Doa Bersama & Tausiyah – Mudik Selamat 2012 dari ADIRA

image006

16 Agustus 2012.  PT Asuransi Adira Dinamika (ADIRA INSURANCE) bersama-sama dengan PT Adira Dinamika Multifinance (ADIRA FINANCE) dan DOMPET DHUAFA menggagas “Doa Bersama & Tausiyah – Mudik Selamat Alhamdulillah” yang merupakan bagian dari Kampanye Keselamatan di Jalan “I Wanna Get Home Safely!” sebagai upaya pencegahan kecelakaan lalu lintas pada periode mudik Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriyah. Acara berlangsung di Masjid Al Bina, Jl. Pintu Satu Gelora Bung Karno, Jakarta hari Selasa (14/8/12).

“Kami sangat khawatir dengan tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia yang saat ini telah menjadi pembunuh nomor 3 di Indonesia setelah penyakit jantung dan stroke. Dan angka kecelakaan lalu lintas saat periode mudik juga tidak kalah mengkhawatirkannya,” ujar Indra Baruna, Presiden Direktur Adira Insurance.

Pada tahun 2011, dari data yang dikeluarkan oleh Kepolisian RI, jumlah kasus kecelakaan lalu lintas darat adalah sebesar 4.006 kasus (23 Agustus – 4 September 2011) atau naik sebanyak 996 kejadian dibandingkan tahun 2010. Jumlah korban meninggal dunia 661 jiwa atau turun dari 746 jiwa, korban luka berat 1334 orang, serta korban luka ringan 3443 orang. Kerugian materiil ditengarai mencapai Rp 7.500.000.000,-

Indra Baruna menambahkan, “kegiatan tausiyah dan doa bersama ini adalah bagian dari kampanye keselamatan di jalan yang telah dua tahun ini digagas oleh Adira Insurance yang berslogan “I Wanna Get Home Safely!”.

Kami senantiasa mengajak masyarakat untuk berhati-hati di jalan dengan cara berperilaku positif. Memulai berperilaku positif dari diri sendiri dapat merubah jalanan di Indonesia menjadi lebih aman dan nyaman bagi penggunanya”, ujarnya optimis.

Saat ini kampanye “I Wanna Get Home Safely!” telah memiliki pendukung lebih dari 200.000 orang, dan telah mendonasikan sekitar 400 kaki palsu, tangan palsu serta kursi roda bagi korban kecelakaan yang tidak mampu.

“Kami menilai doa bersama ini penting dilakukan untuk menyadarkan masyarakat Indonesia, khususnya bagi para calon pemudik, bahwa kecelakaan tidak dapat diabaikan lagi. Kami mengajak masyarakat agar doa bersama ini sekaligus menjadi janji atau komitmen bersama supaya dapat mudik selamat sampai di kampung halaman untuk kemudian kembali selamat sampai di rumah” ujar Indra.

Direktur Sumber Daya dan Komunikasi Dompet Dhuafa, M. Arifin Purwakananta menyatakan, “Sejak 2011, Dompet Dhuafa telah menjadi mitra Adira Insurance dalam mengkampanyekan isu keselamatan di jalan “I Wanna Get Home Safely!” ini. Kami sangat prihatin bahwa tingginya kecelakaan lalu lintas ini berakibat pada penurunan kesejahteraan masyarakat, dan untuk itu harus dilakukan upaya yang serius, terus menerus serta melibatkan banyak pihak, tidak hanya pemerintah saja”.

Willy S. Dharma, President Director Adira Finance juga menyatakan bahwa pada tahun 2012 ini Adira Finance turut mendukung kampanye “I Wanna Get Home Safely!”. Sebagai langkah awal, pihaknya telah melakukan edukasi melalui pemutaran film singkat/filler keselamatan di jalan pada lebih dari 150 Cabang Adira Finance di seluruh Wilayah Indonesia, dimana 64 Cabang diantaranya tersebar di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.’

“Kami berharap melalui edukasi yang kami berikan kepada Debitur Adira Finance sebagai bagian dari masyarakat pengguna kendaraan bermotor, dapat bermanfaat mengatasi isu keselamatan di jalan raya. Melalui seluruh Cabang Adira Finance yang ada, rasanya edukasi ini dapat menjangkau cukup banyak para pengendara motor, khususnya di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Dan kami berharap langkah ini dapat menurunkan tingkat kecelakaan yang sangat tinggi di kalangan pengendara motor”, ujar Willy

Selanjutnya, Willy juga menambahkan bahwa salah satu bentuk upaya untuk mendukung keselamatan pengendara bermotor pada saat mudik Lebaran 2012 ini, Adira Finance bekerjasama dengan Adira Insurance dan Dompet Dhuafa juga menyiapkan tiga titik Posko Mudik, yang tersebar di Daerah Sukabumi, Cirebon dan Purwokerto.

“Harapan kami, masyarakat pemudik dapat beristirahat sejenak pada Posko Mudik ini sekaligus memanfaatkan fasilitas gratis yang disediakan seperti pelayanan kesehatan maupun pemeriksaan kendaraan.” ujar Willy pada akhir pembicaraannya dengan media.

Dalam acara ini, Ustad Akri Patrio menjadi Ustad yang terpilih untuk memimpin Doa Bersama – Mudik 2012 serta menyampaikan berbagai pesan keselamatan kepada para undangan serta jamaah yang hadir di Masjid Al Bina. “Kecelakaan bukanlah masalah takdir semata. Allah SWT mengajarkan kita untuk berikhtiar, untuk mendapat hasil yang terbaik. Termasuk untuk masalah kecelakaan lalu lintas ini”.

Akri meyakinkan bahwa jika masyarakat meng-amini bahwa kecelakaan itu harus dikurangi dan dihilangkan, maka salah satu cara yang akan membuahkan hasil adalah melakukan niat Lillahi Ta’ala bahwa kita akan berhati-hati di jalan dan berperilaku yang positif saat di jalan.

Dalam penyelenggaraan acara ini, Adira Insurance, Adira Finance dan Dompet Dhuafa melibatkan berbagai pihak yang peduli dengan masalah keselamatan di jalan, yaitu World Health Organization (WHO) Indonesia, Kementerian Perhubungan, Dunamis Organization Services, Lembaga Swadaya Masyarakat, Pusat Pelatihan Defensive Driving, Klub dan Komunitas Otomotif, dan lain-lain guna memastikan penyebaran pesan yang lebih luas lagi kepada masyarakat.

Apalagi jika menilik prediksi yang diperoleh dari Kementerian Perhubungan, bahwa :

  • Jumlah sepeda motor yang digunakan untuk perjalanan mudik Lebaran tahun ini diprediksi mencapai 2.514.634 unit, naik 6,16% dibanding tahun lalu yang berjumlah 2.368.720 unit.
  • Berdasarkan estimasi, jumlah mobil pribadi yang digunakan untuk mudik Lebaran 2012 mencapai 1.605.299 unit atau naik 5,6% dibanding tahun 2011 sebesar 1.520.150 unit.
  •  Tercatat 70% kecelakaan lalu lintas selama mudik/balik Lebaran melibatkan sepeda motor.

Leave a Reply