Rainer Zietlow Dengan VW Touareg Melewati Jakarta

image006

4 Agustus 2012. Akhirnya, sang driver yang ingin mencari waktu tercepat menjelajah rute “Melbourne Australia-St. Petersburg Rusia“, Rainer Zietlow bersama rekan-rekannya dengan mobil VW Tourage melewati Jakarta kemarin sore, Jumat (3/8/12). Ia disambut oleh para sponsor yang mendukung event ini di SPBU Pertamina tepatnya di Rest Area  Tol Jakarta-Merak Km 13.5.

Selama di SPBU Pertamina tersebut,  ia hanya mengisi bahan bakar diesel, kemudian sejenak acara press conference, dan langsung berangkat lagi. Selama di rest area tersebut ia hanya berhenti selama 35 menit, antara jam 18.45 s/d 19.20 WIB. Lalu mengapa ia terburu-buru? Ya, sesuai dengan misinya, ia ingin menempuh jarak Melbourne Autralia menuju St. Petersburg Russia dengan waktu tercepat berjarak sekitar 23.000 KM.

Selain itu, offroader kawakan Rainer Zietlow ingin menunjukan keahlian dan ketangguhannya dalam perjalanan jauh  dengan mengendarai mobil tangguh kelas dunia, yakni Volkswagen (VW) Touareg model V6TDI. Rainer Zietlow juga mengemban sebua misi yang akan disampaikan setibanya di titik akhir tantangan ini.

Rute antara Melbourne, Australia dan St. Petersburg, Rusia dipilih sebagai awal dan akhir tujuan karena sejak tahun 1989 telah terjalin kerjasama yang sangat baik. Dalam perjalanan ini Rainer Zietlow juga membawa pesan dalam rangka ulang tahun Melbourne ke-175 yang akan disampaikan kepada Walikota St. Petersburg, dimana kedua kota ini telah terikat dengan istilah Sister City sejak tahun 1989 dan faktor kebudayaan merupakan salah satu faktor yang mempersatukan keduanya.

Zietlow sendiri bukan nama yang baru dalam dunia otomotif, apa lagi dalam urusan menempuh jarak jauh dalam jalan darat, karena pada tahun 2011 yang lalu dengan mobil VW Touareg (The new Touareg – yang diluncurkan di Indonesia tanggal 11 April 2012 (artikel ini) telah berhasil menyelesaikan tantangan PanAmericana High Way dengan menempuh jarak 16.000 mil dengan melewati 14 negara di Amerika dalam waktu 11 hari.

Keberhasilan Zietlow di tahun 2011 yang lalu tersebut, telah berhasil meyakinkan para sponsor untuk mendukung tantangan Australia-Rusia, antara lain VW Das Auto, Bosch, Continental, Allianz dan Kuehne+Nagel.

Sebagai seorang profesional dalam dunia otomotif, Rainer Zietlow pun memperhatikan hal apa pun untuk kelancaran tantangan kali ini, dan untuk bahan bakar selama melewati Indonesia, Rainer Zietlow menggunakan Pertamina Dex untuk kendaraannya karena terbukti kualitasnya paling baik dan berkualitas di Indonesia.

Dengan kesuksesannya di tantangan PanAmericana tahun 2011, maka di tahun 2012 kali ini Zietlow akan mengulang kesuksesannya dengan tantangan Russtralia (Rusia-Australia) yang dimulai pads tangal 27 Juli 2012. Update untuk perjalanan tim ini dapat dilihat di situs http://www.touareg-russtralia.com/home/.

Membayangkan perjalanan lintas negara ini memang memiliki resiko yang sangat besar, salah satu resiko yang paling sederhana dan sering mengancam para penantang “long road trip” ini adalah mudahnya tersesat di tempat yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Selain itu tidak terduganya lintasan yang akan dilewati juga menjadi ancaman bagi tim ini, maka dari itu persiapan yang matang dan skill yang tinggi dari Zietlow benar-benar dituntut dalam hal ini.

Allianz yang juga mensponsori tantangan PanAmericana Rainer di tahun 2011, dan kini kembali mendukung tantangan Rainer pada tahun 2012 ini karena sesuai dengan kampanye “Travel Safely” yang salah satunya adalah bertujuan untuk membangun kesadaran berkendara yang aman khususnya bagi masyarakat di kota-kota besar di Indonesia.

“Kami melihat perjalanan yang dilakukan oleh Rainer Zietlow dan timnya memberikan kita contoh yang sangat baik bagaimana cara berkendara dengan aman dalam melakukan perjalanan yang panjang dan sangat berisiko,” ujar Inkes Lukman, Chief of Sales Officer PT Allianz Utama Indonesia.

“Allianz Indonesia melihat pentingnya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai cara-cara aman berkendara di tengah-tengah kondisi terus meningkatnya jumlah kendaraaan dijalan. Kami berharap cara aman berkendara akan dapat menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia di masa yang akan datang,” tambah Inkes.

VW Touareg V6 TDI

Tim Rainer Zietlow dalam rute ini menggunakan SUV Volkswagen Touareg 3.0L V6 TDI yang memiliki mesin diesel ramah lingkungan. Mobil ini mampu berakslerasi dengan maksimal dan memiliki daya tahan yang kuat dalam sisi mesin karena menggunakan busi BOSCH yang hadir dengan “Clean Diesel Common Rail” sehingga cocok dengan standarisasi mesin Touareg V6 TDI yang peduli dengan lingkungan.

Penggunaan BOSCH sendiri dalam tantangan ini dikarenakan BOSCH sudah sangat terpercaya ketangguhannya dalam dunia otomotif di dunia, selain itu BOSCH juga dapat mengurangi kebisingan dan yang lebih penting dapat mengurangi emisi gas buang.

Mobil SUV 3.0 liter turbo charger ini menggunakan fitur 4MOTION atau all-wheel drive (AWD) dimana seluruh ban mampu berputar dengan tenaga maksimal yang akan menaklukan tantangan jauh dan mampu menjawab apa yang diinginkan oleh Zietlow.

Mesin SUV ini mampu menghasilkan torsi maksimum pada putaran mesin 1.750-2.250 RPM dan menghasilkan 225 HP pada RPM 3.500 hingga 4.000. Sebagai SUV yang ramah lingkungan walaupun bermesin diesel, Touareg menghasilkan CO2 lebih rendah hingga 25% dibandingkan dengan kendaraan yang sama dan hanya BOSCH yang dapat cocok dengan teknologi mesin diesel modern seperti ini.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply