempat roda, Advan Neova AD08 merupakan ban yang memiliki keunggulan extreme performace summer tires, sesuai dengan konsep serta semangat yang diusung ban tersebut merupakan pilihan yang paling tepat untuk Yaris modifikasi ini.

Bagian suspensi menggunakan Coil over Aragosta yang telah terbukti keunggulannya pada berbagai kompetisi racing, dipadukan dengan Carbing underbrace, cusco strut bar, serta cusco sway bar kestabilan, dan ketangguhan bagian suspensi mobil ini sudah tidak dapat disangkalkan.

LSD Carbonetic 1,5 Way Carbon dibenamkan pada suspensi Yaris ini tujuannya untuk menghasilkan putaran traksi yang sama pada bagian kiri dan kanan mobil ini. Selain itu pada aplikasinya LSD ini akan sangat berguna karena putaran torsi yang sudah sangat besar di mesin sehingga alat ini akan membuat mobil menjadi stabil dan aman digunakan sehari hari.

Bagian rem menggunakan yang terbaik di kelasnya dengan menggunakan AP Racing 6-pot di bagian depan dengan APP braided line, serta AP Racing 4 Pot di bagian belakang. Ditambah dengan customisasi bagian pengereman belakang dengan penambahan satu kaliper khusus yang dibuat untuk rem tangan sehingga seluruh kinerja pengereman bekerja dengan sangat mumpuni, mengingat modifikasi mesin yang sudah on spec.

Aplikasi modifikasi kaki kaki lainnya adalah proses electrocoating titanium pada bagian undercarriage serta airbrushing pada bagian undercarriage dengan tujuan memberikan impresi dekoratif yang maksimal.

Mesin

Sama seperti bagian lainnya, sektor dapurpacu pun dimodifikasi secara maksimal, sekalipun regulasi mencatatat hanya 15% tetapi Signal Kustom Built berusaha untuk memberikan totalitas. Tercatat modifikasi mesin yang dibuat oleh Premier Autowerks, dan dimaksimalkan kinerjanya oleh Indra Maiza serta Ovi Sardjan mencatatkan estimasi dyno 250HP on wheel.

Modifikasi yang dilakukan meliputi seluruh perubahan dari bagian internal (Piston, Rod, Head stud, Jun Camshaft, Porting and Polish, Spring valve,Clucth, etc) dan bagian lainnya seperti Turbo kit, wastegate, Fuel pump, header, fuel pump serta berbagai modifikasi lainnya yang bertujuan untuk membuat mesin Yaris ini bekerja hingga kepada kemampuan paling maksimal. Selain itu dibuat beberapa custom seperti stainless turbo manifold, custom manifold downpipe, custom alumunium turbo piping.

Selain aplikasi yang bertujuan meningkat kinerja mesin seluruh materi yang digunakan dan teknik pengelasan menggunakan tenaga kerja terbaik, baik pada sektor piping turbo maupun pada bagian exhaust system yang menggunakan tig welding stainless bertujuan untuk mendapatkan engine dress up yang menarik serta dekoratif, aplikasi weapon r titanium, weapon r titanium oil catch tank serta weapon r boost port bertujuan untuk memaksimalkan hal tersebut.

Aplikasi engine sangat aman untuk diaplikasikan sehari hari dikarenakan penambahan LSD, Jun Flywheel serta penggantian beberapa internal untuk keamanan mesin itu sendiri. Mesin yang dibangun diharapkan dapat mengejar tingkat Horse Power yang besar dan dapat digunakan untuk penggunaan sehari-hari.

Multimedia, Gadget, and Audio

Mengandalkan teknologi dan semangat anak muda, itulah yang diusung oleh Pioneer dalam memodifikasi Toyota Yaris ini, Head unit yang sangat canggih seperti MIXTRAX yang dapat meremix lagu tanpa henti layaknya memiliki DJ private di dalam kabin mobil,. Selain itu Head Unitnya dapat dirubah menjadi virtual dashboard dengan dikoneksikan APP Command via OBD Wifi sehingga memungkinkan head unit mobil dapat menampilkan seluruh data-data mobil, dan memiliki google map yang dapat dioperasikan melalui head unit mobil, serta dapat mengorganize reminder dan pengingat pesan yang full access via head unit mobil.

Seluruh produk yang digunakan pada project Yaris ini menggunakan Pioneer yang terbaik di kelasnya, total 4 Subwoofer 10-inch, 4-pair middle speaker, 4-power, dan satu head unit untuk multimedia utama, serta satu head unit untuk baby multimedia dibenamkan.

Concept sporty diaplikasikan dalam aplikasi carbon fiber pada beberapa detail cover box audio, material finishing lainnya menggunakan fiber box dengan tujuan mendapatkan aspek fashion dan fun karena material tersebut dapat diaplikasikan airbrush, selain itu aspek fungsionalitas juga menjadi pertimbangan yaitu jarak pandang yang aman tanpa menghalangi spion serta aspek fungsi baik di bagian depan (pengemudi dan penumpang), baby seats di bagian tengah, dan entertainment multimedia di bagian belakang.

Multimedia dan gadget pun ikut diaplikasikan dalam berbagai macam teknologi yang baru dan bersifat belum pernah diaplikasikan sebelumnya. Sebut saja iPhone Siri for Engine Start, merupakan sistem kerja merubah trigger dengan memanipulasi siri secara sistem sehingga dapat memasukan satu program coding yang baru, dan membuatnya menjadi satu trigger untuk engine start.

Touch screen glass monitor (passanger side), merupakan aplikasi dari berbagai macam teknologi terapan yang digabungkan sehinggan menjadi suatu bentuk teknologi touch screen pada kaca mobil tersebut, kaca mobil tersebut dapat berubah menjadi suatu multimedia canggih yang dapat memutar lagu, mengetik word aplikasi, memutar youtube, mengirim email, menonton video, dan mengakses beberapa perintah secara langsung kepada mobil itu sendiri.

Smart film technology, merupakan satu bentuk privacy security technology yaitu berbentuk kaca film yang digunakan dan dapat berubah dari bening hingga menjadi tidak tembus pandang hanya dengan satu sentuhan pada Ipad. Multimedia mirror, berfungsi sebagai aplikasi multimedia pada bagian kaca sebelah kanan (driver), digunakan pada saat kendaraan berhenti ataupun parkir, dapat digunakan untuk menonton video ataupun ketika hendak mempresentasikan sesuatu.

Face Recognition System, merupakan satu teknologi system trigger dengan scan deteksi wajah pengemudi, dengan teknologi tersebut trigger hanya akan on or off apabila wajah yang discan dikenali oleh mobil tersebut. Modul Wifi for Open Door, aplikasi penggunaan motor dengan teknologi nirkabel via Ipad untuk membuka keempat pintu kendaraan.

Modul Wifi for On Off Smart Film, aplikasi penggunaan on or off kaca film dengan teknologi nirkabel via Ipad Exhaust Volume Adjuster via Ipad, dapat mengontrol besar kecilnya volume knalpot via Ipad. Black Box Car technology, teknologi black box untuk keamanan berkendara yang disimpan dalam memory serta memiliki separate screen dan built in gps tracker.

OBD Wifi via Android, menampilkan meter meter mobil langsung pada handphone android yang dibenamkan di steer. Smart Car Management System, teknologi management system yang menggunakan history kendaraan dan menjadi pengingat kapan waktu service, riwayat penggantian spareparts kendaraan sehingga memudahkan maintenance mobil tersebut.

Aplikasi Multimedia Xbox Kinect adalah aplikasi games dengan teknologi nirkabel tanpa menggunakan kontroller, pada mobil ini penggunanya bermain dengan melihat 4monitor display pada bagasi kendaraan. Baby Multimedia System terdiri dari 4 monitor di dalam kabin khusus untuk memutar DVD player untuk baby yang terpisah secara system dengan system multimedia lainnya, Ipad for baby entertaiment, serta Iphone yang telah dilengkapi dengan Apptivity Case berbentuk steer yang dibuat khusus untuk baby dengan Home lock menu.

Ipad Baby Monitor, berfungsi untuk memonitor baby dari depan tanpa menoleh ke belakang, merupakan teknologi camera nirkabel wifi via Ipad. Digital Side mirror, merupakan kaca spion berbentuk digital yang berbentuk monitor pada kedua sisi pillar sehingga bisa melihat kendaraan dengan jelas dalam bentuk digital, spion dan kaca aslinya masi bekerja secara normal, sehingga masi bisa tetap digunakan.

Custom Digital Equalizer, merupakan teknologi equalizer yang mengikuti ritme lagu yang dibentuk secara customize sesuai logo yang kita inginkan. Automatic window closer merupakan feature dimana mobil menutup seluruh kacanya secara otomatis pada saat seluruh komponen mesin dalam kondisi mati serta dalam keadaan pintu terkunci.

Projector Underlogo, merupakan system branding projector dengan teknologi bisa yang dibuat custom dengan logo tertentu sesuai order. Built in Personal Computer, merupakan system personal komputer pada umumnya yang ditanamkan pada bagian yang tidak terlihat pada mobil ini yang fungsinya mengontrol kerja hampir seluruh system yang ada pada mobil ini, diantarannya face recognition, modul wifi, usb control management.

ALBUM PHOTO

One thought on “Nih.. Toyota Yaris “Out of The Box” dari Signal Custom Built Bandung

  1. […] meraih gelar The Champion of Autoblackthrough 2013, ternyata tidak berhasil mengalahkan Toyota Yaris Signal Kustom . Toyota Yaris milik Dragonito pernah menjadi The King ABT Jogja […]

Leave a Reply