Ajang Michelin Pilot Experience sebagai Komitmen Michelin Motorsport

12 Agustus 2012. Siapa sih yang tak kenal dengan Michelin? Ya, sebuah nama yang tak asing lagi dalam dunia motorsport dimana nama Michelin sudah sering hadir menjadi sponsor utama dunia motorsport kelas dunia. Sejumlah awak media dari negara Asean berkumpul di Sirkuit Sepang Malaysia pada hari Sabtu, 11 Agustus 2012 yang tidak lain adalah merasakan sensasi Michelin Pilot Experience.

SL.com ikut hadir disana bersama wartawan Majalah Autocar dan Harian Bisnis Indonesia, serta seorang staff wanita dari PT Michelin Indonesia. Tak perlu dijelaskan lagi disini tentang kualitas produk Michelin, yaitu nama yang sudah terkenal dalam dunia ban mobil, baik itu untuk ban mobil passenger car, ban sepeda motor, ban truk/bus, maupun ban untuk alat-alat berat (earth moving).

Indonesian Team Michelin Pilot Experience 2012 in Sepang International Circuit Malaysia @Saturday, 11 August 2012

Ya, selama satu hari penuh SL.com berada di Sirkuit Sepang Malaysia untuk merasakan sendiri bagaimana geliat Michelin bersama program acara bertajuk “Michelin Pilot Experience (MPE) ini. Ternyata perhelatan ajang MEP di Sirkuit Sepang Malaysia ini, sudah cukup lama,  yaitu sejak tahun 2005.

Peserta dari Indonesia tercatat sebagai peserta baru, karena baru pertama kali ikut serta di tahun 2012 ini. Pasalnya PT Michelin Indonesia sebagai perusahaan PMA (penanaman modal asing) baru dibuka pada tahun 2011 yang lalu (artikel launching PT Michelin Indonesia). Jadi, tak heran jika Indonesia memang baru pertama kali ikut serta dalam program MPE ini.

Acara tahunan MPE ini ingin menunjukkan, bahkan ingin membuktikan tentang komitmen Michelin dalam menggunakan teknologi canggih untuk mengembangkan berbagai ban yang mereka miliki untuk keperluan dunia motorsport, serta menampilkan keterlibatan, maupun performance-nya dalam olahraga motorsport. Kita ketahui bahwa dunia motorsport adalah dunia kompetisi, dan itulah yang dicari oleh Michelin kenapa mereka selalu ikut terlibat, serta berperan aktif dalam ajang kompetisi motorsport bergengsi.

Melalui acara acara ini, setidaknya SL.com bersama awak media dari negara-negara Asean dibuat semakin paham dan semakin jelas tentang keberadaan nama Michelin yang dikenal sebagai produsen ban asal Perancis. Ban Michelin terkenal dalam ajang balapan Le Mans, Super GT Japan, Porsche Carrera Cup, World Rally Championship (WRC), World Endurance Championship, Australian GT Championship, Audi R8 LMS Cup, dan masih banyak lagi.

VVIP Room Sepang International Circuit Malaysia

Program MPE ini mungkin saja hanya diadakan setahun sekali, yang menawarkan sebuah pengalaman baru yang mungkin bagi SL.com hanya didapatkan “sekali seumur hidup.” Seandainya pun gelaran MPE ini masih ada di tahun berikutnya, sudah pasti pesertanya harus bergantian. Oleh karena itu, SL.com beruntung mendapat kesempatan acara MPE ini sebagai pengalaman baru dalam dunia motorsport, bahkan ikut bergabung  dengan perusahaan ban kelas kakap.

Kehadiran rombongan awak media Asean yang berjumlah hanya sekitar 25 orang ini disambut oleh boneka Mr. Michelin berwarna putih atau disebut dengan Bibendum. Aura motorsport sudah terasa ketika SL.com menginjak kaki di pintu masuk Ruang VVIP Sirkuit Sepang hari Sabti 11 Agustus 2012 kemarin. Bicara soal Sirkuit Sepang tidak perlu dibahas disini, tapi lain cerita bagi SL.com yang bisa masuk ke ruangan Perdana Suit VVIP Sirkuit Sepang dalam program MPE ini.

Sambutan selamat datang dari Mr. Herve La Gavian sebagai Managing Director South Asia and Oceania Michelin (tayangan video)

Sambutan selamat datang diawali dengan pemutaran video keterlibatan Michelin dalam dunia motorsport. Kemudian dalam video tampil Mr. Herve La Gavian sebagai Managing Director South Asia and Oceania Michelin yang memberikan sambutan selamat datang dan selamat bergabung dalam acara tahunan MPE. Sayang sekali, sosok Herve La Garvian hanya tampil melalui video.

