Pertamina Dukung Ekspedisi Melbourne-St.Petersburg

image006

4 Agustus 2012. Pertamina ikut mendukung Pemecahan Rekor Dunia yang dilakukan oleh Rainer Zietlow bersama tim saat melintasi Indonesia. Ya, bahan bakar Pertamina Dex, secara resmi dipakai Volkswagen Touareg V6 TDI sebagai kendaaraan ekspedisi jarak jauh Melbourne – St. Petersburg sepanjang 23.000 km. Hal ini terbukti ketika Rainer bersama tim singgah di SPBU Pertamina tepatnya di Rest Area Tol Jakarta-Merak Km 13.5 hari Jumat malam (3/8/12).

Zietlow bersama timnya, yaitu Vladimir Gagarin (Rusia) dan Marius Biela (German) telah memulai perjalanan dari Melbourne pada 27 Juli 2012. Tim ekspedisi tersebut masuk ke wilayah Indonesia pada 29 Juli melalui jalur Kupang dan tiba di Jakarta pada 3 Agustus untuk melakukan pengisian bahan bakar dan pelumas, sebelum melanjutkan perjalanan melintasi Sumatera dan berakhir di Dumai.

Selama melakukan perjalanan di Indonesia, yang diperkirakan akan ditempuh dalam waktu 8 hari, Volkswagen Touareg V6 TDI yang dikendarai Zietlow tersebut menggunakan bahan bakar Pertamina Dex. Zietlow beralasan, pilihan itu tidak lepas dari pertimbangan tim untuk memastikan kelancaran perjalanan sehingga diperlukan bahan bakar yang telah terbukti kualitasnya.

“Kami sangat memperhatikan hal apapun untuk kelancaran tantangan ini. Olen karena itu, kami menggunakan Pertamina Dex untuk Volkswagen Touareg V6 TDI yang kami kendarai karena telah terbukti dari hasil pengujian tim, kualitasnya merupakan yang paling baik di Indonesia. Sejauh ini, dengan dukungan Pertamina Dex, performa mesin kendaraan juga sangat baik,” kata Rainer Zietlow dalam acara jumpa pers di SPBU Pertamina di Jakarta Tol Jakarta-Merak Km 13.5 hari Jumat malam (3/8/12).

Pertamina Dex yang mengusung konsep ‘Less Sulfur, More Durable Power’ merupakan produk diesel hasil produksi Pertamina Refinery Unit VI Balongan, yang beberapa parameternya telah memenuhi standar Euro III. Pertamina Dex sangat sesuai untuk kendaraan dengan Diesel Common Rail System yang menuntut bahan bakar rendah sulfur.

“Pertamina mengapresiasi pilihan Zietlow dan tim untuk menggunakan Pertamina Dex selama perjalanannya di Indonesia dalam rangka pemecahan rekor dunia menaklukkan tantangan perjalanan Melbourne-St. Petersburg. Hal ini semakin membuktikan tingkat kepercayaan yang semakin tinggi terhadap hasil produksi dalam negeri dan kita patut berbangga atas kepercayaan yang sudah mereka berikan kepada produk Pertamina,” kata Ali Mundakir, Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir.

Selain Indonesia, pada tantangan ekspedisi Melbourne – St. Petersburg 2012 ini, Zietlow dan tim akan melintasi negara Malaysia, Thailand, Laos, China, Kazakhstan, sebelum berakhir di St. Petersburg, Rusia. Dalam perjalanan dari Australia ke Rusia ini, Zietlow juga didukung oleh VW Des Auto, Bosch, Continental, Keuhne+Nagel dan Allianz.

Zietlow bersama Volkswagen Touareg 3.0L V6 TDI pada tahun 2011 yang lalu telah sukses menyelesaikan tantangan PanAmericana High Way, yaitu perjalanan ekspedisi yang menempuh jarak 16.000 mil dan melintasi 14 negara di Benua Amerika hanya dalam waktu 11 hari saja.

Sebagai referensi, lihat artikel sebelumnya disini.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply