Workshop Fuel Injection Jupiter Z1 Bareng Otomotifnet.com

3 Agustus 2012. Lagi, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tak henti-hentinya mengadakakan workshop Fuel Injection (FI). Ya, kali ini YIMM berkerjsama dengan Otomotifnet.com (Kompas-Gramedia Group) mengadakan FI Workshop Jupiter-Z1 di Lantai 8 Ballroom Gedung Kompas-Gramedia, Jl. Panjang No.8 Jakarta Barat. Yang hadir adalah siswa SMK, SMU, komunitas Yamaha, siswa kursus sepeda motyor, dan juga sejumlah blogger otomotif.

“Sejak awal Otomotifnet concern dengan masalah penyebaran informasi dan teknologi. Motor injeksi injeksi ini adalah salah satu teknologi tekologi baru yang harus kita dorong bersama-sama karena untuk kemajuan dan manfaatnya banyak. Antara lain masalah lingkungan dan masalah energi,” ujar Agus Zoelis Triyono, Journalist yang dikenal sebagai  pengasuh admin Forum Otomotifnet.com, Founder OTOMOTIFNET.com & OTOPARTSHOP.com.

“Kita bisa bayangkan, misalkan 9 juta unit sepeda motor setiap tahun adalah sepeda motor injeksi, maka ini berdampak positif buat kita semua. Selain menjaga kelestarian lingkungan juga berdampak adanya penghematan yang luar biasa. Setidaknya ini bisa membantu subsidi kepada pemerintah. Makanya kita juga ajak beberapa Agen Pemegang Merek (APM), yang saat ini kami bekerjasama dengan Yamaha untuk bareng-bareng mengedukasi soal teknologi injeksi,” tambah Zoelis.

Dalam acara tersebut terlihat suana seperti sekolahan, pasalnya ada beberapa siswa SMU, SMK dari 7 sekolah yang hadir dengan pakaian seragam. Juga terlihat seragam anggota klub dan komunitas yang menyemarakkan acara workshop ini. Bahkan beberapa mekanik dari sekolah kursus HMTC, F16 motor turut hadir untuk mempelajari lebih dalam soal Fuel Injection Yamaha yang dapat diterapkan di masing-masing bengkelnya.

Dari pihak YIMM yang hadir tenttu saja para pentolannya, antara lain ada Eko Prabowo sebagai GM Marketing Communication & Community YIMM, Indra Dwi Sunda sebagai Marketing Communication, Advertisement Strategy, PR & Corporate Communication Head YIMM, Muhammad Abidin, Assistant GM Technical YIMM, Y. Ogomori sebagai Advisor Service YIMM, pebalap Yamaha Doni Tata, dan beberapa mekanik Yamaha yang ikut mensukseskan workhsop ini.

Para peserta menerima penjelasan teori tentang dasar-dasar teknologi injeksi dengan tema “Workshop Injeksi & Test Ride All New Yamaha Jupiter Z1.” Selain teori di dalam rungan, juga praktek didepan peralatan Fuel Injection. yaitu memahami langkah-langkah perawatan motor injeksi.

Seperti yang sudah-sudah, tim mekanik dari YIMM telah menyiapkan semua peralatan termasuk special tool dalam perawatan sepeda motor injeksi Yamaha. Antara lain Diagnostic Tool Yamaha, yaitu perangkat yang isinya terdiri dari CD installer, adaptor interface, kabel konektor adaptor ke ECU, dan kabel USB yang memiliki 8 fungsi utama, yakni mengetahui malfunction, diagnosis, inspection, CO, monitoring, logging, log viewer dan re-programing ECU.

Kemudian alat-alat PEA Carbon Cleaner, yaitu cairan yang dicampurkan ke dalam tangki bahan bakar untuk mengurangi kadar karbon dengan cara yang mudah. Kemudian  ada paket service dan pembersihan dengan 3M Throttle Body Cleaner dan Fuel Injection Cleaner. Yang tak ketinggalan adalah simulasi alat Yamaha Injection Cleaner, yaitu alat untuk membersihkan injector.

“Kami ingin menunjukkan bahwa perawatan sepeda motor teknologi injeksi ini jauh lebih mudah ketimbang karburator. Tidak perlu terlalu sering dibongkar-pasang, dan juga memudahkan kerja mekanik. Sudah enggak jaman lagi mekanik tangannya kotor, mekanik sekarang pegangnya laptop,” ujar M Abidin.

“Workshop fuel injection ini diadakan atas kerjasama YIMM dengan Kompas-Gramedia Group dalam rangka sosialiasai, agar produk terbaru Yamaha Jupiter Z1 bisa dengan mudah diserap dipasar otomotif Indonesia. Karena teknologi yang kita benamkan di Jupiter Z1 ini cukup canggih, dimana engineernya Mr. Taheda adalah engineer dari R1, R6 dan YZR M1. Sekarang dia ikut dalam pengembangan Jupiter Z1.” kata Eko Prabowo.

Yups.. Eko berharap agar Yamaha Jupiter Z1 yang baru dilaunching ini bisa diterima dengan cepat, secepat dengan lari motornya. Adapun pasar atau target New Jupiter Z1 ini adalah kalangan muda yang doyan akselerasi spontan di jalan dan bonus buat pemakai adalah bahan bakarnya jadi lebih irit karena teknologi fuel injection.

“Ya.. kita akan buat acara workshop ini berkelanjutan di tempat lain, maupun bekerjasama dengan kalangan media. Adapun acara workshop Fuel Injection yang sudah digelar Yamaha, adalah di kota Bandung , dan beberapa kota lainnya di pulau Jawa,” tutup Eko.

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

One thought on “Workshop Fuel Injection Jupiter Z1 Bareng Otomotifnet.com

  1. Honda juga sepertinya sedang mensosialisasikan teknologi injeksinya, bedanya injeksi Honda dan injeksi Yamaha apa ya?

Leave a Reply