Adapun inti acara MPE ini adalah, para peserta diberik kesempatan menjadi pilot atau pengemudi mobil-mobil motorsport Michelin. Tujuannya adalah para peserta akan langsung mendapatkan pengalaman baru, dan melihat sendiri bagaimana keseriusan dan komitment Michelin dalam dunia motorsport. Itu saja? Tentu saja tidak begitu saja. Bagi SL.com adalah menambah pengetahuan dalam dunia motorsport, khususnya ketika duduk di dalam kokpit pilot pembalap.

Regis JEANDENAND sebagai Asia-Pacific Motorsport Manager

Adapun sensasi mobil motorsport yang dapat dirasakan langsung oleh peserta MEP 2012 ini, yaitu Formula Renault Single Seater 196 bhp; Citroen C2 Rally 150 bhp; Renault Cleo 220 bhp; Formula Renault 2 Seater; dan Porsche GT3  380 bhp. Semua aktifitas ajang MPE ini dilakukan dikawasan Sirkuit Sepang Malaysia. Untuk MEP Citroen C2 Rally dilakukan di halaman depan Sirkuit Sepang, persisnya dekat pintu gerbang masuk utama penonton sirkuit.

Setelah itu sosok Regis JEANDENAND sebagai Asia-Pacific Motorsport Manager tampil didepan dan ia memperkenalkan satu persatu tim yang terlibat dalam acara MPE ini. Dalam perkenalan tersebut, disebut nama Jindaporn Brikshavana sebagai Asia-Pacific Motorsport Assistant, Hong Heng Soon sebagai sebagai event organizer MPE yang sudah dilakoni bersama Michelin sejak tahun 2005 di Sirkuit Sepang.

Standard Requirement High Blood Pressure Test

Kemudian diperkenalkan satu persatu nama instruktur, yaitu Philippe Descombes, Alexander Imperatorim Benjamin Rouget, dan Rodolfo Avila. Tak lupa Regis memperkenalkan para petugas EO yang mendampingi setiap grup. Setelah itu, rombongana awak media pindah ruangan dan setiap grup (SL.com masuk dalam grup hijau) mendapatkan tempat duduk untuk mengisi formulir pernyataan, formulir kesehatan, nama orang yang dihubugi jika terjadi sesuatu (kecelakaan).

Wah.. tampak jelas bagaimana persiapan yang matang untuk sebuah acara profesional, dimana segala sesuatu sudah dipersiapkan dengan mantap. Bicara soal formulir kesehatan ini ternyata sangat penting, karena dalam dunia motorsport memutuhkan adrenalin yang tinggi sehingga detak jantung peserta harus diukur dulu oleh tim medis. Setiap peserta wajib mengikuti High Blood Pressure Test. Jika masih belum memadai, masih diberikan waktu 15 menit untuk kembali melalukan test pengukuran detak jantung.

Grup Hijau Michelin Pilot Experience

Setelah itu seluruh peserta secara bergantian masuk kedalam ruangan locker untuk berganti baju mengenakan racing suit Michelin. Wuih.. lumayan keren untuk menjadi pembalap dadakan, tampil gaya dengan racing suit Michelin berwarna biru, di padukan dengan sepatu Puma warna biru, plus topi biru. Buat sekedar gaya-gayaan oke banget nih.

Usai photo session dilantai 3 ruangan VVIP Sirkuit Sepang, acara berikunya adalah menuju ke paddock Sepang. Yups.. acara MPE segera dimulai. Untuk SL.com bersama grup hijau, mendapat kesempatan pertama dalam ajang Formula Renault (F3).

Instruktur yang juga dikenal sebagai pembalap kawakan, Rodolfo Avila menjelaskan kepada setiap anggota grup hijau secara detail bagaimana duduk di Formula Renault dan mengoperasikannya. Segera setelah itu, langsung jajal ditrek Sirkuit Sepang dengan jatah 5 putaran. Simak artikel berikutnya.

ALBUM PHOTO

VIDEO

2 thoughts on “Ajang Michelin Pilot Experience sebagai Komitmen Michelin Motorsport

  1. […] Agustus 2013. Kembali SL.com diajak Michelin Indonesia menjadi salah satu peserta event Michelin Pilot Experience di Sirkuit Sepang Malaysia yang berlangsung hari Senin ini (12/8/13). Michelin Motorsport sebagai […]

  2. […] Agustus 2012. Bagian akhir dari “Michelin Pilot Experience (MPE 2012)” adalah menjadi co-driver dari mobil Porsche 911 GT3 yang dikenal sebagai mobil balap GT3. […]

Leave a Reply