Ford Motor Company Rayakan Produksi Kendaraan ke-350 juta

31 Agustus 2012. Ford Motor Company hari ini merayakan tonggak penting dalam sejarah perusahaan dengan produksi kendaraan ke-350 juta. Sebagai kendaraan yang ke-350 juta ini jatuh pada All-New Ford Focus global, yaitu kendaraan paling laris di dunia, demi mewujudkan bab berikutnya dalam sejarah Ford yang didorong oleh peningkatan jumlah global kendaraan hemat bahan bakar dan rencana agresif untuk pertumbuhan yang menguntungkan di seluruh dunia.

“Pertimbangkan, sejenak, besarnya angka 350 juta kendaraan,” ujar John Fleming, Executive Vice President Ford Global Manufacturing.

“Hal ini setara dengan memproduksi satu kendaraan setiap 10 detik selama 109 tahun; dan, jika dibariskan dari ujung ke ujung, akan terbentang bolak-balik ke bulan – dua kali. Ini merupakan prestasi yang luar biasa dan menunjukkan mengapa kami semua sangat gembira dalam menyambut masa depan,” tambahnya.

Ford merayakan tonggak produksi ini di fasilitas produksi global terbarunya yang berlokasi di Rayong, Thailand, sekitar 200 kilometer (120 mil) di sebelah tenggara Bangkok. Fasilitas Ford Thailand Manufacturing (FTM), senilai $450 juta, dibuka di bulan Mei 2012 untuk memproduksi Ford Focus global, kendaraan terlaris Ford di seluruh dunia.

FTM mencerminkan kemampuan produksi global terbaru Ford, dengan mesin-mesin cetak stamping baru, body shop dan kemampuan robotika yang fleksibel memungkinkannya untuk memproduksi hingga enam kendaraan yang berbeda secara bersamaan.

“Memproduksi kendaraan ini untuk Ford di Thailand lebih dari sekadar tonggak sederhana,” ujar Fleming.

“Hal ini melambangkan rencana kami untuk menghasilkan pertumbuhan dengan membangun produk global yang hebat di fasilitas yang sangat fleksibel dan efisien, bukan hanya di Thailand, tapi di seluruh dunia,” demikian kata Fleming.

Dari Henry Ford ke One Ford dan One Manufacturing

Sejak pendiriannya di tahun 1903, Ford telah memimpin industri dengan revolusi seperti Model T yang membantu mendorong kecintaan dunia atas mobilitas terjangkau. Pada separuh abad pertama sebagai sebuah perusahaan, Ford tumbuh bersama masyarakat yang suka berkendara, memproduksi sekitar 50 juta kendaraan – Thunderbird 1958 – hanya dalam sekitar 50 tahun dan menghasilkan banyak pemilik Ford yang setia selama perjalanannya.

Patung Henry Ford dengan latar belakang kendaraan jadul dan modern di Kantor Pusat Ford Dearborn, Michigan @9 Januari 2012 – photo by SL.com

Dalam lima dasawarsa selanjutnya, Ford memproduksi lebih dari 300 juta kendaraan global, termasuk kendaraan favorit ikonis seperti Explorer, F-150, Fiesta, Focus, Fusion (Mondeo), Taurus dan Mustang, serta memperkenalkan teknologi inovatif seperti sistem konektivitas in-car infotainment SYNC®.

“Hari ini, dengan semangat inovatif Henry Ford, rencana One Ford kini mengubah Ford di era moderen untuk dapat bersaing dimanapun di seluruh dunia dengan rangkaian kendaraan global yang menawarkan kualitas, penghematan bahan bakar, keselamatan, desain pintar dan nilai terbaik,” ujar Fleming.

Sebagai bagian dari visi One Ford, rencana One Manufacturing baru perusahaan memajukan transformasi global dengan menyeragamkan praktik terbaik, meningkatkan produksi di pasar berkembang, dan mempercepat perkenalan kendaraan baru pada platform global yang lebih sedikit, yang menghasilkan kendaraan yang diinginkan konsumen dengan kualitas, efisiensi dan profitabilitas yang diberikan oleh skala global.

Di tahun 2013, rencana One Manufacturing Ford akan menghasilkan lebih dari 85 persen volume kendaraan dari sembilan platform inti, sekaligus terus memperkenalkan produk baru pada kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dalam empat tahun ke depan, Ford akan memiliki rangkaian kendaraan global terbaru di dunia dengan 168 persen dari portofolio produk diperkirakan berubah dengan pembaruan besar atau produk baru hingga 2016.

Untuk lebih meningkatkan efisiensi, sistem One Manufacturing juga menetapkan proses standar dengan fleksibilitas yang lebih besar, peningkatan pemanfaatan kapasitas dan pertambahan laba atas investasi. Teknik produksi canggih, body shop fleksibel dan simulasi virtual akan memungkinkan fasilitas yang fleksibel untuk memproduksi hingga tujuh model berbeda pada satu jalur perakitan untuk cepat menanggapi permintaan pelanggan, sekaligus meningkatkan kualitas dan menghilangkan legacy cost terkait dengan peluncuran kendaraan baru atau perubahan sistem.

Bersamaan dengan peningkatan permintaan otomotif global, Ford berencana untuk menggunakan pendekatan ini dalam memperluas penjualan globalnya sampai sekitar 50 persen menjadi 8 juta kendaraan hingga pertengahan dasawarsa – terutama dipimpin oleh Asia – yang dapat mencapai sepertiga atau lebih dari penjualan perusahaan dalam beberapa tahun ke depan.

Wilayah Asia Pasifik Afrika memimpin

Sebagai bagian dari rencana One Ford, pasar regional Asia Pasifik Afrika (APA) seperti Thailand – yang melambangkan perluasan global Ford melalui perayaan bersejarah hari ini – memimpin pertumbuhan masa depan dan menciptakan kinerja geografis yang seimbang bagi Ford.

Melalui investasi sebesar $6.7 milyar di wilayah ini sejak tahun 2006, Ford berinvestasi besar-besaran dan melakukan perluasan secara agresif untuk memenuhi kebutuhan konsumen di wilayah ini, yang diperkirakan akan mencapai 60 persen dari pertumbuhan industri masa depan hingga 2020. Investasi utama dan prakarsa pertumbuhan Ford di Asia Pasifik Afrika meliputi:

  1. Meluncurkan sembilan fasilitas baru – enam di China, dua di India dan satu di Thailand – dengan kapasitas untuk memproduksi 2,9 juta kendaraan hingga pertengahan dasawarsa
  2. Membawa lebih dari 50 kendaraan dan powertrain baru ke pasar ini hingga pertengahan dasawarsa, termasuk 15 kendaraan ke China hingga tahun 2015, delapan kendaraan ke India hingga tahun 2015, delapan kendaraan ke ASEAN hingga pertengahan dasawarsa, dan empat kendaraan ke Taiwan
  3. Mencapai 95 persen volume APA pada platform global hingga pertengahan dasawarsa
  4. Menggandakan jumlah dealer di wilayah ini hingga pertengahan dasawarsa

Leave a Reply