Sosialisai Larangan Penggunaan HP Saat Berkendara

image006

8 Agustus 2012. Menyambung artikel ini tentang seminar “Setop Berponsel Saat Berkendara“, secara khusus di halaman ini disajikan isi dari surat resmi Menteri Komunikasi dan Informastika, Tifatul Sembiring yang ditujukan kepada 11 (sebelas) nama perusahaan operator telekomunikasi melalui surat tanggal 30 Juli 2012 no: 442/M.KOMINFO/07/2012. Semoga surat perihal “Sosialisasi Larangan Penggunaan Perangkat Telekomunikasi Saat Mengemudikan Kendaraan” ini benar-benar dapat diimplementasikan bagi masyarakat luas.

Berkaitan dengan makin meningkatnya jumlah kecelakaan lain lintas berdasarkan data dari Kepolisian Republik Indonesia dalam dua tahun terakhir ini, yang di antaranya disebabkan oleh perilaku dalam berkendaraan, dimana salah satu kontribusinya berasal dari penggunaan perangkat telekomunikasi saat mengemudikan keridaraan, maka para penyelenggara telekomunikasi sudah saatnya melakukan sosialisasi yang intensif dan massif bagi larangan penggunaan perangkat telekomunikasi saat mengemudikan kendaraan, sebagaimana diatur dalam:

1. Pasal 106 pada UU No. 29 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yang menyebutkan, bahwa setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

2. Pasal 283 pada UU No. 29 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yang menyebutkan, bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

3. Pasal 21 pada UU No. 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi, yang menyebutkan, bahwa penyelenggara telekomunikasi dilarang melakukan kegiatan usaha penyelenggaraan telekomunikasi yang bertentangan dengan kepentingan umum, kesusilaan, keamanan clan ketertiban umum.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, kepada Saudara diminta dengan segenap daya dan upaya untuk melakukan sosialisasi larangan penggunaan perangkat telekomunikasi saat mengemudikan kendaraan kepada para pengguna layanan telekomunikasi melalui:

1. Pemasangan peringatan “tidak berponsel saat berkendaraan” pada kemasan kartu perdana dan atau isi ulang layanan seluler dan FWA.

2. Pencantuman peringatan tersebut pada iklan luar ruang dan berbagai media massa.

3 Edukasi kepada masyarakat dalam berbagai kegiatan program kegiatan sosialisasi publik.

4. Khusus menjelang Lebaran ini, sekitar seminggu sebelumnya dilakukan pengiriman SMS secara broadcast atas nama KEMKOMINFO dengan isi pesan : Jangan gunakan perangkat telekomunikasi saat mengemudikan kendaraan, karena dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Berbagai bentuk sosialisasi tersebut diprioritaskan dilakukan menjelang kegiatan rnudi,k Lebaran 1 Syawal 1433 H dan selanjutnya harus dilakukan secara rutin terus-menerus serta harus disampaikan laporannya secara berkala kepada Kementerian Kominfo dan BRTI.

Demikian pemberitahuan ini disampaikan dan untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

One thought on “Sosialisai Larangan Penggunaan HP Saat Berkendara

Leave a Reply